Hari Minggu (06/05) pagi kemarin terasa berbeda dengan hari minggu sebelum-belumnya, sebabnya tidak lain karena saya mengikuti acara dari Citi Indonesia. Jadi Citibank Indonesia sedang menyelenggarakan Global Community Day (GCD) 2018 yang dilangsungkan di The Breeze,  BSD, Tangerang.

Bagi teman-teman mungkin tahu betul mengenai Citibank. Kalau menyebut bank ini, pasti mayoritas akan menjawab dengan penerbit kartu kredit. Karena Citibank merupakan salah satu bank tertua yang menginisiasi kartu kredit di Indonesia. Bisa dikatakan Citibank identik dengan kartu kredit.

Citi Indonesia merupakan cabang yang dimiliki penuh oleh Citi Group, Inc yang berada di New York, Amerika. Di Indonesia, Citibank telah hadir sejak tahun 1968. Maka bukan hal yang mengagetkan jika Citibank menyabet beberapa penghargaan. Misalnya di tahun 2017 kemarin saja, mereka mendapatkan penghargaan seperti Best Corporate/Institutional Digital Bank dan Best Consumer Digital Bank dari Global Finance Magazine, Best of the Best Philanthropy, Best Employee Volunteering dan Best Social PR Program dari Mix Magazine, Best Foreign Bank di Indonesia dari Finance Asia, dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

Kita lanjut lagi dengan acara Global Community Day 2018. Pada Global Community Day tahun ini mengangkat tema “Our Care for You”, dan lebih spesial lagi karena Citi Indonesia tepat memperingati dedikasinya untuk Indonesia yang ke 50 tahun. Tema tersebut diwujudkan dengan melakukan kegiatan sosial “Road to GCD 2018” yang menyasar lima kelompok masyarakat, yaitu anak-anak, remaja, penyandang cacat, wanita dan masyarakat usia lanjut dengan melibatkan 150 Citi Volunters dan lima NGO mitra pelaksana yaitu  Yayasan Tri Asih, Yayasan Pembinaan Anak Cacat, Yayasan Cinta Anak Bangsa, Prestasi Junior Indonesia, and Panti Tresna Werdha Budi Mulia dari tanggal 24-30 April 2018. Pelaksanaan Global Community Day di Indonesia ini adalah yang ke 13.

Global Community DayGlobal Community Day
Saya di acara Global Community Day | Pict: Febriyanty Rachma

Keseruan acara GCD tahun ini diikuti oleh 3 ribu karyawan dan keluarga Citi Indonesia dengan mengadakan acara mewarnai sebanyak 500 t-shirt. Tak hanya itu, setiap t-shirt juga terdapat kata-kata motivasi sebagai bentuk kepedulian.

Head of Consumer Banking Citi Indonesia Cristina Teh Tan, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi dan Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki berfoto bersama seusai mewarnai T-shirt dengan kata-kata motivasi dalam acara Global Community Day
Head of Consumer Banking Citi Indonesia Cristina Teh Tan, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi dan Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki berfoto bersama seusai mewarnai T-shirt dengan kata-kata motivasi dalam acara Global Community Day

Acara dimulai dengan para peserta yang hadir membuat komitmen dengan cara memberi cap warna di sebuah tembok dengan telapak tangan. Setelah itu acara dilanjut dengan mewarnai T-shirt dengan kata-kata motivasi. Dalam kegiatan mewarnai ini, juga dilakukan oleh CEO Citi Indonesia Batara Sianturi, Cristina Teh Tan selaku Head of Consumer Banking Citi Indonesia dan Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvira N. Makki dan lainnya.

Setelah mewarnai t-shirt, acara Global Community Day dilanjut dengan penyerahan donasi secara simbolik kepada 5 NGO yang telah bekerjasama dengan Citi Indonesia yaitu  Yayasan Tri Asih, Yayasan Pembinaan Anak Cacat, Yayasan Cinta Anak Bangsa, Prestasi Junior Indonesia, dan Panti Tresna Werdha Budi. Donasi tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Citi Indonesia terhadap anak-anak, remaja, penyandang cacat, wanita dan masyarakat lanjut usia.

Citi Indonesia menyerahkan donasi kepada lima NGO
Citi Indonesia menyerahkan donasi kepada lima NGO

Selain itu, pada “Road to GCD 2018”, Citi Indonesia bersama ke-lima NGO, telah melakukan beberapa kegiatan di antaranya adalah:

  • Membantu para lansia dari panti jompo untuk menikmati hari libur mereka
  • Menghibur anak-anak sakit menahun di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo)
  • Membantu para siswa disabilitas untuk menikmati hari libur mereka
  • Membantu dan melatih para siswa kurang mampu dalam bidang olahraga (sepak bola dan bola basket)
  • Membantu mengajarkan dasar-dasar hidroponik untuk anak-anak di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa
  • Membantu pengecatan ruang kelas di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa
  • Membantu belajar mengenai Keuangan Dasar untuk para remaja dan wanita di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa
  • Membantu belajar mengenai Keuangan Digital untuk anak-anak di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa
  • Membantu pengecatan dan membersihkan Taman Bendi Selatan
Global Community Day
Saya di antara t-shirt yang telah diwarnai dan terdapat kata-kata motivasi | Pict: Febriyanty Rachma

Semoga dengan diselenggarakan Global Community Day ini, donasinya bisa dipergunakan bagi yang membutuhkan. Tak hanya itu, di tahun mendatang semoga acaranya lebih meriah lagi dan lebih banyak membantu masyarakat kurang mampu.