Mengulas kuliner Indonesia memang tak ada habisnya, karena setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Bahagianya bagi orang yang bisa berkeliling Indonesia dan mencicipi berbagai hidangan dari setiap daerah. Mungkin ini juga menjadi salah satu impian bagi saya untuk berkeliling nusantara dan menjelajahi setiap makanan yang ada.

Ngomong-ngomong soal makanan Indonesia, beberapa waktu lalu saya dan teman-teman Blogger berkunjung dan menikmati hidangan dari resto Kedai Sirih Merah. Resto ini berdiri sejak 2015, dengan hidangan khasnya makanan peranakan Indonesia. Konsep resto seperti ini bisa dibilang kita susah-susah gampang menemukan.

Konsep Bangunan Kedai Sirih Merah

Ruang Utama Kedai Sirih Merah
Ruang Utama Kedai Sirih Merah

Jika kamu ingin datang ke sebuah resto yang homey, maka kamu bisa datang ke Kedai Sirih Merah. Dengan bangunan seperti rumah dan design interiornya yang klasik, maka seakan kita seperti  menikmati makanan di rumah sendiri. Selain itu terdapat beberapa ruangan di resto yang beragam jenis, terdapat ruang utama, ruang untuk meeting, dan lain sebagainya.

Salah satu sudut di Kedai Sirih Merah
Salah satu sudut di Kedai Sirih Merah

Mengusung konsep seperti rumah sendiri, membuat Kedai Sirih Merah sangat cocok untuk kamu yang ingin mengajak teman, kolega, maupun keluarga datang ke sini.

Menu Makanan Kedai Sirih Merah

Asam-asam Iga Kedai Sirih Merah
Asam-asam Iga Kedai Sirih Merah

Seperti pada judul tulisan ini, bahwa Kedai Sirih Merah membuat hidangan menu peranakan Indonesia, makanya ini cocok hampir untuk semua kalangan. Menu-menunya di kategori Soop dan Salad seperti; Laksa Penang, Soto Ayam, Asam-asam Iga, Baso Penganten, Sop Buntut Goreng, dan lain sebagainya. Untuk hidangan pembuka terdapat lumpia goreng, lumpia semarang, tahu pong, rempeyek, tempe  goreng. Untuk Makanan berat nasi atau mie lebih banyak lagi ada bakmi belacan, bakmi goreng seafood, nasi goreng ayam, dan lain sebagainya.

Minuman di Kedai Sirh Merah

Setiap resto pasti memiliki minuman spesial. Nah untuk Kedai Sirih Merah memiliki minuman andalannya yang diberi nama Es Sirih Merah. Namanya unik bukan? Tapi sebenarnya untuk es ini bukan terbuat dari sirih merah kok. Jadi Es sirih merah merupakan es serut yang dikasih buah selasih, sirup, cincau, kolang-kaling, dan ditambah dengan sedikit manisan mangga. Dengan campuran berbagai bahan tersebut membuat es sirih merah rasanya segar banget. Oh ya, tak cukup dari itu saja, untuk menambah kesegarannya, juga diberi perasan jeruk lemon. Sangat menggoda sekali bukan?

Es Sirih Merah
Es Sirih Merah

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bahas, karena di Kedai Sirih Merah ini memiliki ratusan menu peranakan Indonesia. Mending bagi teman-teman yang penasaran ingin mencicipi dan menikmati menu di kedai ini, bisa langsung datang ke restonya. Untuk jam buka, Kedai Sirih Merah buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

 

KEDAI SIRIH MERAH
Jl. Taman Kebon Sirih 1 No.5, RT.10/RW.10, Kp. Bali, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250.