Data yang dikeluarkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, pada tahun 2014, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta dan sekitarnya bertambah sebanyak 5.500 hingga 6.000 unit kendaraan per hari. Untuk jumlah total kendaraan mobil pribadi mencapai 3.226.009 unit. Dengan data yang sedemikian banyak, membuat  produsen mobil terus bersaing untuk memenangkan ceruk pasar ini.

Di sisi lain, perusahaan asuransi khususnya asuransi bermotor juga terus memberikan layanan terbaiknya. Di Indonesia sendiri, perusahaan jenis ini terdapat banyak sekali. Hal ini membuat perusahaan-perusahaan melancarkan strateginya agar memenangkan pasar.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai asuransi, kita harus mengerti dasarnya dulu mengenai asuransi.

Apakah Asuransi Itu?
Asuransi adalah suatu mekanisme pemindahan risiko dari Tertanggung (Nasabah) kepada Penanggung (pihak asuransi). Dengan sejumlah premi yang yang pasti, Tertanggung terbebas dari ketidakpastian kerugian yang mungkin akan diderita.

Apakah fungsi utama dari Asuransi?
Fungsi utama dari asuransi adalah menempatkan posisi keuangan Tertanggung kembali kepada saat sebelum terjadi kerugian/loss.

Alasan Mobil Perlu Memiliki Asuransi

Memiliki mobil jelas memudahkan kita dalam beraktivitas harian. Kita jadi lebih mudah bepergian ke mana pun dan kapan pun. Kita tidak kehujanan dan kepanasan, dan tidak perlu mengalami susahnya mendapatkan angkutan umum, berjejalan dalam komuter, atau terpaksa menunggu lama di pinggir jalan menunggu transporasi yang bisa membawa kita ke tempat tujuan. Di saat yang sama, memiliki mobil ternyata juga memiliki cukup banyak risiko yang perlu ditanggung, misalnya kecelakaan yang terjadinya selalu tak terduga, kehilangan, perampokan, pencurian, atau hal yang paling sering terjadi adalah kerusakan. Tanpa memiliki asuransi, kerugian yang kita derita akibat kejadian-kejadian buruk tadi menjadi berkali-kali lipat lebih besar.

Jadi, mengapa mobil perlu memiliki asuransi?

1. Melindungi Mobil dari Risiko Kehilangan dan Kerusakan.
Mobil itu harganya tidak murah. Hal ini semua orang juga tahu kan, ya? Ketika mengalami kehilangan mobil, kerugian yang kita rasakan menjadi terasa begitu besar. Lain halnya kalau mobil kita telah diasuransikan. Ketika terjadi tindak kriminal, kehilangan, pencurian, dan lain sebagainya, maka pihak auransi akan memberi sejumlah uang yang sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara Anda, sebagai nasabah, dengan pihak asuransi, sebagai ganti atas kehilangan tersebut.

2. Meminimalkan Kerugian Akibat Kerusakan.
Mobil yang rusak membutuhkan perbaikan. Biasanya perbaikan mobil membutuhkan dana yang tak sedikit. Sehati-hati apa pun Anda mengendarai mobil, risiko kerusakan tetap ada. Kalau kerusakan terjadi di saat yang kurang tepat, tentu sangat merepotkan. Dengan menjadi nasabah perusahaan asuransi, maka ketika kerusakan terjadi Anda tak perlu panik. Anda tinggal menelepon perusahaan asuransi dan mereka akan segera membantu Anda menyelesaikan masalah berkaitan dengan kerusakan mobil ini, termasuk menyediakan dana, mencarikan bengkel terbaik, atau menyediakan mobil derek ketika kerusakan terjadi saat Anda dalam perjalanan.

3. Membantu Menyelesaikan masalah Dengan Pihak Ketiga.
Ini nih yang penting. Kecelakaan adalah faktor risiko terbesar yang bisa dialami siapa pun ketika berada di jalan raya. Saat terjadi kecelakaan, bisa saja ada pihak lain yang terlibat, tidak peduli Anda yang salah atau pihak lain tersebut yang salah. Situasi setelah terjadi kecelakaan biasanya sangat kurang nyaman, belum lagi dampak dari kecelakaan tersebut. Di sinilah peran penting pihak asuransi yang akan memberi kemudahan dan membantu Anda menyelesaikan masalah dengan pihak ketiga. Saat kecelakaan terjadi, Anda tak perlu panik. Cukup telepon saja pihak asuransi dan mereka akan dengan senang hati membantu nasabahnya.

Berbicara mengenai Asuransi, kita mengenal bermacam-macam perusahaan asuransi, salah satunya adalah PT. Asuransi Raksa Pratikara. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1975. Artinya usia perusahaan ini sudah berumur 42 tahun. Dengan usia yang panjang ini, Asuransi Raksa telah memiliki pengalaman yang panjang soal asuransi.

Hingga saat ini, PT. Asuransi Raksa Pratikara telah memiliki 11 produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan konsumen. Berikut ini produknya:

Produk Asuransi Raksa Pratikara 2
Produk Asuransi Raksa Pratikara

1. RaksaAutoCare Insurance (Perlindungan Bagi Kendaraan Bermotor Anda)
Berikut ini jenis kendaraan yang dipertanggungkan oleh Asuransi Raksa Pratikara: Sedan, Minibus, Citicar, Van, Station Wagon, Jeep, Truck, bus dan pick-up.

2. RaksaEstateCare Insurance (Perlindungan Bagi Rumah Tinggal Anda)
Asuransi Raksa Pratikara juga memberikan layanan asuransi terhadap rumah tinggal. Paket perlindungan ini untuk rumah tinggal beserta isinya dari risiko kebakaran, kebongkaran serta berbagai pilihan jaminan lainnya.
Syarat pertanggungan untuk produk ini adalah
– Bagunan hanya digunakan untuk tempat tinggal
– Lebar jalan di depan rumah minimum 3 meter
– Bangunan rumah berkonsruksi kelas 1

3. RaksaStoreCare Insurance
Produk ini adalah paket asuransi untuk ruko beserta isinya dari risiko kebakaran. Untuk syarat-syarat pertanggunannya adalah
– Bangunan berupa ruko atau kios di mal atau pusat perbelanjaan
– Lebar jalan di depan rukp minimum 6 meter
– Bangunan Berkonstruksi kelas 1

4. RaksaRestoCare Insurance
Jenis paket perlindungan menyeluruh terhadap restoran atau kafe.

Syarat-syarat pertanggungannya adalah
– Bangunan digunakan untuk restoran di mal atau pusat perbelanjaan
– Bangunan berkonstruksi kelas 1

5. Raksa VacaTourCare Insurance (sudah tidak ada)

6. RaksaAccidentCare Insurance

Perlindungan kecelakaan bagi diri Anda, produk jenis ini adalah asuransi kecelakaan yang memberikan jaminan ganti rugi atau kompensasi keungan.

7. RaksaBECare Insurance
Perlindungan Bagi Harta Benda Anda, yaitu produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap harta benda yang diasuransikan akibat pencurian atau usaha pencurian yang dilakukan dengan kekerasan.

8. RaksaMarineCargo Insurance

Perlindungan Bagi Pengangkutan Barang Anda, produk jenis ini secara umum terdapat tiga jenis lingkup penutupan ausransi pengangkutan:
Institute Cargo Clauses (A) – ICC (A) l/l/82
Institute Cargo Clauses (B) – ICC (B) l/l/82
Institute Cargo Clauses (C) – ICC (C) l/l/82

9. RaksaHeavyEquipment Insurance (Perlindungan Bagi Alat Berat Anda)

10. RaksaFire Insurance
Perlindungan Bagi Bangunan Anda terhadap kebakaran

11. Raksa EarthQuake Insurance
Perlindungan Bagi Bangunan terhdap gempa bumi.

Dari ke sebelas produk tersebut, saya akan membahas mengenai Raksa AutoCare Insurance, yakni Perlindungan Bagi Kendaraan Bermotor Anda. Nah untuk produk ini, Asuransi Raksa Pratikara telah membuat satu website khusus yaitu raksaonline.com.

Dengan adanya website khusus ini, diharapkan konsumen dimudahkan, dari mulai cara mulai mendaftar, persyaratan, klaim dan prosedur apa saja yang harus dilakukan serta layanan apa saja yang tersedia.

Populasi Pengguna Internet Indonesia (1)
Populasi dan Pengguna Internet Indonesia

Raksa Online
Menurut website Kepios.com, di Indonesia pengguna internet hingga bulan September 2017, mencapai 133 juta pengguna. Sedangkan populasi Indonesia mencapai 264 juta jiwa. Artinya, masyarakat Indonesia 50 persen telah menggunakan internet. Dengan data ini artinya internet atau serba digital telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang berinovasi ke arah digital. Hal ini membuat Asuransi Raksa Pratikara membuat situs Raksa online.Untuk Raksa Online sendiri berdiri pada tahun 2012. Dan Asuransi Raksa pada tahun 2017 ini mendapatkan ganjaran Asuransi Digital terbaik dari Bsinis News.

Asuransi Raksa
Perbedaan yang mencolok dan tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi bermotor lainnya adalah mengenai “PELAYANAN”.“Yang berbeda dari asuransi lain adalah, kami memiliki pelayanan yang terbaik, yaitu 8 layanan” Ungkap Direktur Asuransi Raksa, Junardy Rusly (18/10/2017). Lantas, apa saja sih pelayanan dari Asuransi Raksa yang membuat beda dengan lainnya?

8 Layanan Raksa Online
8 Layanan Raksa Online

8 Layanan Asuransi Raksa

Melihat infografis di atas kita bisa menyimpulkan bahwa Asuransi Raksa benar-benar memberikan pelayanan yang sempurna bagi konsumennya.

Selain itu untuk memasarkan asuransi raksa, perusahaan melakukan dengan dua metode. Yakni dengan pemasaran online maupun offline.

Pemasaran Online:
Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang media online maupun sosial media menjadi salah satu tempat pemasaran terbaik. Oleh karena itu, Asuransi Raksa mengambil bagian dengan cara memasarkan asuransinya melalui sosial media, seperti Facebook, Youtube, Tiwtter dan juga dengan cara beriklan di Google yaitu Google Ardwords.

Pemasaran Offline
Pemasaran offline tak bisa ditingggalakan dan measih bagus dalam hal strategi, yaitu:

Marketing staff
Komunitas mobil
sebar brosur
Pameran
Moline (Mobile Raksa Online) di Jakarta, Surabaya dan Bandung

Moline Asuransi Raksa
Moline Asuransi Raksa

Kemudahan untuk menjadi nasabah di PT Asuransi Raksa Pratikara
Perusahaan ini memberikan kemudahan bagi konsumennya dengan menyediakan website raksaonline.com. Calon konsumen hanya perlu mengisi aplikasi di raksaonline.com. Dan kita juga bisa melihat berapa premi yang harus kita bayarkan.

Setelah kita masukkan data, kemudian akan ada petugas marketing yang akan menghubungi dan juga memberikan penjelasan prosedur selanjutnya. Jika survei kendaraan dilakuakan dan telah melengkapi dokumen serta persyaratan, maka polis akan dikirim dalam waktu 7 – 10 hari kerja setelah proses konfirmasi cover polis.

Sehingga untuk menjadi untuk menjadi nasabah raksa online sangat mudah. Selain itu kita juga bisa datang di tiga tempat RMC, yaitu di Kelapa Gading, Meruya dan Cibubur.

Prosedur klaim

Dalam melakukuan proses klaim, maka kita harus melakukan beberapa langkah serta memerlukan perlengkapan dokumen.

Klaim Partial Loss (Kerugian Sebagian)

Langkah yang pertama kita lakukan adalah kita melapor selambat-lambatnya 3 x 24 jam setelah kejadian. Baik melalui lisan atau terttulis ke kantor asuransi Raksa Pratikara terdekat. Setelah mengisi formulir klaim dan melengkapi persyaratan dokumen seperti fotokopi STNK dan SIM ( pengemudi saat kejadian) dan juga surat kelengkapan lainnya yang dianggap perlu. Setelah dokumen dilengkapi kita menyerahkan “Surat Tanda Penerimaan Laporan” atau Surat Keterangan dari kepolisian tempat terjadinya kerugian.

Klaim Total Loss Hilang (Pecurian)
Diakukan di awal pengajuan:
Langkah yang pertama yang pasti adalah kita harus mengajukan klaim selambat-lambatnya 3×24 jam ke kantor asuransi raksa terdekat. Setelah itu kita mengisi formulir kliam serta menyerahkan dokumen fotokopi KTP, STNK, SIM dan juga menyerahkan surat tanda penerimaan laporan dari kantor polisi terdekat.

Dilakukan selama proses dan penyelesaian klaim
Terdapat tiga langkah yang harus kita lakukan yakni:
Menyerahkan surat tanda pemblokiran dari Samsat Polda dan seurat keterangan kehilangan kendaraan bermotor.
Menyerahkan kunci atau kontak kendaraan, STNK asli,BPKB asli, Faktur Pembelian asli.
Menandatangani “kwitansi pembayran klaim” dan “pernyataan Penyelesaian Klaim’ sebagai bukti penyelesaian klaim.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung ke websitenya di raksaonline.com

4 COMMENTS

  1. Kalau ditulis dengan “Gaya Biasa”, kemungkinan besar pembaca gak terlalu ngerti ttg pentingnya perlindungan seperti topik di atas.

    Tapi krn dilengkapi dengan infografis, jadi memudahkan utk mengerti. Semoga semakin banyaknya jumlah pengendara di Indonesia memang dibarengi dengan PROTEKSI yang memadai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here