ROBIT.ID – Buku adalah jendela dunia, begitulah kutipan yang sering terngiang di dalam pikiran saya dari sekolah dasar hingga sekarang. Dengan membaca buku, maka kita akan menemukan banyak hal baru yang sebelumnya tidak diketahui. Buku adalah tempat ilmu pengetahuan dan kita tidak boleh menyepelekan suatu buku. Sebab buku bisa mengubah hidup seseorang, cara pikir, perilaku, dan juga bisa menjadi motivasi seseorang.

Namun, percayalah jika memiliki segudang buku jika tidak kamu baca, maka buku akan menjadi sebuah buku saja. Tumpukan kertas yang tak ada artinya. Begitulah kekuatan buku dan membaca. Maka jika kamu ingin menjadi penulis, hal yang kamu lakukan selain menulis adalah dengan banyak membaca.

Jujur saja, saya adalah seorang yang malas membaca. Penyakit ini menghinggapi saya hingga sekarang. Apalagi sekarang dengan adanya gawai yang canggih ini, maka minat baca buku saya menjadi berkurang jauh. Miris sekali.

Saya hanya senang membeli buku, tapi setelah sampai rumah, buku tersebut saya taruh di rak, dan pada akhirnya hanya menjadi koleksi saja, tanpa dibaca.

Nah beberapa hari terakhir ini saya kedatangan buku berjudul “Aplikasi Pencari Rezeki”, sebuah buku karya Wisda Hetsa & Achi TM, yang baru saja terbit pada bulan Januari 2018. Buku bersampul hitam dengan judul berwarna emas ini sangat menarik bagi saya.

Buku Aplikasi Pencari Rezeki
Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Buku terbitan PT Mizan Pustaka dengan jumlah halaman 208 ini membuat saya mengubah pola pikir mengenai rezeki. Ah, ini sangat mengasikkan jika kamu membacanya halaman demi halaman.

Aplikasi Pencari Rezeki ini memiliki enam bab, di antaranya adalah:

I Rezeki
II Apa Itu Bahagia
III Create The Future
IV Aplikasi Dalam Hidupmu
V The Power of Orison
VI Fokus, Yuk… Fokus

Dengan enam bab, di setiap bab dan pembahasannya membuat saya terkadang terperangah dengan kutipan-kutipannya yang benar-benar ngena dan “Oh ini saya banget”. Begitulah kira-kira.

Bab pertama dibuka dengan apa yang dimaksud dengan rezeki dan tentang kekutan alam bawah sadar. Kekuatan ini sebenarnya sudah kita terapkan sedari masa kanak-kanak. Sama saja ini seperti dengan mindset, jika kita berpikiran positif, maka akan membuahkan hasil yang positif begitupun sebaliknya.

Dalam memaknai rezeki di buku Aplikasi Pencari Rezeki, kita harus percaya dengan kekuasaan Tuhan. Karenanya,  pola pikir yang kita tanamkan adalah dengan cara “mencari rezeki itu mudah”, “cari uang itu mudah”, dan pikiran positif-positif lainnya.

Kutipan Buku Aplikasi Pencari Rezeki
Kutipan Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Pada bab ini saya juga menemukan kutipan yang bagus untuk diingat, yakni “Gaji itu diatur manajemen manusia, sedangkan rezeki diatur Yang Mahakuasa.” Kutipan di atas menggugah pikiran saya mengenai bingungnya memahami rezeki.

Saya tak akan membahas bab demi bab, karena jika dibahas pada blog terlalu panjang. Duet penulis buku ini sangat renyah dalam merangkai kata per kata dan membuat pembaca ingin melahap halaman demi halaman.

Kebahagiaan

Pada bab kedua mengulas mengenai arti bahagia yang sesungguhnya. Oleh buku ini jika kita ingin bahagia, kuncinya hanya tiga saja. Apa itu? Jawabannya sederhana, yakni dengan cara mensyukuri, jalani, dan nikmati setiap proses hidup ini. Simpel, namun sulit untuk dilakukan.

Syukur dalam hidup itu tak perlu menunggu kaya dan tak perlu menunggu waktu yang tepat, karena bersyukur itu bisa dimulai dari sekarang, saat ini juga.

Masa Depan

Masa depan itu bisa kita rencanakan mulai dari sekarang. Karena cita-cita itu bisa sama, namun rezeki dan hasil setiap orang itu akan berbeda. Begitupula dengan perkataan, karena apa yang diterima manusia di akhirat adalah buah dari apa yang dikerjakan saat di dunia. Akan saya ambil kutipan yang bisa membuat saya pribadi menjadi tambah semangat untuk menjalani kehidupan.

“Usaha bisa ditiru, tapi rezeki tidak.”

Kutipan Buku Aplikasi Pencari Rezeki
Kutipan Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Nah, bagaimana dengan kutipan yang menohok di atas? Rasanya meskipun ide atau kerjaanmu ditiru oleh orang lain, namun rezeki itu tak akan bisa sama. Bahkan bisa jadi si peniru tersebut bisa lebih baik rezekinya, begitupun sebaliknya. Ah, mengenai ide dan hasil ini memang rumit dan memiliki jalannya masing-masing.

Kutipan Buku Aplikasi Pencari Rezeki 3
Kutipan Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Itulah sebagian isi bab dari buku “Aplikasi Pencari Rezeki” karya Wusda Hetsa dan Achi TM. Sebenarnya masib ada beberapa bab yang mengasikkan untuk saya tulis, tapi gak enak dong jika saya membukanya di sini semua. Mending kamu beli buku ini di toko-toko buku langgananmu baik online maupun offline.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here