ROBIT.ID – Beberapa bulan terakhir saya memutuskan untuk berhenti dari tempat kerja. Sebelumnya saya selama lebih dari empat tahun bekerja di salah satu bank swasta di Jakarta Selatan.

Selama empat tahun tersebut saya mendapatkan banyak pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan saya untuk saat ini dan ke depannya. Sebelum bekerja di bank, saya tidak paham sama sekali dengan hal-hal perbankan. Oh ya, meskipun sekarang tetep saja masih tak paham-paham amat.

Namun sepertinya waktu empat tahun tersebut terlalu lama bagi saya. Dan di tempat itu adalah masa waktu kerja  yang paling lama selama saya bekerja.

Soal kenyamanan dan finansial bisa dibilang saya sudah mendapatkan di tempat tersebut. Tapi lama kelamaan, masak saya akan bertahan di zona nyaman terus sih? Pikiran-pikiran seperti itu sering menghinggapi otak saya setahun belakangan.

Saya bisa membeli apa yang saya suka dan lain-lain. Tapi, di dalam hati kecil saya, kok saya kurang “sreg” dengan semua ini. Tuntutan harus bagun pagi dan bermacet-macetan itu lama-kelamaan membuat saya bosan juga.

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk tidak bekerja lagi. Bukan karena prestasi saya jelek, diberhentikan oleh perusahaan dan lainnya. Namun memang ini adalah pilihan saya.

Dengan keputusan yang saya ambil itu, saya belum memikirkan rencana ke depannya. Betapa cerobohnya saya soal ini. Sok bisa bertahan dalam keadaan menganggur. Namun persetan dengan itu, keputusan saya sudah bulat. Pada akhirnya saya kembali aktif untuk ngeblog, membangun blog atau website.

Dengan langkah yang saya ambil tersebut, saya harus benar-benar bisa mendapatkan atau menghasilkan uang dari blog. Entah bagaimana caranya.

Dengan full ngeblog, artinya saya membutuhkan koneksi internet yang lancar agar tidak mengganggu pekerjaan. Untungnya saya menggunakan provider XL untuk menunjang kegiatan saya selama ini.

Full time blogger itu tidak gampang lho. Kita harus benar-benar disiplin soal waktu. Selain waktu, konsistensi menulis adalah salah satu yang harus kita jaga. Soal konsistensi saya kadang masih kalah dengan rasa malas.

Ketika saya bangun tidur, berniat dalam satu hari harus menyelesaikan beberapa artikel. Target saya bisa menghasilkan 3-4 tulisan, namun kenyataannya satu pun terkadang susah. Bahkan, dalam satu hari penuh saya tidak menulis sama sekali. Sia-sia? tentu saja.

Pada intinya, semua pekerjaan jika dilakukan dengan rencana yang matang, konsisten dan niat yang sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil. Kesuksesan itu hanya menunggu waktu saja.

Namun bukan menutup kemungkinan di waktu mendatang jika ada tawaran yang menarik, saya akan kembali “ngantor” lagi. Saya masih meraba-raba untuk hal ini.

Oh ya, di postingan selanjutnya mungkin saya akan membahas mengenai “bagaimana bisa bertahan dengan full time ngeblog” yang saya alami selama kurang lebih empat bulan. Tentunya waktu ini masih singkat banget dibandingkan para blogger-blogger senior yang ada di luaran sana.

Namun yang lebih saya bahas mengenai bisa bertahan di tengah-tengah harga secangkir kopi di kedai semakin naik. Semoga bisa menuliskannya ya.

  • unggulcenter

    Wow, keputusan yang gw salut. Sama, saya jg masih freelancer, tapi ada ngajar dikit tiap senin. Mudah2an rejeki ada karena kita berbgai. Ngeblog berbagi informasi, niscaya pintu rejeki.

    • robitid

      Amiin, semoga lancar ya rejekinya.

  • Punto Wicaksono

    Untunglah dibantu dengan adanya koneksi bagus dari XL ya mas..

    • robitid

      Iya Mas, jadinya ngeblognya jadi oke.

  • Monica Anggen

    Asyikkk, semoga sukses ya. Rajin berbagi biar rezeki mengalir terus, Mas. Ditunggu tulisan mengenai bertahan jadi fulltime blogger. Ayo nulis lagi