Bagi setiap pasangan, memiliki bayi atau anak adalah salah satu anugerah yang terindah dari Tuhan. Namun banyak pasangan muda khususnya, ketika petama kali memilki bayi, akan sedikit bingung atau kikuk merawatnya. Sebab merawat bayi merupakan hal yang tidak mudah. Terkadang kita harus mengikuti tradisi yang diturunkan dari generasi sebelumnya seperti membedongnya dan lain sebagainya. Terkadang kita tidak ahli di bidang ini dan membuat kita stress untuk melakukannya.

Ketika bayi sudah menginjak 4 bulan banyak hal yang bisa kita lakukan padanya seperti merangsang kemampuan motoriknya agar perkembangan bayi 4 bulan dapat berjalan secara optimal.

Nah berikut ada beberapa tips merangsang motorik bayi 4 bulan, apa saja sih?

1. Kendali kepala

Hal yang paling penting untuk diketahui adalah cara menyangga kepala bayi yang benar. Namun ketika bayi sudah berumur 4 bulan, mereka sudah bisa menyangga kepalanya sendiri. Hal ini bisa kita stimulasi dengan cara melatihnya dengan meletakkan bayi sambil menelungkup di lantai. Kemudian pancing bayi untuk bisa mengangkat kepalanya. Aktivitas ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari.

2. Menggapai dan menggenggam

Ketika bayi sudah berumur 4 bulan otot tangan mereka sudah mulai kuat dengan bisa menggenggam suatu benda. Untuk itu bisa dilatih motoriknya dengan cara memberikan bayi mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian. Kemudian biarkan dia memukul-mukul atau melambaikan benda tersebut. Kemudian kamu bisa membiarkan bayi meraih benda yang ada di dekatnya.

Itulah beberapa cara merangsang kemampuan motorik bayi. Dengan seringnya dilatih seperti itu perkembangan bayi 4 bulan akan berjalan sangat pesat.