Di Jakarta mencari mie ayam yang rasanya enak dan pas di lidah sangatlah susah sekali. Apalagi rasanya seperti mie ayam di kampung-kampung. Bagai mencari jarum dalam jerami. Bagi anda pecinta kuliner khususnya Mie Ayam, Ada beberapa tempat di Jakarta yang sangat perlu dicoba.

Siang tadi saya sedang jalan ke Blok M Square. Setelah lelah mencari berbagai buku murah, saya memutuskan untuk mengisi perut yang waktu itu sedang lapar.

Tak perlu membutuhkan waktu lama. karena gerai buku-buku di Blok M Square letaknya di lantai paling bawah. Nah, di seputaran lantai itu terdapat tempat makan. Namanya Pujasera. Di sana Anda akan disuguhi berbagai macam masakan tradisional dan tentunya juga berbagai jenis minuman.

Pujasera memiliki dua sisi. Sisi kanan dan kiri. Di tengahnya itu terdapat gerai buku dan batu cincin. Surga bagi pecinta batu, buku dan pecinta wisata kuliner digabung jadi satu.

Mata saya tertuju kepada warung mie ayam. Nama warungnya adalah Mie Ayam Baso Dondon. Walaupun tempatnya kecil, namun pengunjungnya ramai sekali. Banyak yang beli. Tak pikir panjang, segeralah saya ingin merasakan mie ayam tersebut.

 

Dulu di kampung kelahiran saya, tak pernah absen untuk makan mie ayam. Hampir tiap minggu saya beli dan mempunyai satu langganan penjual mie ayam yang enak sekali.

Kembali ke Mie Ayam Blok M, saya kepincut beli mie ayam karena ramai itu. Saya melihat menunya, dan harganya sangat terjangkau sekali. Mie ayam + pangsit misal, ia dibanderol hanya Rp 9.000 saja. Kemudian saya memilih Mie Ayam + Bakso, harganya sebesar 11.000.

Untuk satu porsi mie ayam disini sangat pas. Dan mungkin, bagi saya malah kurang. Saya pesan satu mangkuk, tak menghabiskan waktu lama langsung tandas mie-nya. Dengan lahap saya memakannya.

mie ayam baso dondon
Penampakan warung “Mie Ayam Baso Dondon”

Rasa? Saya bisa kasih nilai 7,5/10. Lumayanlah untuk mie ayam di Jakarta. Mungkin kurangnya ada di rasa sambalnya yang kuras pedas. Dan rasa bumbunya kurang “gigit” sedikit. Setidaknya, untuk ukuran dunia per-mie-ayam-an di Jakarta sudah mempunyai ranking. Dari pelayannya yang gercep dan ramah walaupun rame pengunjung. Overall sangat bagus.

 

Berbicara Mie Ayam di Jakarta, saya juga mempunyai tempat yang lebih enak. Malah, saya bisa mengatakan paling enak yang pernah saya temui di Jakarta.

Bagi kalian yang tinggal di seputaran Jakarta Pusat, tepatnya Mangga Besar. Kalian pasti tahu Mie ayam ceker mangga besar. Untuk lokasinya saya agak sedikit lupa, dan kelemahan saya adalah dalam hal mengingat nama-nama tempat. Kalau tidak salah di jalan mangga besar 13. Dekat atau seberang gereja dan lokasinya itu di pinggir jalan, warungnya kecil. Hanya ada beberapa meja makan saja.

Untuk harganya sih masih standard. Walaupun di daerah mangga besar yang terkenal harganya agak mahal. Tapi mie ayam ini, satu porsi tak sampai dua puluh ribu, dan itupun sudah termasuk cekernya.

Mangga besar memang terkenal dengan dunia malamnya. Namun tak kalah juga dengan dunia kulinernya. Salah satunya adalah mie ayam ceker tersebut. Sayang, kadang buka kadang engga. Jika anda bertandang kesana dan tutup mungkin anda kurang beruntung.

Jika masih bingung mencari mie ayam yang enak dan bumbunya merasuk dan pas di lidah. Kalian perlu mencoba Mie Ayam Ceker yang ada di Mangga Besar. Sangat recommended buat Anda. Harga murah, namun rasanya sangat juara.

Bagi saya pribadi, ranking pertama dalam mie ayam di Jakarta masih dipegang Mie Ayam Ceker Mangga Besar tersebut. Kemudian baru menyusul yang di Blok M.

Mungkin kedepannya saya akan menemui berbagai macam warung mie ayam yang enak di Jakarta. Siapa tahu. Hingga hari ini, saya baru menemukan dua warung yang enak.

 

Dan hari ini saya puas dengan buku pun dengan perut saya.

Salam maknyusss 😀