Lama rasanya saya tidak menulis di blog ini. Bukan karena sibuk atau tak sempat ngeblog sih. Tapi ada beberapa hal pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Aduh, alasan klasik!

Begini, jadi beberapa waktu belakangan ini saya sedang fokus untuk menulis di sebuah website yang bernama setara.net. Nah paling tidak atau target saya dalam menulis di website tersebut adalah satu artikel satu hari.

Bukan hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang sulit. Karena di website tersebut tulisan atau konten yang saya tulis itu bisa lumayan panjang. Menariknya lagi adalah setiap artikel yang saya buat sebagian besar saya kasih infografis. Jadi sederhananya adalah tulisan saya berbasis data.

Website tersebut memang baru. Bahkan baru berumur puluhan hari. Walaupun baru, saya optimis web tersebut akan menjadi besar dan konsisten.

Setara.net bukanlah website yang mengejar klik. Setara bukanlah website yang menyebar hoax. Setara tidaklah seperti media online kebanyakan yang hanya mencari atau mengundang klik. Setara bukanlah seperti mereka.

Bahkan bisa dibilang Setara memilih jalan sunyi. Menemui pembacanya dengan pelan-pelan. Setara di dalam postingannya tak ada judul yang bombastis. Tak ada itu clickbait.

Saya dan Setara menyadari bahwa jalan yang saya tempuh mungkin sangat berbanding terbalik dengan para blogger yang membuat judul clickbait dan semacamnya.

Tapi itu pilihan saya. Sedari dibuat, Setara fokus pada data dan ulasan yang berbeda daripada lainnya. Mungkin ini akan menjadi sebuah tantangan berat bagi saya.

Setara lebih mengedepankan informasi yang mencerahkan dan netral dalam membuat konten. Bukan uang yang dicari Setara, bukan pula iklan yang diincar oleh Setara. Bukan, bukan itu. Tapi lebih kepada pembaca mengerti dan paham setelah selesai membaca Setara.net. Sudah, tak muluk-muluk.

Begitulah kenapa saya tidak posting di blog ini dalam waktu beberapa bulan ini. Namun saya tetap melihat lalulintas pengunjung blog ini.

Bagi kamu yang suka dengan bacaan analisis berbasis data atau konten yang berbeda dengan media mainstream, bolehlah kamu mengunjungi Setara.

Silahkan follow dan like sosial media Setara.net
Silahkan follow dan like sosial media Setara.net

Linknya bisa kamu kunjungi disiniĀ www.setara.net

Semoga bisa besar dan konsisten dalam membangun web itu.