Robit.ID – Kota Jakarta sudah sejak lama dikenal sebagai pusatnya penggemar shopping. Mau belanja apa saja tersedia di sini, mulai dari kain dan baju batik, berbagai model busana, sepatu, tas, perlengkapan rumah dan sebagainya. Hal ini juga didukung dengan banyaknya pusat perbelanjaan dari minimarket hingga supermarket, mulai dari mal megah hingga pasar tradisional. Tentu saja ini sangat menguntungkan kita sebagai konsumen karena kita bisa memilih hendak berbelanja di mana sesuai dengan kebutuhan kita.

Kali ini saya akan mengulas mengenai pusat perdagangan batik terlengkap dan termurah di Jakarta.

Di masa lalu, tren penggunaan pakaian batik didominasi oleh orang tua, pejabat pemerintahan atauapun karywan swasta atau ibu-ibu PKK. Kesannya kuno dan dianggap ketinggalan zaman. Padahal batik merupakan jenis kain yang memiliki nilai estetika dan seni yang tinggi. Tidak mudah lho untuk menghasilkan batik, terutama kalau proses pembuatannya masih menggunakan canting. Namun beberapa tahun terakhir, terjadi perubahan besar-besaran pada tren penggunaan batik. Generasi muda ternyata juga menyukainya, bahkan berani berkreasi menciptakan pakaian-pakaian modern dengan memasukkan unsur batik di dalam desainnya. Contohnya, ada gaun pesta yang begitu indah ternyata hasil modifikasi kain batik yang dipadukan dengan kain lain.

Gaun Pesta Batik
Gaun Pesta Batik | © pesonahijabcantik.com

Perkembangan Batik di Indonesia

Perkembangan batik di Indonesia berkaitan erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit. Kemudian seni melukis pada kain, atau membatik terus berkembang  di zaman kerajaan Mataram, kerajaan Surakarta dan Yogyakarta. Pada mulanya, batik hanya dipakai oleh raja, keluarganya, dan juga para pengikut raja-raja. Namun banyak dari pengikut raja yang berasal dari luar keraton, hal ini membuat rakyat biasa meniru menggunakan batik.

Bahan-bahan batik yang digunakan oleh masyarakat saat itu masih sangat tradisional sekali, yaitu dari tumbuh-tumbuhan seperti tanaman mengkudu, soda, dan nila. Dan menggunakan soda yang dibuat dari soda abu dan garam dari bahan tanah lumpur. Saat itu, motif batik masih terbatas, yaitu motif menyerupai wayang, relief candi, dan bentuk alam. Namun saat ini perkembangan batik di Indonesia sangat maju. Berbagai motif dan pembuatannya menggunakan teknologi tinggi. Tak melulu menggunakan canting. Namun saat ini banyak batik cetak atau cap.

Bedanya Batik Tulis dengan Cetak

Apasih bedanya batik tulis dengan cetak? Nah Karena di Grand ITC Permata Hijau merupakan pusat Batik Tulis dan cetak murah, makanya kamu harus tahu mengenai apa itu batik tulis dan cetak. Menurut laman Wikipedia, “Batik tulis adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang teknis pembuatan motifnya langsung ditulis atau dilukis secara manual. Alat untuk menulisnya disebut dengan canting. Canting ini terbuat dari tembaga dengan gagang dari bambu”. Lain lagi dengan batik cetak atau cap, masih menurut sumber yang sama, Batik Cetak adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang menggunakan canting cap. Canting cap yang dimaksud di sini mirip seperti stempel, hanya bahannya terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar, rata-rata berukuran 20cm X 20cm.

Keunggulan Batik Tulis
Keunggulan Batik Tulis | Robit.ID

Dengan motif tertentu setiap batik memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan hampir setiap kota di Indonesia memiliki khasnya. Misalnya di kota Cirebon, Solo, Pekalongan, Lasem dan kota-kota lainnya. Tentunya kamu bisa memilih antara batik tulis ataupun batik cetak. Tergantung selera masing-masing.

Berbelanja Batik

Di mana sih tempat yang kalian tuju saat membeli batik di Jakarta? Apakah di Thamrin City, Tanah Abang, di Mal-mal, atau berbelanja di toko online? Nah, bagi kalian yang belum tahu, ternyata di Jakarta itu ada loh pusat batik yang murah. Tepatnya di Grand ITC Permata Hijau. Bagi kalian yang tinggal di Jakarta, khususnya di Jakarta Selatan dan Barat, tentunya tidak asing dengan tempat ini.

Grand ITC permata Hijau lokasinya sangat strategis, yaitu di Jalan Letjen Supeno (Arteri Permata Hijau) No. 34, Grogol Utara, Kebayoran Lama, membuat pengunjung mudah mencari lokasinya. Jika Anda menggunakan transportasi umum, lebih mudah lagi, Karena tepat di depan Grand ITC Permata Hijau terdapat halte TransJakarta, yaitu Halte Permata Hijau.

Kembali lagi soal batik, di Grand ITC Permata Hijau, di lantai 2 ternyata ada pusat batik Jakarta. Di lantai ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis batik. Mulai dari batik tulis dan cetak. Kamu bisa mendapatkan batik tulis Pekalongan, Solo, Cirebon, Lasem dan lainnya.

Yang menariknya lagi adalah harganya sangat terjangkau bagi semua kalangan. Harga batik di Grand ITC Permata Hijau di-banderol dari harga lima puluh ribu hingga dua ratus ribu rupiah. Selain harga yang terjangkau, kamu juga bisa membandingkan kualitas batik tersebut di berbagai gerai. Tentunya Kamu bisa juga mendapatkan kain batik sutera yang kualitasnya sangat bagus.

Ayo ke Grand ITC Permata Hijau | Robit.ID
Ayo ke Grand ITC Permata Hijau | Robit.ID

Mengapa harus beli di Grand ITC Permata Hijau?

Alasannya sangat simpel. Di Grand ITC Permata Hijau kamu bisa mendapatkan berbagai jenis batik, dari cetak hingga tulis. Selain itu, pilihan batiknya sangat banyak. Setiap gerai di sini memiliki khasnya masing-masing. Kemudian alasan lain membeli di Grand ITC Permata Hijau adalah, harga batik-batiknya sangat murah, Karena memang tempat tersebut adalah pusat batik di Jakarta.

Perlu alasan lain lagi? Baiklah, akan saya beritahu lagi, selain kamu mudah mendapatkan berbagai macam jenis batik di lantai 2. Kamu bisa berbelanja berbagai macam barang di Grand ITC Permata Hijau. Saat ini Grand ITC Permata Hijau terdapat 4 lantai. Nah setiap lantai kamu bisa menjelejahinya. Misalkan pada lantai dasar saat kamu masuk dari pintu utama, kamu disuguhi berbagai macam asesoris seperti jam tangan, baju, kadang ada bazaar juga. Turun dari lantai dasar, langsung ada gerai Carrefour. Kamu bisa belanja bulanan di sini.

Ketika kamu berada di lantai 3, kamu akan disuguhi barang-barang elektronik. Dari mulai handpone, laptop, dan jenis asesoris elektronik lainnya. Dan ketika kamu naik di lantai 4, kamu bisa mengisi perut dengan berbagai macam makanan yang tersedia. Di lantai 4 adalah gerai makanan, mulai dari makanan cepat saji, makanan rumahan, bahkan makanan tradisional sekalipun.

Salah Satu Gerai Batik di Grand ITC Permata Hijau Lantai 2
Salah Satu Gerai Batik di Grand ITC Permata Hijau Lantai 2

Jadi ketika kamu bingung mencari batik tulis atau cetak di Jakarta yang harganya murah, dengan banyak motif serta model, sekarang kamu tak akan bingung. Karena sudah tahu jawabannya. Happy Shopping…. 🙂

  • Monica Anggen

    Yuk pada beli batik di pusat batik murah ITC Permata Hijau. Batik itu budaya nusantara yang harus dilestarikan.