Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2017, dan saya juga tak ingin ketinggalan untuk menulis apa saja yang telah saya lalui selama setahun belakangan ini. Suka-duka dan lainnya. Setiap orang pasti memiliki ceritanya masing-masing dan mempunyai momen yang tidak bisa dilupakan.

Tahun ini adalah tahun untuk pertamanya saya berani mengambil pilihan sebagai freelancer. Sebelumnya sejak lulus sekolah, saya bekerja di perusahaan yang setiap harinya harus berangkat pagi dan pulang malam. Banyak hal serta tidak dilupakan dalam tahun 2017.

Resolusi tahun sebelumnya hanyalah resolusi yang tak kunjung menjadi nyata. Ah, setiap orang berhak memiliki resolusi yang muluk-muluk dan sah-sah saja. Tapi ya itu tadi, kebanyakan resolusi hanya sebagai ucapan dan niat yang tak dilakukan. Pengulangan setiap tahunnya hanya menjadi rutinitas pergantian tahun saja. Yang terpenting dari setiap resolusi adalah bagaimana mencapai tujuan tersebut. Meskipun gagal, tapi mengetahui proses dan mencobanya dengan sungguh-sungguh.

Berbicara soal resolusi tahun depan, saya tidak membikin daftar panjang dan muluk-muluk, daripada cuma jadi sebuah bualan belaka. Saya bukan tipe yang mudah termotivasi dan memotivasi orang, maka saya menjalani setiap tahun dengan apa yang ingin saya lakukan dengan baik dan bertanggun jawab.

Tahun 2017 memberikan saya banyak pelajaran dan networking yang luas di dunia blog. Saya juga bergabung dengan beberapa komunitas blogger dan membangun website bersama. Tapi website yang kami bangun seakan “hidup segan, mati tak mau”. Namun itu semua tidak menyurutkan saya untuk terus ngeblog, karena memang akhir-akhir ini banyak waktu yang dihabiskan untuk ngeblog.

Jika menuliskan semua hal di tahun 2017, maka tidak ada habisnya bahkan kamu sebagai pembaca akan bosan. Kesimpulannya setiap tahun yang saya jalani mengandung banyak arti serta pelajaran hidup yang penting. Semuanya dilakukan dengan baik meskipun banyak kerikil yang menghambat. Dikatakan menarik, ya pasti menarik banget. Tapi bukan tempatnya untuk dibicarakan karena mengandung hal-hal yang mungkin bisa membuat orang tidak percaya.

Ketika pulang dari Kepulauan Seribu
Ketika pulang dari Kepulauan Seribu [Desember 2017]
Pada akhirnya setiap tahun yang saya jalani memiliki tujuan dan arti bagi kehidupan ke depannya. Tak ada yang sia-sia dan percaya akan pengalaman yang selama ini saya jalani memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Lantas apa resolusi di tahun depan? Tak ada yang perlu disebutin satu per satu, karena hampir semua orang memiliki resolusi yang begitu baik nan sempurna. Saya akan menjalani tahun mendatang dengan lebih baik tentunya, dan prosesnya sudah saya lakukan sejak bebrapa waktu belakangan.

Di tahun depan saya menghadapi beberapa hal yang berat dan menyenangkan, semuanya menjadi satu dan harus dilewati dengan kepala tegak. Yang pasti perjalanan akan panjang dan memerlukan amunisi yang banyak untuk melewati jalan tersebut.

Setiap orang berhak membuat resolusi dan berhak melakukan apa saja yang ingin dilakukan. Yang terpenting adalah harus bertanggung jawab dengan perbuatan yang dilakukan itu.

Ini adalah postingan terakhir di tahun 2017 dan semoga di tahun depan bisa lebih rajin menuliskan hal-hal yang penting dan tidak penting di blog ini.

  • cendekia channel1

    cadass freelancer muda 🙂