Sebagai freelancer dan mahasiswa pendapatan saya setiap bulannya tidak menentu, oleh sebab itu harus bisa mengatur antara pendapatan dan pengeluaran. Selain itu, harus mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian. Biasanya saya mencari pekerjaan itu dari online, teman dan lain sebagainya. Tapi yang paling utama adalah dari online.

Berbicara mengenai internet, hingga bulan Januari 2017, menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencapai 132 juta pengguna. Internet bisa dikatakan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Di era digital seperti sekarang, bukan hal yang aneh jika mahasiswa yang ingin mengisi waktu luangnya dengan bekerja paruh waktu dan memiliki pendapatan, bahkan penghasilannya seperti karyawan kantoran.

Namun dengan banyaknya pencari kerja, terkadang mereka bingung untuk mencari kerja di mana dan perusahaan apa. Dengan permasalahan seperti itulah, beberapa aplikasi khusus pencari kerja bermunculan, salah satunya adalah GAWE. GAWE merupakan aplikasi yang memepertemukan antara pegusaha kecil dan menengah (UMKM) dengan para pencari kerja.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kurniawan Aryanto, sebagai Co-Founder GAWE, bahwa aplikasi ini diharapkan bisa meringankan beban para pengusaha kecil dan para pencari kerja.
“Karena bisa menopang kehidupan sehari-hari saat sedang menunggu untuk mendapatkan kembali pekerjaan yang bersifat permanen,” ungkapnya.

Aplikasi Gawe baru saja diluncurkan pada 17 November 2017. Yang menariknya dari aplikasi dan saya menginstall aplikasi ini adalah kita bisa mencari pekerjaan paruh waktu secara real-time. Bukan hanya itu, pencari kerja bisa memilih lokasi kerja sesuai tempat tinggalnya. Karena aplikasi ini bisa memperlihatkan pekerjaan di radius 5 km.

Jika kita melihat perkembangan dunia startup, maka aplikasi pencari kerja memang sangat banyak saat ini. Namun yang membuat berbeda dengan yang lain, Gawe memiliki pasar yang berbeda dan bisa ditentukan dengan jarak, dan yang paling utamanya adalah lowongan kerja tersebut bisa dilihat secara real-time.

Saya saat menggunakan Aplikasi Gawe
Saya saat menggunakan Aplikasi Gawe

GAWE pasar utamanya adalah mahasiswa, namun bukan terpatok pada mahasiswa saja, karena pekerja paruh waktu dan Ibu Rumah Tangga pun juga bisa mencari kerja di GAWE.

Ini juga yang menjadi tujuan dari dibuatnya Gawe, “Kita ingin mendukung banyak anak mahasiswa menyelesaikan kuliahnya tanpa takut terkendala biaya, dan ini bisa menjadi pengalaman mereka untuk masuk di dunia kerja ataupun mengasah kemampuan mereka untuk menjadi pengusaha.” ungkap Elroy Hafidi, CEO Gawe.

Dengan adanya GAWE mahasiswa dan pekerja freelance sekarang jadi lebih mudah untuk mencari kerja, tanpa harus datang ke perusahaan-perusahaan langsung yang membutuhkan biaya serta tenaga lebih. Yang terpenting adalah kita bisa GaweDulu.

Tambahan:
Pondok Indah Office Tower 3, 17th Floor, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav V-TA
Jakarta 12310 – Indonesia
Tel : +62 21 29538937