Bagi perempuan memilih kosmetik yang aman itu sangat penting. Karena jika salah memilih kosmetik maka bisa-bisa kulit akan alergi, iritasi, gatal-gatal dan lain sebagainya. Banyak pertimbangan yang harus dipilih saat membeli kosmetik, baik dari merek, kegunanaan dan beberapa hal lainnya.

Saat ini banyak kosmetik yang beredar tanpa memiliki izin resmi. Hal ini menjadi salah satu sorotan yang penting bagi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia. Bahkan pada Senin, 11 Desember lalu BPOM meluncurkan aplikasi bernama “BPOM Public Warning”.

Saya dan teman-teman Blogger Jakarta menghadiri Peluncuran Aplikasi Public Warning
Saya dan teman-teman Blogger Jakarta menghadiri Peluncuran Aplikasi Public Warning

Tips Cerdas Memilih Kosmetika
Jika sering menonton televisi akhir-akhir ini maka kamu akan melihat iklan dari BPOM yang berjudul “Bijak Dalam Membeli Kosmetika”. Iklan tersebut disampaikan langsung oleh Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP selaku Kepala Badan POM RI. Lantas apa saja sih tipsnya?

BPOM RI telah membuat 5 langkah untuk memilih kosmetika aman, yang disingkat dengan K.L.I.K.K.
1. Kemasan
2. Label
3. Izin edar berupa notifikasi
4. Kegunaan dan cara penggunaan
5. Kedaluwarsa

Nah dari lima hal di atas, mari kita bahas satu per satu, yuk.

Kemasan
Saat membeli salah satu kosmetik, hal yang pertama kamu lakukan adalah dengan cara cek kemasannya. Pastikan kemasan tersebut dalam keadaan baik, jadi jangan pilih kemasan yang sudah rusak dan bau. Dari kemasan tersebut kamu bisa memastikan produk tersebut layak digunakan atau tidak.

Label
Setelah kemasan, kamu harus memastikan bahwa label produk kosmetika tersebut harus jelas dan lengkap. Karena setiap kosmetik wajib mencamtumkan label, seperti: nama kosmetik, komposisi, nama dan negara produsen, nomor bets dan lain sebagainya. Melihat label ini sangat penting agar kamu tidak salah saat membeli kosmetik.

Izin edar berupa notifikasi

Langkah ketiga yang harus kamu perhatikan saat memilih kosmetik adalah izin edar. Setiap kosmetik atau produk yang aman telah memiliki izin edar notifikasi dari Badan POM. Untuk mengetahui izin edar dari Badan POM yang telah ditandai adalah dengan kode N diikuti 1 huruf dan 11 digit angka. Misalnya: NA 123456789101, setelah itu kamu harus memastikan legalitas tersebut dengan mengecek nomor notifikasi pada website www.pom.go.id atau bisa juga di notifikasi.pom.go.id

Kegunaan dan Cara Penggunaan
Buat kamu yang ingin memilih atau membeli kosmetik, bacalah dengan teliti kegunaan dan cara penggunaannya pada kemasan tersebut. Berbeda jika kamu membeli produk seperti sabun mandi, sampo, dan lipstik.

Kedaluwarsa
Langkah terakhir yang harus diperhatikan saat membeli kosmetik adalah tanggal kedaluwarsa. Langkah terakhir ini sangat penting dan banyak yang kurang diperhatikan oleh banyak orang saat membeli kosmetik. Ketika melihat batas kedaluwarsa, pastikan jangan sampai lewat, telitilah dengan baik sebelum kamu membelinya. Setiap produk yang dijual kamu bisa melihat tanggal kedaluwarsa yang ditulis dengan urutan tanggal, bulan dan tahun.

Itulah lima langkah yang harus kamu perhatikan saat membeli atau memilih kosmetik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, saya kira kamu tidak akan salah lagi dalam membeli kosmetik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here