Di era digital seperti saat ini, siapa sih yang tak mengenal internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat, internet menjadikan aktivitas kita menjadi lebih mudah. Menurut data yang dirilis oleh situs kepios.com menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia hingga bulan September 2017, mencapai 133 juta dari keseluruhan jumlah penduduk di Indonesia yang mencapai 264 jiwa. Artinya, setengah dari populasi Indonesia telah menggunakan internet.

Berbicara soal digital, hingga Juni 2017, Indonesia ternyata mendapat peringkat ke lima pengguna internet terbanyak di dunia. Angka ini hanya terpaut 7 juta pengguna dengan peringkat ke empat, yakni Brazil.

Dengan data demikian besar, maka bukan hal yang aneh jika perusahaan-perusahaan di Indonesia melakukan terobosan dan inovasi ke arah digital. Bukan semata untuk mengikuti zaman agar tidak ketinggalan, namun langkah ini juga salah satu strategi yang moncer bagi perusahaan. Dan jika tidak berinovasi, besar kemungkinan perusahaan tersebut akan tutup secara perlahan.

Populasi Pengguna Internet Indonesia (1)
Populasi dan Pengguna Internet Indonesia

Sejarah Asuransi Astra

Perusahaan Asuransi Astra berdiri pada 12 September tahun 1956 dengan nama PT. Maskpai Astra Buana. Di tahun 1981, PT. Astra International mengakuisisi sebagian besar sahamnya. Selanjutnya pada 1990, berganti nama menjadi PT. Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) dan juga membuat perubahan pada logo. Perubahan tersebut memperkuat afiliasi Asuransi Astra semakin kuat dalam hal manajemen dan keuangan.

Perusahaan ini terus membuat terobosan dan berinovasi, pada tahun 2015 mereka meluncurkann Garda Mobile Otocare, yakni sebuah aplikasi mobile yang dapat dipakai sebagai mitra aman berkendara. Di tahun selanjutnya aplikasi ini disempurnakan dengan Garda Mobile menjadi sebuah layanan digital yang memiliki empat aplikasi sekaligus baik untuk pelanggan ritel, maupun komersial, yaitu otocare, medcare, hr-akses, dan cr-akses.

Sekilas Sejarah Asuransi Astra
Sekilas Sejarah Asuransi Astra

Launching Garda Oto Digital

Perubahan demi perubahan telah dilakukan oleh Garda Oto di bawah naungan dari PT. Asuransi Astra. Pada tanggal 10 Oktober 2017 Garda Oto kembali menyempurnakan dan meluncurkan layanan yang bertajuk “Garda Oto Digital”. Garda Oto Digital adalah bagian dari komitmen digital Asuransi Astra yang telah dikembangkan sejak 2016 lalu. “Inovasi telah menjadi denyut nadi kami, menjadi semangat kami untuk membangun dan menentukan standar baru dalam industri. Garda Oto Digital adalah saluran layanan baru kami yang mengedepankan teknologi digital dalam pemasarannya, sehingga akan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan perlindungan untuk mobil mereka,” tutur Rudy Chen, CEO Asuransi Astra pada acara peluncuran Garda Oto Digital yang bertempat di Art Preneur, Kuningan, Jakarta.

Apasih Garda Oto Digital itu?

Garda Oto Digital merupakan layanan penjualan produk asuransi kendaraan bermotor melalui website gardaoto.com. Jadi dengan adanya layanan ini, konsumen makin gampang pada saat memesan, melakukan pembayaran atau pun saat mengklaim.

Apa saja langkah yang dilakukan saat membeli polis di garda oto digital?

Terdapat beberapa langkah yang bisa kita lakukan yakni:

  1. Klik BELI yang terletak pada pojok kanan atas halaman gardaoto.com.
  2. Pada halaman Langkah 1 Info Kendaraan, lengkapi form informasi perlindungan, kendaraan dan jadwal survei kendaraan yang diinginkan, lalu klik LANJUT.
  3. Pada halaman Langkah 2 Dokumen & Data, lengkapi form dokumen dan data diri tertanggung, lalu klik LANJUT.
  4. Pada halaman Langkah 3 Pembayaran, baca ulang kembali ringkasan data pesanan dan total biaya polis Garda Oto melalui Garda Oto Digital kemudian pilih metode pembayaran, lalu klik BAYAR SEKARANG.
  5. Lengkapi data pembayaran dan selesaikan pembayaran.
  6. Proses survei kendaraan. Anda dapat melakukan survei di kantor cabang, Garda Center, maupun Home Survey.
  7. Approval atas kondisi polis sesuai hasil survei pada halaman Atur Pesanan.
  8. Penyelesaian pembayaran jika ada kekurangan/kelebihan bayar yang mengacu pada hasil survei kendaraan.
  9. Pengiriman polis akan dikirim kepada tertanggung melalui email dan pos sesuai dengan data alamat tertanggung.

Langkah di atas sangat mudah dilakukan dibandingkan dengan prosedur sebelumnya, yang harus melengkapi persyaratan dan datang ke kantor cabang Garda Oto.

Setelah semua dilakukan, kita tinggal menunggu kendaraan disurvei. Pada saat survei, kita bisa memilih lokasi, tanggal dan waktu. Survei dapat dilakukan di kantor cabang, Garda Center yang berada di pusat perbelanjaan atau Home Survei. Mudah bukan?

Perlu diketahui juga, untuk pembayaran yang tersedia di Garda Oto Digital dapat dilakukan dengan pembayaran melalui kartu kredit, BCA klikpay, Mandiri Clickpay dan Virtual account dari Bank Permata. Yang menariknya lagi adalah, kita bisa menikmati fasilitas cicilan 0 persen untuk pemegang kartu kredit dari bank-bank tertentu.

Lantas, untuk klaimnya bagaimana?
Tak usah khawatir mengenai proses klaim, karena seperti tagline yang diberikan oleh Garda Oto Digital, yakni: “#MakinGampang Klaimnya Banyak Bonusnya!” maka Garda Oto sangat mudah dilakukan, terdapat beberapa langkah;
1. LAPOR
Laporkan informasi rincian kerugian dan lengkapi formulir klaim.
2. SURVEI
Surveyor memeriksa kerusakan kendaraan dan menentukan rencana perbaikan
3. E-SPK
Pelanggan mendapatkan Surat Perintah Kerja elektronik.
4. ANTAR
Mobil dijemput dari tempat pelanggan untuk diantar ke bengkel di wilayah Jakarta.
5. JEMPUT
Mobil yang selesai diperbaiki dijemput dari bengkel ke tempat pelanggan di wilayah Jakarta.

Untuk info lengkapnya kamu bisa mengunjungi situsnya langsung di gardaoto.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here