ROBIT.ID – Sebelumnya saya sudah membuat postingan bahwa di bulan Maret ini, saya kembali “ngantor” dan tiarap sementara di dunia freelance. Tepat hari Kamis, 1 Maret 2018 saya terdaftar lagi sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta yang ada di Jakarta.

Memutuskan untuk kembali menjadi karyawan membuat kalut. Menjadi freelancer benar-benar harus survive untuk menjalani hari demi hari, mendapatkan jaringan yang luas dan kemewahan lainnya. Di sisi lain, saya harus menjadi karyawan karena di bulan Maret saya tidak akan hidup single lagi. Eh.

Bukan permasalahan finansial sih, akan tetapi mengenai persyaratan untuk mendapatkan sesuatu yang harus mewajbkan saya menjadi seorang karyawan. Ya sudahlah, semuanya akan saya jalani dengan kepala tegak dan melewati proses dengan gembira.

Saya tidak akan membahas mengenai sebagai apa dan nama perusahaannya apa. Karena pekerjaannya adalah seperti empat tahun belakangan. Dengan jobdesk dan di bawah bendera perusahaan yang sama. Bisa dikatakan untuk adaptasi lingkungan kerja, saya tak menemui kesulitan.

Namun, ternyata bukan semudah itu. Karena saya sudah tak bekerja dengan bidang tersebut lebih dari tujuh bulan. Jadi saya seperti anak baru lagi. Padahal dulu sebelum memutuskan berhenti, tak ada kesulitan.

Kembali bekerja dan menjadi karyawan membuat saya harus mengubah pola hidup, terutama soal waktu. Dulu ketika menjadi freelancer, jarang sekali bangun pagi-pagi. Kini rutinitas sehari-hari mengharuskan agar bangun lebih awal.

Saya harus menjalani aktivitas kerja seperti orang lain, dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Sebenarnya ini tidak terlalu masalah, yang menjadi persoalan adalah dengan jobdesk yang sekarang, saya menjadi canggung dan merasa kurang gercep saja.

Semoga dengan menjadi karyawan, apa yang sedang saya jalani dan rencana-rencana masa depan semuanya berjalan lancar.

Semua pilihan memiliki risikonya masing-masing dan baik buruk itu tergantung persepsi yang melihat. Saya percaya, dengan jalan yang diambil saat ini adalah salah satu pelajaran yang berharga. Lintasan perjalanan hidup tak selalu mulus dan lurus.

Saya siap bertarung!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here