“Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan menimpa keluarga kita, anak kita. bisa jadi itu merupakan hal buruk. Sebuah tragedi ataupun musibah yang membuat hati kita remuk. Namun ketika hal itu terjadi sepedih dan seperih apapun, pastikan kita selalu di sisi mereka”

Kalimat di atas adalah cuplikan dari film pendek berjudul “Narkoba” yang diproduksi oleh BNN di kanal Youtube. Film pendek tersebut menceritakan mengenai siswa sekolah menengah atas yang terjerumus dan menyalah gunakan narkoba.

Memang, mayoritas pengguna narkoba itu awalnya adalah dari lingkungan. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa menggunakan narkoba itu dari keingintahuan rasa. Karena pintu masuk narkoba itu banyak dan kita harus lebih waspada atas barang yang satu ini.

Pada 19 Oktober 2017 kemarin, saya beserta teman-teman dari Blogger Jakarta diundang ke acara “Forum Komunikasi Orangtua Peduli Bahaya Narkoba” yang dilangsungkan di Hotel Ibis, Cawang. Acara ini berlangsung dari pukul 9:00 hingga 15:00 WIB. Kami para blogger membahas tentang bahayanya narkoba, bagaimana cara mencegah narkoba dan lain sebagainya.

Drs Suprayitno SH pic: Renny Wagia

“Setiap hari 40-50 orang Indonesia meninggal dunia akibat narkoba” ungkap Drs. Suprayitno, SH, Direktur Diseminasi Informasi Deputi Bidang Pencegahan.

Memang, penyalahgunaan narkoba di Indonesia angkanya tinggi. Hampir setiap hari kita mendengar atau membaca berita mengenai penyalahgunaan narkoba baik di Jakarta maupun di daerah di Indonesia. Tampaknya, peredaran narkoba di Indonesia sudah mencapai titik yang memprihatinkan.

Bahkan menurut berita di Kompas.com pada 24 Juli 2017, penngguna narkoba di Indonesia mencapai 5 juta orang. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Direktur Reserse Nasrkoba Polda metro Jaya Kombes Nico Afinta “Di seluruh Indonesia ada 1-5 juta pengguna (narkoba), 600.000-1,2 juta pengguna (narkoba) ada di Jakarta,”

Dan kota paling banyak penggunanya berada di Jakarta, yakni sebesar 600.000 – 1,2 juta pengguna. Hal yang lebih memprihatinkan lagi adalah, dari jumlah tersebut terus meningkat. Untuk rata-rata usia pengguna narkoba di Indonesia yaitu di usia 25-30 tahun.

Memang, mencegah narkoba itu susah. Apalagi jika lingkungan kita banyak pemakai atau bahkan bandar narkoba. Kita sebagai individu harus bisa menjaga diri dengan cara menjauhi narkoba itu sendiri. Bergaul dengan teman yang tidak memakai narkoba, lebih banyak mengikuti kegiatan positif dan lain sebagainya. Dengan cara itu, kita setidaknya sudah bisa menghindar dari narkoba.