Hore! Setelah sekian lama nggak pernah menang undian, akhirnya keberuntunganmu datang juga. Satu kesempatan untuk mengunjungi negara impian tanpa keluar duit banyak karena dapat promo tiket pesawat. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika berhasil mendapatkan tiket penerbangan dengan harga murah. Sisa uang yang lebih banyak kemungkinan akan menggodamu untuk membawa lebih banyak barang, terutama saat pulang. Oleh-oleh bejibun siap memenuhi daftar bawaanmu karena si A pesan ini, si B, C, D, sampai Z pun juga tak ketinggalan minta dibawakan cinderamata.

Eits, jangan sampai lalai. Boleh euforia berkat tiket pesawat murah, tapi jangan sampai lupa dengan aturan tentang bagasi pesawat. Ketahui terlebih dahulu sebelum waktu keberangkatan tiba, biar liburanmu nggak berakhir dengan rasa kecewa.

Pertama, Ketahui Barang-Barang yang Nggak Boleh Ikut Naik ke Pesawat

Security check di bandara
Sumber:news.metrotvnews.com

Toilet pria khusus untuk laki-laki. Begitu pula sebaliknya, toilet wanita juga harus bebas cowok biar nggak terjadi keributan. Semua ada aturannya, termasuk bagasi pesawat. Kamu boleh bawa barang apa saja, tapi kebebasan itu pun ada batasannya.

Untuk barang-barang yang berpotensi menimbulkan bahaya selama penerbangan sudah pasti nggak boleh dibawa serta, misalnya:

  • Bahan yang mudah meledak.
  • Zat-zat kimia atau beracun.
  • Cairan yang mudah menimbulkan api.
  • Benda padat yang mudah terbakar.
  • Benda-benda radioaktif.
  • Gas bertekanan.

Kalau ketahuan membawa barang-barang ini, bersiap saja untuk disita oleh pihak bandara. Kamu pun harus rela meninggalkannya, dan kemungkinan besar bakal dimusnahkan tanpa pernah bisa diminta lagi.

Kedua, Barang Boleh Dibawa Masuk ke Kabin Pesawat, Asal..

Barang yang boleh dimasukkan ke kabin pesawat
Sumber:youtube.com

Ada barang yang harus masuk bagasi, misalnya karena ukuran yang besar. Ada pula barang-barang yang diperbolehkan langsung dibawa masuk ke kabin. Biasanya benda-benda tersebut adalah koper atau tas yang memiliki ukuran yang disetujui oleh pihak maskapai karena ukurannya pas kalau dimasukkan kompartemen yang ada di atas penumpang, atau diletakkan di bawah kursi. Selain itu, barang-barang yang boleh dibawa masuk ke kabin juga nggak boleh melebihi bobot maksimal yang diperbolehkan oleh maskapai.

Barang-Barang yang Diperbolehkan Masuk ke Kabin
Setiap penumpang diberi batas maksimal berat barang yang bisa dibawa ke kabin. Tetapi barang-barang tersebut juga ada aturannya lho. Berikut adalah daftar barang-barang yang kira-kira diperbolehkan dibawa ke dalam kabin pesawat:

  • Laptop dan kelengkapannya.
  • Kamera berukuran standar.
  • Tas tangan.
  • Payung.
  • Tongkat.
  • Makanan bayi atau makanan untuk diet khusus.
  • Barang bebas pajak.
  • Cairan atau gel, dengan catatan diperbolehkan oleh petugas keamanan bandara.

Ada catatan khusus untuk cairan atau gel, yaitu setiap isi kemasan nggak boleh lebih dari 100 ml dan ditampung dalam wadah yang tidak mudah terbuka dan tumpah.

Free Luggage

Kapasitas barang untuk kabin di pesawatSetiap penumpang memiliki jatah free luggage, atau bagasi gratis dengan bobot bawaan maksimal sampai 20 atau 30 kg. Jadi kalau kamu membawa terlalu banyak oleh-oleh saat pulang, siap-siap saja untuk menambah biaya kelebihan bagasi. Perlu diketahui bahwa setiap maskapai menerapkan tarif yang berbeda untuk bagasi yang overweight.

Ketentuan Membawa Benda Tajam

Maskapai nggak pernah melarang kamu untuk membawa benda-benda dengan bilah tajam, seperti pisau. Tapi pastikan bahwa pisau tersebut dibungkus dengan rapih dan aman supaya tidak sampai merusak tas dan membahayakan orang lain, terutama petugas bandara.

Jangan lagi Menyimpan Benda Berharga di dalam Tas yang Ditaruh Bagasi

Sudah terlalu sering cerita tentang porter yang nakal, mencuri barang-barang penumpang dari bawaan yang ditaruh bagasi. Semestinya sudah cukup untuk menjadi bahan pembelajaran buat siapa saja supaya nggak lagi menaruh benda-benda berharga di sana. Kalau membawa, simpan di tas yang akan ditaruh di kabin supaya nggak ada kesempatan buat penjahat bandara untuk beraksi.

Benda-Benda Berbahaya yang Boleh Dibawa Serta

Benda yang dilaeang dibawa ke dalam kabin pesawat
Sumber:@lionairgroup

Petugas bandara akan memberikan toleransi untuk beberapa benda berbahaya untuk dibawa serta penumpang, seperti:

  • Senjata api, tentunya pemilik harus punya ijin kepemilikan.
  • Perlengkapan olahraga, seperti panah dan busur, tongkat golf, ketapel, tongkat baseball, spear gun, dan lain-lain.
  • Jarum (kecuali jarum untuk kepentingan medis).
  • Benda-benda yang dianggap nggak lazim dan harus masuk dalam katerogi ini oleh pihak keamanan bandara.

Kriteria Power Bank
Zaman smartphone, siapa yang nggak butuh power bank? Tapi ternyata nggak sembarang power bank yang bisa menjadi teman terbang kamu. Ada kriteria khusus agar gadget baterai cadangan ini lolos screening keamanan bandara.

Dalam keterangan yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tentang keselamatan penerbangan, disebutkan bahwa power bank yang aman untuk dibawa ke dalam kabin pesawat adalah yang di bawah rating 100 Wh. Untuk yang memiliki daya antara 100 Wh sampai 160 Wh harus mendapatkan ijin dari pihak maskapai. Sementara untuk yang memiliki kapasitas di atas 160 Wh dilarang ikut terbang.

Itulah peraturan-peraturan yang harus ditaati saat kamu punya bagasi. Catat dan pahami, biar nggak kecewa gara-gara ada barang yang terpaksa disita petugas bandara gara-gara kamu yang miskin informasi.