ROBIT.ID –¬†Infografis merupakan salah satu hal penunjang konten dalam website. Dengan adanya infografis, pembaca akan lebih mudah memahami suatu informasi atau pesan yang disampaikan. Sekarang konten-konten pada website sudah banyak yang disisipin dengan infografis. Selain itu, infografis juga sedang hits di Indonesia maupun portal-portal online di dunia.

Dengan alasan tersebut, Blogger Jakarta, salah satu komunitas Blogger di Indonesia membuat acara dengan tema “Infographic for Blog”. Acara diselanggarakan di Reneo Coworking Space, pada Minggu, 25 Januari 2018. Materinya diisi oleh Mas Ridho Nur Wahyu, beliau adalah Founder dari website Ublik.

Kebetulan saya adalah salah satu daftar peserta yang hadir di workshop tersebut. Acara Blogger Jakarta baik sharing session maupun workshop kerap saya ikuti, bahkan bisa dikatakan tak pernah absen.

Acara dimulai pukul 1 siang yang dibuka oleh duo MC dari Blogger Jakarta, Mba Windi dan Mba Dheren. Setelah itu dilanjut sambutan dari Pak Aldin, selaku tuan rumah dari Reneo Coworking Space.

Setelah sambutan, giliaran Mas Ridho memperkenalkan diri dan agak unik, karena dalam biodatanya ia menunjukkan tahun lahirnya bukan dengan angka, akan tetapi “3 tahun setelah Dilan dan Milea jadian”, perlu diketahui bahwa Dilan adalah sebuah film karya Pidi Baiq yang saat ini sedang hits. Maka, saya rasa ketika Mas Ridho menyebutkan 3 tahun setelah Dilan dan Milea jadian, artinya ia lahir pada tahun 1993.

Peserta sibuk praktik bikin infografis
Peserta sibuk praktik bikin infografis

Jika ditilik dari tahun lahir, ternyata Mas Ridho sama dengan saya untuk tahun lahirnya. Setelah pengenalan, ia memaparkan mengenai apa itu infografis, tentang pemilihan warna dalam infografis yang bagus, dan tentu saja memilih ukuran yang cocok untuk website maupun infografis untuk sosial media.

Ternyata dari pemaparan tersebut, saya jadi lebih paham ketika ingin membuat infografis. Sebelumnya jika membuat infografis ya bikin aja. Tidak pusing mengenai warna dan ukuran. Kalau warna malah, tergantung atau seenaknya, terkadang juga apa yang terlintas saja. Tidak pakai filosofi-filosofian. Lalu untuk ukuran, mayoritas infografis yang saya bikin pasti memanjang ke bawah, karena biar enak dilihat di dalam website. Akan tetapi, menurut Mas Ridho itu semua tergantung selera dan ia lebih suka ukuran persegi. “Saya lebih suka ukuran 2000px x 2000px, karena jika langsung diposting di instagram, pas dan tak mengubah gambar aslinya,” ungkap pemuda kelahiran Madiun, Jawa Timur.

Workshop berhenti sejenak dan agendanya adalah makan siang. Kebetulan acara Blogger Jakarta siang itu selain didukung tempat dari Reneo Coworking Space, juga didukung makan siang dari Kulina. Sebagai informasi, Kulina adalah sebuah startup katering online dengan harga yang terjangkau dan menu masakannya juga banyak. Kamu bisa mengintipnya di Kulina.id. Eh iya, boleh juga kalau ingin daftar, pakai kode referal saya “ROBIT1”.

Menyantap makan siang dari Kulina bersama Blogger Jakarta
Menyantap makan siang dari Kulina bersama Blogger Jakarta

Setelah peserta kenyang menyantap makan siang, workshop dilanjut dengan praktik membuat lebah. Mas Ridho mengajari langkah demi langkah membuat infografis mengenai “Manfaat Lebah”. Melihat infografis lebah yang dibikin tersebut, saya jadi teringat film kartun berjudul “Hachi si anak sebatang kara”, jika kamu ingat dengan film kartun ini, maka kamu seumuran dengan saya.

Nah saya yang belum bisa dan sangat asing membuat infografis menggunakan perangkat lunak Adobe Ilustrator, semakin bingung. Karena biasanya saya tinggal geser dan tarik menggunakan platform dari Canva. Lebih mudah dan simpel sih, tapi Canva terbatas.

Membuat infografis tentang lebah usai. Acara dilanjut dengan tanya-jawab. Saya yang suka dengan infografis membredel pertanyaan kepada Mas Ridho. Dari mulai ukuran, warna, dan lainnya.

Setelah itu workshop dilanjut dengan melihat beberapa area dari Reneo Coworking Space dan juga ada kuis dari Mas Ridho. Kemudian acara ditutup dengan foto bersama dengan semua peserta.

A post shared by Robit Mikrojul Huda (@robitmh) on

Foto di atas waktu foto bersama dengan semua peserta yang hadir. Posenya juga berbeda dengan sebelumnya yang biasanya baris. Pose yang di atas agak berbeda karena biar keliatan kekinian. “Biar kayak anak startup.” kata Ariyolo.

Overall acaranya oke dan menarik untuk pemula seperti saya. Apalagi memang akhir-akhir ini sering bikin infografis, meskipun jadinya apalah-apalah.

A post shared by Robit Mikrojul Huda (@robitmh) on

Terima kasih kepada Mas Ridho Nur Wahyu yang telah membagikan ilmunya secara cuma-cuma, dan semua peserta yang hadir. Oh ya, terima kasih atas tempat yang asique dari Reneo Coworking Space dan tentunya makan yang enaque dari Kulina.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here