Di era digital seperti sekarang hampir semua orang menggunakan internet, baik dari kalangan bawah hingga atas. Baik yang usianya masih balita hingga orang tua sekalipun, menggunakan internet. Data yang dirilis oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) di awal tahun ini, bahwa penetreasi pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 lalu sebanyak 143,26 juta jiwa. Angka ini terus naik setiap tahunnya. Maka bukan hal yang aneh jika kini semuanya sedikit-sedikit menggunakan internet.

Sekarang ini tak hanya ojek online atau pesan makan melalui online saja, tapi hampir semua dilakukan dengan internet. Dengan adanya internet, kita lebih mudah dan cepat. Begitupula dengan mencari atau mendapatkan informasi, melalui internet juga lebih cepat, bahkan informasi di ujung dunia pun dengan hitungan detik sudah menyebar di mana-mana. Internet memang telah mengubah cara berperilaku masyarakat dunia maupun di Indonesia.

Pentrasi Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2017
Pentrasi Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2017 | APJII

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, maka kita harus ikut berinovasi begitupula dengan perusahaan juga harus bisa berinovasi di semua bidang usaha, tak terkecuali dengan bisnis properti.

Mencari Properti

Sudah tahu kan bahwa saya adalah baru saja melangsungkan pernikahan di bulan Maret tahun ini. Saya dan pasangan sekarang menyewa sebuah rumah di daerah Jakarta Selatan. Alasan memilih di daerah ini adalah karena lokasi tempat kerja di wilayah Permata Hijau. Meskipun sewa rumahnya lumayan mahal dibanding dengan wilayah lain, mau bagaimana lagi.

Impian kami adalah bisa memiliki rumah sendiri di sekitar Jakarta. Maka akhir-akhir ini setiap akhir pekan saya dan istri selalu keluar rumah untuk mendatangi perumahan yang ada di Depok, Bogor, dan Tangerang. Saya menghampiri satu demi satu perumahan, cluster, tentunya yang masuk di budget kami.

Terkadang di benak saya terbesit pikiran malas. Karena sudah mencari di mana-mana, tapi belum mendapatkan rumah yang cocok. Baik dari segi harga, lokasi, dan lingkungannya. Bahkan saat di jalan, saya dan istri terkadang ada selisih pendapat dan membuat kami cekcok kecil. Sudah menghabiskan waktu, tenaga, tapi yang dicari tak kunjung dapat jua. Sedih.

Memang benar sih, kata banyak orang untuk membeli rumah itu susah. Harus menimbang berbagai pertimbangan, baik dari harga, wilayah, pengembang, dan perintilan lainnya. Dan ternyata apa yang dikatakan itu benar adanya.

Dengan cara yang saya dan istri lakukan adalah cara yang konvensional. Oh ya terkadang juga menyambangi pameran properti yang ada di pusat-pusat perbelanjaan. Faktor-faktor tersebut membuat saya harus bersabar. Ternyata hal tersebut disinyalir oleh Indonesia Property Watch sebagai faktor yang menghambat lajunya permintaan pembeliaan properti. Saya setuju sih soal ini.

Pameran Properti Online

Kegundahan saya dalam mencari hunian atau properti dijawab oleh Indonesia Property Watch. Langkah inovatif ini dilakukan dengan menggelar pameran properti online. Kita tinggal mengakses sebuah situs yang beralamat di propertyexpo.id. Pameran ini adalah pameran properti online pertama di Indonesia dan merupakan pameran satu-satunya yang ada di Indonesia. Jadi keluhan saya soal menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran, telah dijawab dengan adanya PropertyExpo ini. Saya bisa mencari properti kapan saja dan di mana saja, tak hanya di akhir pekan, akan tetapi setiap saat bisa mencari.

Property Expo ID
Tampilan Laman Property Expo ID

Informasi yang ada di pameran online ini juga relatif lebih lengkap. Selain itu terdapat fitur untuk mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp dengan para marketingnya. Kita tidak usah mendatangi satu demi satu perumahan yang kita ingin cari.

Konsep pameran properti online ini diyakini akan menjadi trend setter di Indonesia. Sebabnya adalah masyarakat kita terlebih lagi generasi milenial sangat mengandalkan internet dalam mencari suatu informasi. Pameran dari PropertyExpo ini dilakukan selama satu bulan yakni pada 1-31 Mei 2018. Saat ini sudah berjalan lebih dari satu minggu. Sebanyak 43 proyek telah bergabung untuk bersama-sama memasarkan produknya di berbagai wilayah seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Semarang, Makassar, Bekasi, dan Batam. Ratusan tipe dan pilihan akan memudahkan kita untuk memilih properti yang ingin kita cari.

Saat saya menghadiri Temu Media dan Blogger Pameran Properti Online di Golden Tulip Pasar Baru
Saat saya menghadiri Temu Media dan Blogger Pameran Properti Online di Golden Tulip Pasar Baru (08/05) | Foto oleh: Mia Hermini

Semoga dengan adanya pameran properti online, masyarakat Indonesia akan lebih terbantu dalam mencari properti. Saya sebagai genearasi milenial dan baru saja menikah sangat terbantu sekali. Jadi, generasi Milenial kapan lagi beli properti, kalau tidak sekarang. Oh ya, menurut berbagai survei, harga properti di Jakarta dan sekitarnya setiap tahunnya harganya terus naik loh, bahkan hingga 30 persen. Ini juga momen untuk investasi.