Robit.id – Negara berkembang bernama Indonesia ini adalah salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Hasil penelitian dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), hingga akhir tahun 2016, Jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 Juta, populasi di Indonesia saat ini mencapai 256,2 juta jiwa.

Dengan pengguna sebanyak itu, maka internet sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini mengapa banyak pola pikir masyarakat di Indonesia berubah beberapa tahun terakhir. Setidaknya internet telah mengubah gaya hidup seseorang. Internet menjadi bagian salah satu terpenting dalam kehidupan saat ini. Hampir semua sektor yang ada, kini menggunakan internet.

Komposisi Pengguna Inetrnet di Indonesia berdasarkan usia

Hasil dari penelitian APJII, usia pengguna internet di Indonesia dibedakan menjadi 5 usia. Dari usia 10 -24 tahun sebesar 18,4 persen (24,4 juta), usia 25-34 sebanyak 24,4 persen (32,3 juta), usia 35 – 44 tahun sebesar 29,2 persen (38,7 juta), usia 45-54 tahun sebanyak 18 persen (23 juta) dan untuk usia 55 tahun ke atas hanya 10 persen saja atau 13,2 juta saja.

Komposisi Pengguna Internet di Indonesia 2016 berdasarkan usia
Komposisi Pengguna Internet di Indonesia 2016 berdasarkan usia | APJII

Melihat kategori usia di atas menunjukkan bahwa internet hampir digunakan oleh semua usia. Dari sepuluh tahun hingga di atas 55 tahun sekalipun. Maka ketika misalnya Anda ingin membuat toko online, usaha online, atau yang bergerak di bidang online, pangsa atau ceruk pasar sudah bisa kita analisa dari usia di atas.

Penetrasi Pengguna Internet berdasarkan pekerjaan

Masih dengan sumber yang sama, APJII, penetrasi pengguna internet di Indonesia dibagi menjadi lima kategori. Dari Mahasiswa, pekerja, pelajar, IRT dan lainnya. Pelajar, Mahasiswa dan Pekerja adalah tiga kategori yang memiliki angka penetrasi paling tinggi.

Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia 2016 berdasarkan pekerjaan
Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia 2016 berdasarkan pekerjaan | APJII

Ketika melihat infografis di atas, kita bisa tahu ceruk pasar ketika akan membuka usaha. Jika kamu misalkan menjual baju, maka kamu akan menjual baju dengan model usia pelajar dan mahasiswa. Dan tentunya pekerja. Walaupun IRT termasuk rendah, namun ketika membuat iklan dan promo yang bagus, kategori ini lebih menggiurkan.

Perilaku Pengguna Internet di Indonesia

Apasih alasan utama orang Indonesia mengakses internet itu? Apakah untuk mencari keteneran di dunia maya, pekerjaan, atau lainnya? APJII telah mensurvei apa saja alasan utama orang Indonesia menggunakan internet. APJII telah membuat kategori sebanyak tujuh kategori. Di antaranya adalah untuk update informasi (25,3%), terkait pekerjaan (20,8%), mengisi waktu luang (13,5%), sosialisasi (10,3%), terkait pendidikan (9,2%), hiburan (8,8%) dan bisnis, berdagang & cari barang sebesar 8,5%.

Alasan utama orang Indonesia mengakses internet
Alasan utama orang Indonesia mengakses internet | APJII

Kalau saya sendiri dalam menggunakan internet untuk apa saja. Mungkin ke tujuh kategori itu saya melakukan semua. Namun untuk alasan utama ya update informasi dan terkait pekerjaan. Karena informasi dan pekerjaan jika tidak menggunakan internet maka akan lama dan mungkin akan telat pekerjaan saya.

Merampungkan pekerjaan dengan koneksi internet yang cepat adalah keharusan. Dengan saya menggunakan XL, saya bisa menyelesaikan tugas kerjaan dengan semangat dan cepat. Sebab, jika kamu bekerja dengan koneksi internet yang lemot, otomatis pekerjaan akan lama kelarnya dan kamu malah emosi sendiri.

Jadi, kalau kamu apasih alasan kamu mengakses internet itu?

  • Robit Mikrojul Huda

    Oh gitu… Mantab juga ya alasannya. Udah dapet belum Mba? Uhuyy

  • Robit Mikrojul Huda

    Weeee.. Kayaknya banyak nih yg mau dijaring. :))