“gua kalau kirim barang jarang sampai bro, kalaupun sampai musti ditelepon oleh kurir berkali-kali untuk tanya alamat” keluh seorang teman kepada saya.
“emangnya kenapa?” tanya saya bingung.
“alamat kost gua susah ditemuin!” ungkapnya dengan muka kesal.

ROBIT.ID – Percakapan di atas sering saya dapatkan dari teman, terutama mereka yang merantau di Ibukota dan ngekost. Dengan padatnya Jakarta, membuat pengiriman logistik terutama di alamat yang padat penduduk akan mengalami kesulitan saat mengirim barang. Selain sulit ditemukan, juga akan memakan waktu. Karena si pengirim paling tidak akan tanya tetangga kanan-kiri, untuk menanyakan alamat penerima.

Persoalan baru muncul lagi. Setelah ketemu alamat yang dituju. Ternyata rumah tersebut sedang tidak ada penghuninya. Jika sudah seperti ini, akan merugikan kedua belah pihak. Pengirim dan penerima. Jika janjian dengan kurir pun, akan menghabiskan waktu.

Sebenarnya masalah tersebut tak hanya dikeluhkan oleh anak kost saja, akan tetapi oleh penghuni apartemen yang kesulitan menerima barang. Karena biasanya kurir hanya diperbolehkan kirim barang hanya sampai di lobby saja, dan juga para karyawan yang super sibuk.

Melihat permasalahan di atas, Adrian Lim dan Greta Bunawan menemukan solusi dan menciptakan loker pintar yang berfungsi untuk mengirim maupun menerima barang yang dinamakan PopBox Asia. Sebenarnya startup ini didirikan sudah lama, yakni pada tahun 2015. Dengan konsep awal yang hanya menerima dan mengirim barang, kini PopBox Asia berkembang menjadi startup yang memiliki berbagai macam fitur.

Beberapa tahun terakhir memang Indonesia khususnya di kota-kota besar sedang tumbuh startup-startup baru dengan berbagai kategori.  Hal ini tak lain karena perkembangan di dunia teknologi saat ini memang sedang gencar-gencarnya. Mengaca pada keberhasilan Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia, kini anak-anak muda dari berbagai bidang banyak yang membuat startup.

Sebelum saya mengulas lebih jauh dari fitur-fitur terbaru dari PopBox Asia, sebenarnya konsep smart locker seperti ini sudah hal umum di luar negeri. Misalnya di Amerika ada Smart Locker besutan Amazon, dan lain sebagainya. Di Indonesia konsep seperti ini masih baru dan banyak orang yang belum tahu.

Lantas fungsi dan fitur dari PopBox Asia apa saja sih?

Mengirim dan Menerima Paket

Sederhananya PopBox Asia adalah parcel locker sebagai tempat untuk mengirim dan mengambil paket. Cara kerjanya sangat mudah, jadi ketika kita ingin mengirim barang, tinggal datang di lokasi loker PopBox terdekat dari rumah. Sebelumnya, kita tinggal akses website atau mengunduh aplikasinya. Saat ingin mengirim barang tertentu, kita tinggal menggunakan aplikasi tersebut dan yang terpenting adalah untuk harga, menyesuaikan dari lokasi.

Selain itu dengan adanya loker dari PopBox sangat memudahkan bagi yang suka belanja online dan gak mau ribet ketika melakukan pengiriman. Pada aplikasi PopBox juga terdapat tracking dan notifikasi mengenai barang kita sudah sampai mana.

Saat ini PopBox Asia telah kerjasama dengan puluhan pelaku ecommerce seperti Mataharimall, Lazada, Zalora, Asmaraku, Gramedia, Oriflame, dan pelaku ecommerce lainnya di Indonesia.

 

A post shared by Robit Mikrojul Huda (@robitmh) on

Ketika kita ingin berbelanja di ecommerce di atas atau lainnya, maka saat checkout, kita tinggal pilih pengiriman barang belanjaan melalui PopBox. Cukup simpel. Sebelum mengambil barang, dari PopBox akan mengirim kode PIN di nomor handphone, guna membuka loker.

Gratis Refund (Mengembalikan Barang)

Pernah gak kalian saat belanja online di salah satu ecommerce, dan ternyata barang tersebut tidak cocok atau tidak sesuai dengan yang diharapkan? Nah jika sudah mendapati hal itu, ketika ingin mengembalikan barang, terkadang ribet dan apesnya lagi adalah dikenakan biaya tambahan.

Tapi jika kita menggunakan PopBox Asia, maka hal tersebut dapat diatasi. Karena PopBox telah mendukung untuk pengembalian barang dari ecommerce dan yang pasti adalah gratis.

PopBox Asia di Indofood Tower
PopBox Asia di Indofood Tower | PopBox Asia Instagram’s

Beli Pulsa

Pada awal didirikan PopBox Asia pada 3 tahun lalu, Adrian Lim dan Greta Bunawan hanya membuat konsep menerima dan mengirim barang saja. Akan tetapi, dengan perkembangan teknologi saat ini, PopBox Asia kini juga bisa digunakan untuk membeli pulsa. Untuk pembayarannya kita bisa menggunakan e-money dari Bank Mandiri.

PopBox on Demand

 

A post shared by PopBox Asia (@popbox_asia) on

Nah ini adalah fitur terbaru startup besutan Adrian Lim dan Greta Bunawan. Jadi bagi kita yang sibuk dan malas membersihkan baju atau sepatu, ternyata loker PopBox juga memberikan fasilitas laundry pakian dan sepatu. PopBox soal ini telah bekerjasama dengan startup-startup seperti Omaisu, V’Clean Shoes, Tayaka Laundry, Taptopick, Labalaba dan lain sebagainya.

Jika saya simpulkan, PopBox Asia beberapa tahun ke depan akan menjadi one stop solution aplikasi. Sebagai gambaran saja, saat ini pengguna PopBox Asia mencapai 550.000 ribu pengguna yang berada di Jabodetabek dan 8 kota lainnya. Dan menariknya lagi adalah sudah merambah negeri jiran, Malaysia. Ke depannya menurut Greta Bunawana juga akan dikembangkan berbagai fitur lainnya. Mari kita nantikan.

PopBox Asia
Phone: 021-22538719
Web: https://popbox.asia
Instagram: @popbox_asia
Twitter: @popbox_asia
Email: info@popbox.asia
Line: @popboxasia