Bagi saya sendiri yang sebagai blogger pemula ini, rasanya ngeblog masih kurang konsisten. Alasannya jelas, dikarenakan waktu dan mau menuliskan apa di blog. Untuk alasan yang pertama tersebut pasti banyak dialami oleh seorang blogger. Punya banyak ide-ide namun tak sempat untuk menuliskan barang sejenak. Kemudian untuk kendala kedua adalah mau diisi apa blog tersebut. Buat kebanyakan blogger pemula, hal ini tentu sangat krusial. Blog jarang sekali diupdate dikarenakan bingung apa yang harus ditulis.

Ngeblog bagi saya hanya iseng untuk mengisi hari libur saya atau ketika pekerjaan uatama saya sedang tidak sibuk-sibuk amat. Saya menulis ya sesempatnya dan jika menuliskan ya hal-hal remeh-temeh dan sedikit manfaatnya. Akan tetapi hal utama yang harus dimiliki seorang blogger adalah konsistensi. Dalam hal ini saya masih jauh dari kata itu. Saya bisa seminggu menulis beberapa artikel, demikian pula saya tak menulis berbulan-bulan lamanya.

Keadaan seperti di atas sebenarnya tak bagus buat blog kita. Yang bagus atau rekomendasi dari pakar SEO (Search Engine Optimization) adalah harus rajin update. Misalkan blog kita harus update setiap seminggu sekali dan itu terus menerus. Walaupun kita mengupdate sehari 2 kali artikel hanya dalam seminggu, namun di minggu atau bulan berikutnya tidak diupdate itu akan membuat blog kita jelek. Itu dalam hal konteks SEO.

Sebenarnya rajin atau konsisten ngeblog juga mengasah pikiran-pikiran atau mengingat apa saja yang terjadi dalam kehidupan kita. Mau mendokumentasikan apa, membagikan pengalaman, membagikan ilmu dan lain-lainnya. Jika kita menuliskan atau rutin, dan tak terlalu memusingkan konten apa yang harus kita tulis. Maka ngeblog akan mengalir terus dan artikel akan terupdate. Dan menulis jadi lebih gampang, tak-tik-tok-tik.

Pada intinya jika ingin menuliskan sesuatu tak terlalu dipikirkan hingga “mbentoyong”. Tulis aja semampunya dan sebisa mungkin. Gak usah dipikir mau jadi seperti apa tulisannya dan nanti disukai orang atau tidak. Dan kuncinya ngeblog adalah “tulis aja dulu, daripada mikir nulis ini, nulis itu namun tak terealisasikan tulisannya” dan satu lagi, konsisten.

Ini tulisan dibuat karena saya tadi sibuk me-redesign blog yang tak jadi-jadi. Percuma juga design blog bagus namun tak ada artikelnya. Pada hasil akhirnya kan yang dilihat juga tulisannya bukan tampilannya. Benar, tampilan itu penting namun yang paling penting adalah tulisannya. Tak lain dan tak bukan adalah tulisan. Itu saya ulangi adalah karena ingin saya ingatkan pada diri saya sendiri, tak kebanyakan utak-utik tampilan, tapi yang harus saya lakukan adalah menulis.

Sudah itu saja coretan sepagi ini, dikarenakan ini minggu malam tak perlulah saya menulis yang berat-berat. Ini adalah waktunya yang tepat untuk ngopi dan makan pisang goreng dan satu lagi menghisap rokok barang sebatang pun dua batang.
Selamat menikmati minggu pagi, dan segeralah menulis! Kesian blogmu sudah lumutan jarang diupdate. 😉