SEO bagi para master blogger adalah makanan sehari-hari. Atau yang berkutat di bidang blogging pasti mengenal istilah SEO. Tapi, bagi saya yang sudah beberapa tahun ngeblog, masih cetek sekali dalam hal ilmu SEO.

Pada mulanya adalah, teman saya Antoni Clianto di Facebooknya memposting kegiatan tentang SEO dan kebetulan juga yang memberi materi adalah si Antoni juga. Tidak pikir panjang, saya bilang ke dia bahwa saya mau ikutan acara tersebut. Akan tetapi, persyaratan untuk ikut acaranya harus menjadi member Blogger Jakarta. Dan pada akhirnya saya mendaftar di Komunitas Blogger Jakarta.

Saya bergabung dengan Blogger Jakarta tidak semata-mata ingin ikut seminar tentang SEO saja. Akan tetapi lebih dari itu. Blogger Jakarta adalah sebagai wadah menambah ilmu dan menambah jaringan saya, mengenai dunia online khususnya blogging.

Acara ini diadakan di Mozilla Space Community Jakarta (Cik9 Building) tepatnya di Jl. Cikini No. 9 Cikini Jakarta. Dalam posternya, acara ini diadakan pada tanggal 2 Oktober 2016, dimulai dari jam 11.00 – 16.00. Berarti saya akan mendapatkan ilmu tentang SEO kurang lebih selama 5 jam, dan yang menggembirakannya lagi, acara ini gratis!

Belajar SEO Bareng Blogger Jakarta

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization. Yang berarti kegiatan untuk meningkatkan posisi situs kita di Google, Yahoo, Bing dan semacamnya. Sudah jelas, ilmu ini sangat menarik. Selama ngeblog, saya kadang tidak memikirkan apa yang dinamakan dengan SEO. Karena saya sudah terbantu dengan adanya plugin yang bernama All in SEO.

Sebenarnya saya sudah lama berdiskusi, eh tepatnya bertanya tentang SEO kepada Antoni, semenjak saya ngeblog, tetapi, sampai sekarang ilmu saya masih nol.

Belajar SEO

Lalu ilmu apa saja yang saya dapat?

Garis besarnya, ilmu tadi memberikan 2 macam dasar. SEO On-page dan SEO Off-Page.

SEO On-Page

Seo On-Page ini mengenai

  1. Judul
  2. Deskripsi
  3. Permalink
  4. Internal linking
  5. Anchor Text
  6. Heading

Sebenarnya ada 8, tapi saya yang 2 lupa. Nah dari kesemuanya itu dibedah satu per satu. Misalkan; bagaimana sih membuat judul postingan yang SEO friendly, lalu menngunakan deskripsi harus seperti apa, kemudian mengatur permalink judul postingan yang bagus itu seperti apa, dan juga membuat heading yang SEO itu harus terstruktur tidak boleh sembarangan dan seterusnya.

Dalam tahap belajar SEO ini, sangat berguna bagi pemula seperti saya. bahkan saya dulu membuat sub-judul seenak saya dan tidak teratur.

 

SEO Off-Page.

Ini adalah teknik yang lebih rumit dan bisa dikatakan mahal. Karena teknik ini harus melakukan riset dan percobaan-percobaan. Teknik ini bisa juga bisa dibilang kuncinya SEO. Dalam ilmu ini, saya rasanya masih jauh untuk memahami. Jadi detailnya saya tidak bisa tulis disini.

***

Pada akhirnya saya mendapatkan ilmu lumayan banyak dalam Gathering Blogger Jakarta kali ini. Dan panitia di akhir acara mengatakan bahwa akan mengadakan lagi acara serupa, namun di tingkat lebih lanjut. Rasanya saya tak sabar menunggu waktu itu. Ohya, acara yang akan datang  diadakan di Universitas Paramadina, tanggal 30 Oktober nanti. Tentunya dengan tema atau masih berkutat mengenai SEO. See you gaess!!

Komunitas Blogger Jakarta
Wefie bareng member, setelah acara selesai.
SHARE
Previous articleSok Sibuk Dulu
Next articleCeloteh Pagi Hari

Writer | Blogger| Freelancer | Work at Setara Network