Perkembangan teknologi memang sangat cepat beberapa tahun terakhir, apalagi di dunia ponsel. Ponsel pintar menjadi ajang pertunjukkan bagi produsen mana yang terbaik dan terbaru sistem serta kemampuannya. Bisa dikatakan hampir setiap tahunnya produsen ponsel mengeluarkan produk terbarunya untuk memenuhi permintaan pasar.

Hal ini juga berlaku di pasar Indonesia. Pasar ponsel di Indonesia adalah salah satu pasar yang paling empuk di Asia. Oleh sebab itu banyak produsen ponsel yang berlomba untuk memenangkan ceruk ini.

Emarketer mencatat pada tahun 2016 lalu pengguna ponsel pintar mencapai 69,4 juta, sedangkan di tahun 2017 diprediksi mencapai 86,6 juta pengguna. Pertumbuhan pengguna yang sanagat cepat untuk negara berkembang seperti Indonesia.

Nah kebetulan beberapa waktu lalu, tepatnya hari Senin, 13 November 2017, salah satu produsen ponsel pintar terbesar di dunia, yakni OPPO meluncurkan produk terbarunya di Indonesia, OPPO F5 yang diselenggarakan di The Ritz-Carlton, Jakarta. Pada peluncuran itu saya dan teman-teman Kelas Blogger mendapat undangan untuk mennghadiri dan menjadi saksi peluncurannya.

Acara peluncuran dimulai pukul 14.00. Ketika saya datang di lokasi, pada meja pendaftaran sudah ramai sekali. Setelah selesai mengisi data, para tamu undangan juga bisa foto siluet secara gratis. Sebelum acara dimulai saya dan teman-teman mencoba foto-foto di area yang ada.

Keseruan Kelas Blogger saat Launching OPPO F5
Keseruan Kelas Blogger saat menghadiri Launching OPPO F5 | Foto: Setya Adji

Waktu yang ditunggu tiba, peluncuran OPPO F5 langsung dibuka oleh Marketing Director Oppo Indonesia, Alinna Wen. Ia menceritakan mengenai Oppo masuk ke pasar Indonesia yaitu pada tahun 2013 dan menceritakan jumlah pengguna OPPO di seluruh dunia. “Ada lebih dari 200 juta pengguna aktif Oppo di mana kebanyakan penggunanya generasi muda di bawah usia 40 tahun,” paparnya. Selain itu, Alinna juga mempresentasikan mengenai OPPO F5.

OPPO F5 adalah ponsel pintar pertama dari OPPO yang menghadirkan teknologi Artificial Intelligence (AI) bernama “AI Beauty Recognitiion” yang di mana hasil selfie jauh lebih alami.

Setelah itu Suwanto selaku Marketing Planning Manager menjelaskan detil, keunggulan dibanding ponsel pintar lain, fitur, dan juga harga dari Oppo F5.

Ponsel pintar Oppo F5 untuk sisi keamanan juga dilengkapi dengan Facial Unlock, yaitu kita dapat membuka perangkat dengan melakukan pemindaian wajah. Selain itu juga terdapat sensor sidik jari di bagian belakang perangkat.

OPPO F5
OPPO F5 | technave.com

Lantas seperti apa spesifikasi dan harga Oppo F5 ini?
Diihat dari segi desain, Oppo F5 dibuat dengan body yang ramping dengan tampilan lebih tipis. F5 ini adalah perangkat pertama yang mengusung layar full screen display yang memiliki rasio 18:9. Untuk kamera depan, dibekali dengan kamera 20 MP yang dilengkapi A.I Beauty Recognition Technology, hal ini berfungsi untuk mengenali secara detil jenis dan warna kulit, jenis kelamin dan juga usia dari objek foto. Sangat canggih. Sedangkan untuk kamera belakang tertanam lensa kamera 16MP.

Oppo F5 dibekali dengan RAM berkapasitas 4GB + 32 32 GB, dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat dan menggunakan baterai berkapasitas 3200mAh. Harga Oppo F5 dengan RAM 4GB – ROM 32GB dijual di pasar dengan harga Rp 3.999.000 sedangan F5 dengan RAM 6GB – ROM 64GB memiliki harga Rp 5.199.000.

Kamu bisa mendapatkan Oppo F5 di ecommerce yang bekerjasama dengan Oppo Indonesia. Nantinya di akhir November 2017, Oppo F5 juga menghadirkan satu varian lagi yakni Oppo F5 Youth dengan RAM 3GB dan ROM 32GB.