ROBIT.ID – Pada 18 Oktober 2017 Kelas Blogger bekerjasama dengan Raksa Online mengadakan kelas yang bertajuk “Bagaimana Melakukan Reportase dan Blogging On the Spot” yang diselenggarakan di kantor Raksa Online, Wisma BSG lantai 3, Jl. Abdul Muis No. 40, Jakarta Pusat. Pembicara dalam kelas ini adalah Bpk. Gaper R Fadly dan Kang Arul.

Acara dimulai dengan dibuka oleh Kang Dudi Iskandar, sebagai Ketua Kelas Blogger, kemudian dilanjut dengan sambutan dari Bapak Junardy Rusly, selaku direktur dari Raksa Online. Beliau menceritakan kepada para blogger mengenai Raksa Online, perbedaan dengan asuransi lainnya dan mengapa harus memilih Raksa Online. “Yang berbeda dari asuransi lain adalah, kami memiliki pelayanan yang terbaik, yaitu 8 layanan.” Ungkapnya.

Setelah sambutan dari Direktur Raksa Online, acara diselingi dengan pemberian doorprize kepada peserta. Untuk kelas ini, panitia telah menyiapaan banyak hadiah yang menarik yang membuat saya “ngiler.” Setelah pembagian doorprize pertama, dan nomor peserta saya tidak muncul :v, acara dilanjutkan dengan pengenalan mengenai Raksa Online oleh Mbak Yuli, staff Raksa Online.

Raksa Online sendiri adalah bagian dari PT. Asuansi Raksa Pratikara yang berdiri sejak tahun1975. Sedangkan untuk Raksa Online berdiri 5 tahun lalu, yaitu tahun 2012. Yang membanggakan lagi adalah Asuransi Raksa pada tahun 2017, mendapatkan ganjaran sebagai Asuransi Digital terbaik dari Bisnis News.

Produk Asuransi Raksa Pratikara
Produk Asuransi Raksa Pratikara

Di sela-sela kami menyimak tentang perusahaan ini, Raksa Online juga telah mendatangkan salah satu nasabahnya untuk memberikan testimoni kepada blogger, salah satunya adalah Pak Cornelius Ginting. “Asuransi bukan lagi hantu yang menakutkan atau mempersulit orang yang punya kendaraan. Tapi, asuransi membantu untuk mempermudah urusan customer agar merasa terlindungi.” ucapnya. Memang dalam benak masyarakat di Indonesia banyak yang “alergi” dengan asuransi, bahwa proses klaimnya susah, ribet dan lain sebagainya.

Diajak keliling kantor Raksa Online

Setelah rangkaian acara dari sambutan, pengenalan Raksa Online, acara dilanjutkan dengan diajak keliling melihat langsung kantor Raksa Online. Peserta dibagi menjadi dua tim, dan saya masuk ke tim satu. Saya dan tim dipandu oleh Miss Wiwi Maria, salah satu Customer Service di Raksa Online untuk melihat kondisi dan apa saja yang terdapat di kantor ini, baik dari ruangan Raksa Gold Club, proses klaim, refleksi, spa, dan juga diajak untuk melihat moline (mobil raksa online).

Miss Wiwi menjelaskan kepada para Blogger
Miss Wiwi Maria menjelaskan kepada para Blogger

Setiap ruangan yang kami kunjungi, dijelaskan baik oleh Miss Wiwi. Misalnya pada saat kami berada di ruangan Gold Club. “Ruangan ini khusus bagi nasabah yang harga kendaraannya di atas 70.000 US$ atau setara 900 juta rupiah,” terangnya.

Yang membuat berbeda dengan asuransi lain, Raksa Online memiliki 8 layanan yang memudahkan cutomer untuk dilayani:

8 Layanan Raksa Online
8 Layanan Raksa Online

Setelah dari ruangan Gold Club, kami diajak turun ke lantai satu dan melihat kondisi Moline Raksa Online (Mobil online). Kmai juga dijelaskan dari awal pertama proses klaim oleh Miss Wiwi. Di dalam Mobil tersebut terdapat bangku dan meja untuk customer. Customer dapat memproses klaimnya dengan menunjukkan SIM dan STNK dan kemudian dicek oleh petugas untuk diproses.

Mobil Raksa Online
Mobil Raksa Online

Waktunya Mengikuti Lomba on the Spot

Dari rangkaian acara sejak pukul 9 pagi dan selesai berkeliling, kami para Blogger kembali ke ruangan pukul 11:30 siang. Selanjutnya adalah lomba menulis mengenai Raksa Online dengan deadline pukul 15:00. Dengan waktu yang sangat sedikit (bagi saya), kami para peserta saling konsentrasi menulis. Saya adalah orang yang tidak bisa menulis dengan diburu-buru. Jadi, saya menulis apa yang bisa tulis.

Dan selama lomba tersebut yang saya pikirkan mengenai waktu, malah bukan bagaimana caranya untuk menang. Dan betul saja, dengan waktu kurang lebih 3 jam, hasil tulisan saya belum lengkap dan kurang sempurna.

Para peserta konsentrasi menulis saat lomba blog
Para peserta konsentrasi menulis saat lomba blog
Peserta Lomba Kelas Blogger
Saya mencoba untuk konsetrasi menulis. Abaikan yang berdiri di dekat pintu ya…

Pak Gaper R Fadly dan Kang Arul beraksi

Sambil juri membaca dan menentukan pemenang lomba, kelas diisi dengan materi “Bagaimana Melakukan Reportase dan Blogging On the Spot”. Bang Gapey- sapaan akrabnya dari Gaper R Fadly, menjelaskan kepada kami mengenai cara menulis yang benar saat di lokasi liputan. Ia memberi tahu bahwa jurnalis dan blogger pada saat liputan itu harus kepo! Selain ingin tahu, kita dalam menulis harus mengikuti kaidah kepenulisan reportase yakni 5W + 1 H.

Kang Arul dan Bang Gapey
Kang Arul dan Bang Gapey

Setelah pemaparan yang ciamik, Bang Gapey juga memanggil Kang Arul, founder dari Kelas Blogger untuk mengisi materi. “Kalau menurut saya ngeblog itu point of view-nya adalah aku,” kata Kang Arul. Jadi blog itu ditulis personal, bukan seperti karya ilmiah yang panjang dan bertele-tele. “selain itu, saat awal menulis harus dengan diawali paragraf yang menarik.” terangnya.

Pengumuman Pemenang Lomba

Waktu yang ditunggu-tunggu oleh peserta tiba. Panitia mengumumkan pemenang dari dua jenis lomba, sosial media dan menulis. Yang pertama adalah diumumkan juara 10 sampai 4. Setelah itu pemenang lomba menulis dan sosial media 1-3. Kang Ali Muakhir yang datang langsung dari tanah Sunda, Bandung menjadi juara utama pada lomba ini. Ia menggaet satu buah laptop. Dan satu lagi, saya menjadi salah satu pemenang, yakni juara 2 lomba sosmed. Saya memboyong satu buah smartphone Andromax.

Pemenang Lomba Kelas Blogger 17
Pemenang Lomba Kelas Blogger 17

Saya rasa ini tulisannya sudah kepanjangan, pokoknya seru banget deh acara Kelas Blogger yang ke 17 ini. Semoga saya bisa mengikuti acara Kelas Blogger selanjutnya. Ngomong-ngomong soal smartphone, sampai sekarang belum saya buka lho. :v

  • Udin Sayuti

    Dan di KB17 ini saya pertama kali salaman sama kakak Robbit yg femes ituh…