ROBIT.ID – Tahu gak sih bahwa Indonesia menurut data yang dikeluarkan oleh World Noodles Association pada tahun 2015, jumlah konsumsi mie instan sebanyak 13,2 miliar bungkus. Dengan jumlah konsumsi tersebut, Indonesia menempati peringkat kedua terbanyak di dunia. Indonesia hanya kalah dengan negara Cina.

Di tahun 2016 jumlahnya meningkat lagi, data ini seperti yang dirilis oleh Bloomberg L.P, yakni sebanyak 14,8 miliar bungkus. Dan diperkirakan bahwa setiap tahunnya terus meningkat.

Data tersebut memang tidak mengejutkan. Karena masyarakat Indonesia sudah sangat dekat dengan mie instan. Meskipun beberapa tahun lalu mie instan identik dengan anak kost, akan tetapi sekarang sudah merambah ke semua kalangan. Dengan kondisi di atas, berbagai perusahaan yang memproduksi mie instan terus berlomba untuk menggaet para konsumen.

Jika melihat dari sejarah mie, terdapat tiga bangsa yang mengklaim sebagai pencipta mie. Yakni Italia, Arab, dan Tionghoa. Namun informasi lain juga menemukan bahwa mie berasal dari Dinasti Han Timur, sekitar tahun 25 sampai 220 masehi. Akan tetapi, beberapa tahun lalu, yakni pada Oktober tahun 2005, terdapat mie tertua di dunia yang ditemukan di Qinghai, Tiongkok. Usia mie tersebut diperkirakan 4.000 tahun.

Negara Konsumsi Mie Instan Terbanyak di dunia
Negara Konsumsi Mie Instan Terbanyak di dunia

Padahal jika ditilik dari segi kesehatan kurang baik untuk dikonsumsi. Namun persoalan tersebut tidak diindahkan oleh masyarakat. Mengapa? Hal ini bisa dilihat dari dua persoalan, di antaranya harganya murah dan bisa menjadi pengganti nasi serta lauk pauk, di sisi lain jika mengonsumsi mie instan secara terus menerus dan rutin, akan mengakibatkan kesehatan kita bisa terancam.

“Seminggu lima kali” jelas Iman Ridhwan Syah, saat saya tanya seberapa sering mengonsumsi mie instan. “Dalam sekali makan, 2 bungkus, Mas” lanjutnya. Di luaran sana masih banyak yang seperti Iman, bahkan mungkin ada yang mengonsumsinya setiap hari.

Kementerian Kesehatan RI sebenarnya juga sudah memberikan informasi mengenai kurang baiknya mengonsumsi mie instan. Karena mie instan bisa merusak bagian tubuh, misalnya menyebabkan batu ginjal, sakit kepala, dada, dan bahkan bisa mengakibatkan penyakit kanker. Mie instan itu biasanya mengandung bahan pengawet dan zat kimia lainnya.

5 Alasan Berhenti Mengonsumi Mie Instan
5 Alasan Berhenti Mengonsumi Mie Instan

Sebenarnya keadaan dan kondisi di atas bisa kita minimalisir dengan mengonsumsi mie juga, tapi dengan cara yang lebih sehat. Caranya adalah dengan membuat mie sendiri. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah membuat mie itu mudah? Nah ini yang masih belum diketahui oleh masyarakat. Karena sekarang ada inovasi dari PT Readboy Indonesia yang membuat gebrakan dengan menciptakan mesin bernama Re-Noodle. Jadi mesin ini adalah mesin pembuat mie dengan cara mudah dan tentunya mie yang dihasilkan sehat.

Mesin Re-Noodle dari PT Readboy Indoensia
Mesin Re-Noodle dari PT Readboy Indoensia

Hal tersebut baru saya ketahui saat mengikuti Cooking Class bersama teman-teman blogger yang diadakan  oleh PT Readboy Indonesia, pada Jumat, 2 Februari 2018 lalu. Re-noodle adalah mesin pembuat mie yang didesain khusus untuk penggunaan rumah tangga.

Jadi, selain ditunjukkan betapa canggih dan praktisnya membuat mie sendiri, dalam cooking class tersebut juga diajarkan cara membuat mie dari proses awal hingga akhir. Membuat mie dengan Re-noodle ini hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Betapa cepatnya.

Saat membuat mie dengan Re-Noodle,  bahan dasar  yang harus kita persiapkan cukup dengan tepung, air bersih, dan telur. Hanya dengan tiga bahan tersebut kita sudah bisa membuat mie. Mie yang dihasilkan sudah tentu lebih sehat dibandingkan dengan yang ada di pasaran, karena tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna atau zat kimia lainnya.

Re-Noodle memiliki dimensi, panjang 455mm x lebar 285mm x tinggi 397mm dan dengan berat hanya 7,5 kg saja. Maka sangat ringan dan praktis digunakan. Re-Noodle juga menjadi pelopor mesin pembuat mie khusus penggunanaan rumah tangga di Indonesia. Mengenai daya listrik yang digunakan, Re-Noodle hanya membutuhkan 220 watt.

Ibu Jenny Widjaya Direktur Utama PT Readboy Indonesia saat menjelaskan mengenai mesin Re-Noodle
Ibu Jenny Widjaja CEO PT Readboy Indonesia saat menjelaskan mengenai cara kerja dari mesin Re-Noodle

Sebenarnya membuat mie sendirilebih hemat dibanding dengan membeli mie instan. Karena jika kita kalkulasikan, harga 1 porsi mie Re-noodle hanya Rp 1.100, sedangkan mie instan harganya di atas 2.000 rupiah.

Oh ya dalam Cooking Class tersebut saya juga menikmati mie hasil dari mesin Re-Noodle. Pada acara itu, PT Readboy membuat mie sendiri dengan menambahkan 2 jenis bahan, yakni selada dan buah naga.

Saya mencoba mie hasil buatan sendiri dengan dicampur bahan buah naga
Saya mencoba mie hasil buatan sendiri dengan dicampur bahan buah naga

Cara kerja yang unik dari Re-Noodle ini membuat saya penasaran untuk mencoba kedua mie tersebut. Jadi, yang ditambahi dengan selada, mie yang dihasilkan adalah mie yang berwarna agak kehijauan, dan yang dicampur dengan buah naga akan menghasilkan warna mie yang pink kemerahan.

Kedua mie tersebut dimasak oleh chef dari PT Readboy Indonesia dengan dibikin Mie Tom Yum. Menggoda sekali bukan?

Soal rasa, sangat berbeda sekali dengan mie instan. Karena saat saya mencoba mie yang dicampur dengan buah naga, teksturnya sangat halus dan rasanya juga masih ada buah naganya. Selain itu, biji-biji dari buah naga juga menyatu ke dalam mie tersebut. Rasanya sangat enak dan saya langsung jatuh cinta.

Pasta Geen Aglio Olio
Pasta Geen Aglio Olio

Mesin pembuat mie dari Readboy Indonesia ini juga bisa menghasilkan mie dengan panjang 8 meter. Selain itu Re-Noodle juga memiliki 7 jenis cetakan. Jadi kita bisa memilih jenis mana yang akan dihasilkan untuk membuat mie. Kerennya lagi adalah mie yang dihasilkan dari mesin ini juga tidak lengket dan menempel.

Mesin dari PT Readboy Indonesia bisa digunakan untuk berbagai kalangan, tak hanya digunakna oleh Ibu Rumah Tangga saja, wanita karir atu bahkan pria sekalipun bisa. Yang menjadi alasan Re-Noodle pantas kamu miliki di rumah adalah mudah digunakan, praktis, dan murah. Persoalan harga, Re-Noodle yang jenis RN88 dibanderol dengan harga Rp 2.880.000 saja.

Sekarang kita bisa mengonsumsi mie dengan cara yang sehat dan mudah. Apalagi untuk para pekerja di Jakarta yang sibuk, atau wanita karir, bisa menghidangkan masakan kepada suami maupun keluarganya dengan cara yang lebih praktis. Karena hidup sehat itu dimulai dari rumah, dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Pasta Black Carbonara
Pasta Black Carbonara

Nah sekarang mudah sekali bukan kalau ingin membuat mie? Dan yang lebih penting dari itu semua adalah, kita bisa tahu proses dari awal membuat mie sendiri dan mie yang akan dimaka benar-benar sehat. Jika sudah tahu mana yang lebih sehat dan nikmat, masih mau pilih mie instan? Coba pikir ulang deh!

Re-Noodle
Re-Noodle

Untuk menutup artikel ini, makan mie instan boleh-boleh saja. Tapi alangkah baiknya kita makan mie yang lebih sehat dan lezat dengan membuat mie sendiri dan Re-Noodle solusinya!

PT Readboy Indonesia
Boulevard Artha Gading
Sentra Bisnis Artha Gading, Blok A7-D No.17
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240, Indonesia
www.rbshop.id