Pada hari Rabu, 20 Desember 2017 kemarin, saya bersama teman-teman Blogger dan Influencer diundang oleh Kedutaan Besar Kanada di Indonesia dan Change.org Indonesia untuk menonton film yang berjudul “A Beautiful Planet”. Undangan ini sekaligus untuk merayakan ulang tahun negara Kanada yang ke 150 tahun. A Beatiful Planet merupakan sebuah film dokumenter yang menunjukkan betapa indahnya planet yang kita singgahi. Film berdurasi 47 menit ini diambil dan didokumentasi langsung oleh para astronot dari International Space Station (ISS) selama 15 bulan.

Dari sedikit penjelasan di atas, sangat menarik bukan? Film besutan Toni Myers dari Kanada ini dinarasikan oleh Jennifer Lawrence dan dirilis pada tahun 2016. Sebelumnya, Myers juga membuat film dokumenter terkenal berjudul “Hubble 3D” yang dinarasikan oleh aktor Leonardo Dicaprio.

Duta Besar Kanada di Indonesia bersama Nina Tamam
Duta Besar Kanada di Indonesia bersama Nina Tamam

Saat menonton kita disuguhi indahnya bumi pada malam hari dari luar angkasa. Dari film A Beuatiful Planet, kita diberi tahu bahwa bumi itu bulat dan ancaman global warming itu nyata adanya. Rumah atau bumi yang kita singgahi harus dijaga, jika bukan kita sebagai manusia, siapa lagi yang akan menjaganya.

Terdapat berbagai cara untuk menjaga bumi agar tetap ada dan tidak rusak yang dimulai dari diri sendiri seperti; membuang sampah pada tempatnya, penggunaan listrik seperlunya, dan tidak menebang pohon sembarangan. Karena dengan langkah-langkah kecil yang dilakukan, akan memberikan dampak yang besar ke masa mendatang. Jika saat ini kebiasaan tersebut hanya dilakukan beberapa orang saja, semoga kelak akan menjadi kebiasaan bagi orang-orang sekitar sehingga setidaknya kita bisa mengubah dunia, meskipun dalam skala kecil.

Saat Nonton A Beautiful Planet
Saat Nonton A Beautiful Planet

Pada pemutaran film A Beautiful Planet juga dihadiri langsung oleh Duta Besar Kanada untuk Indonesia, yakni Mr. Peter MacArthur dan juga Influencer Nina Tamam, yang memang sudah sejak lama menjadi aktivis lingkungan. Saat screening film, MacArthur juga menjelaskan mengenai hubungan baik antara Kanada dan Indonesia yang telah terjalin melalui beberapa kerjasama yang sudah dijalani.

Oh ya ada beberapa fakta menarik dari Film A Beatiful Planet, diantaranya adalah bahwa film “A Beuatiful Planet” belum pernah ditayangkan untuk umum di Indonesia, penayangan perdana di Indonesia yaitu pada 20 Desember 2017 di Gandaria City, IMAX Theatre.

Nonton A Beautiful Planet
Blogger, Media & Influencer Foto bersama Duta Besar Kanada di Indonesia Peter MacArthur

Nah setelah melihat film ini, saya ke depannya bisa menjalani aktivitas hidup sehari-hari dengan cara yang lebih baik dan tentunya tidak menyumbang lebih banyak terjadinya global warming. Pada intinya sih, yang bisa saya lakukan untuk menjaga bumi agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti adalah dengan cara hidup yang ramah lingkungan. Dengan cara itulah, setidaknya bumi akan terawat.

Detail Film A Beautiful Planet (2016)

Genre Film: Dokumenter
Sutradara: Tony Myres
Pemain Film A beautiful Planet (2016)
Tanggal RIlis: 29 April 2016
Rumah Produksi: IMAX, Walt Disney Studios
MPAA: Remaja (R. 13+)
Durasi: 47 Menit