Siapa coba yang saat ini tidak mengenal yang namanya Kartu Kredit? Ada banyak orang yang sudah menggunakan kartu sakti ini untuk berbagai keperluan yang memudahkan. Namun jangan salah! Sebenarnya, kartu kredit ini bak pisau bermata dua, lho! Pasalnya, bila Anda salah dalam menggunakannya, bisa-bisa membuat Anda terlilit hutang dan jadi susah.

Sebaliknya, bila Anda menggunakannya dengan baik dan bijak, ini bisa jadi solusi finansial yang tepat untuk Anda. Agar kehidupan finansial Anda aman dan tidak berhutang, ada baiknya Anda berhemat dalam menggunakan kartu kredit supaya lebih untung. Lalu, bagaimana cara agar bisa menggunakan kartu kredit ini supaya hemat dan untung itu?

  1. Gunakan Sebagai Alat Pembayaran, Bukan Alat Hutang

Anda harus tahu, meski kartu kredit yang Anda miliki memiliki limit hingga ratusan juta rupiah, ingatlah bahwa uang tersebut bukan uang Anda. Oleh sebab itu, Anda harus sadar bahwa uang tersebut bukan untuk digunakan berbelanja dengan semena-mena melainkan hanya untuk alat pembayaran saja.

Dengan begitu, Anda bisa terbebas dari yang namanya hutang. Bila Anda menggunakan sekenanya, misal ingin membeli barang ini harus menggunakan kartu kredit, itu akan menjadi beban Anda nantinya. Oleh sebab itu, tanamkanlah di benak Anda bahwa kartu kredit yang Anda miliki bukan sebagai alat untuk hutang, melainkan hanya untuk pembayaran saja.

  1. Pantau dan Pakai Poin Rewards

Salah satu keuntungan dari menggunakan kartu kredit adalah adanya poin rewards. Ini seperti hadiah yang bisa Anda dapatkan dengan sering bertransaksi menggunakan kartu kredit. Poin ini, bisa Anda gunakan untuk membeli berbagai penawaran atau barang menarik di merchant yang bekerja sama dengan pihak bank di mana kartu kredit Anda diterbitkan.

Setiap bank punya kebijakan tersendiri mengenai jenis dan jumlah poin rewards yang akan Anda dapat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memantau jumlah poin rewards yang Anda miliki dan informasi lain yang disediakan. Bukan tak mungkin Anda akan mendapatkan penawaran menarik seperti voucher belanja yang bisa digunakan agar lebih hemat.

  1. Manfaatkan Diskon, Promo dan Cashback

Anda juga harus tahu, ada banyak merchant yang bekerja sama dengan pihak yang menerbitkan kartu kredit Anda. Biasanya, merchant-merchant tersebut akan memberikan penawaran berbagai promo seperti diskon hingga cashback dengan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit di merchant terkait.

Misalnya saja promo dari bank CIMB Niaga Credits Crad, salah satunya adalah Buy 1 Get 1 untuk paket Combo makanan. Anda bisa lumayan hemat dengan itu, kan? Tapi ingat, sebaiknya gunakanlah promo yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan manfaatkan semua  promo yang ada hanya untuk senang-senang.

  1. Pilih Jenis Kartu Kredit yang Gratis Iuran Tahunan

Harus Anda tahu juga, nih! Kartu kredit itu ada yang namanya cicilan bulanan. Selain itu, ada juga yang namanya adminsitras tahunan yang bisa memberatkan Anda dalam kondisi keuangan. Jika Anda ingin menerbitkan kartu kredit, ada baiknya pilihlah jenis kartu kredit yang tak membebankan iuran tahunan pada Anda. Dengan begitu, bisa jadi lebih hemat.

  1. Jangan Tarik Tunai

Kesalahan yang paling sering dilakukan pengguna kartu kredit adalah melakukan tarik tunai. Mereka tak sadar ini sama saja dengan menyulitkan diri sendiri. Tarik tunai sama saja dengan Anda berhutang pada pihak bank. Besaran dari biaya tarik tunai ini sendiri sangat memberatkan, yakni sekitar 2,25% per bulan bahkan lebih yang pastinya memberatkan.

  1. Kenali Keunggulan Kartu Anda

Terakhir, cobalah kenali apa saja keunggulan yang dimiliki kartu kredit Anda. Bukan hanya limitnya saja, tapi juga fitur khusus yang diberikan. Misalnya saja untuk kartu kredit CIMB Niaga AirAsia Big Card, ini menawarkan kelebihan untuk Anda yang doyan bepergian. Jadi, setidaknya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan kartu kredit secara tepat itu harus Anda lakukan agar tak buntung. Pilihannya cuma ada di tangan Anda, lho! Jika Anda ingin lebih hemat dan untung, Anda bisa lakukan cara di atas. Namun, jika tidak, tak apa. Bila butuh info lain mengenai kartu kredit yang Anda punya, coba cek di CekAja.com. Anda bisa temukan berbagai info bermanfaat di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here