Dulu ketika masih lajang, saya mempunyai angan-angan bahwa harus  memiliki rumah sebelum menikah. Namun keinginan tersebut ternyata meleset, saya lebih dulu menikah dibanding membeli rumah. Padahal keinginan itu juga didukung oleh keluarga. Daripada uangnya habis untuk hal-hal yang tidak pasti, mending uangnya dibuat untuk investasi rumah.

Setelah menikah, keinginan yang belum tergapai tersebut semakin kuat untuk direalisasikan. Meskipun saat ini saya masih menyewa sebuah rumah kecil bersama istri di daerah Jakarta Selatan, akan tetapi hampir tiap minggu kami mencari rumah yang cocok untuk dibeli.

Maka kegiatan kami hampir tiap akhir pekan berkeliling di pinggiran Jakarta. Mulai dari Tangerang, Bogor, Depok, sampai Bekasi. Mengapa kami memilih di pinggiran? Karena budget yang kami miliki baru cukup untuk memiliki rumah.

Kami sangat serius dalam mencari rumah karena rasanya kurang sempurna menjalani rumah tangga jika belum punya persinggahan yang tetap dan nyaman. Karena semuanya memang berawal dari rumah, bukan?

Impian kami adalah bisa memiliki rumah yang mulai dari lokasi, design, dan setiap area rumahnya bisa mewakili saya maupun istri. Karena saat ini ‘rumah zaman now’ bisa dikatakan menjadi ekspresi oleh sang empunya atau citra dari pemilik.

Makanya dari sekarang saya sudah  mulai merencanakan, konsep, halaman, dan lain sebagainya. Jadi rumah saya nantinya bisa menjadi rumah yang berkualitas. Berkualitas di sini sangat penting, maksudnya kualitas adalah bahan-bahan materialnya itu harus benar-benar memiliki kualitas yang bagus dan sudah teruji di lapangan. Gak mau kan jika rumah kita baru jadi, akan tetapi sudah rusak karena pemilihan material yang salah. Padahal kan sudah mengeluarkan uang yang begitu banyak.

Nah untuk itu saya mau sedikit ngasih info kepada teman-teman, bahwa ada beberapa area rumah yang harus diperhatikan dalam membangun rumah dan begitupula untuk patokan saya dalam membangun rumah nanti. Apa saja sih 5 area tersebut?

Area Kamar Mandi

Konsep rumah zaman now dengan zaman dulu itu berbeda. Hal ini bisa dilihat dari area kamar mandi. Jika rumah dulu itu mayoritas kamar mandi tempatnya pasti di belakang. Bahkan ada beberapa rumah yang membangun kamar mandi dipisah dengan rumah utama.

Namun jika kamu melihat rumah-rumah zaman sekarang, pasti konsepnya akan ada perbedaan dan berbanding terbalik dengan rumah zaman dulu soal lokasi kamar mandi. Jika rumah zaman now itu mayoritas kamar mandinya akan berada di depan, atau di ruang tengah. Kamar mandi sudah dianggap bagian penting dalam rumah.

Ketika membangun area kamar mandi, maka harus benar-benar memperhatikan lantai keramiknya. Karena tempat ini sering basah, maka keramik dan nat-nya bisa menimbulkan rusak, kotor, dan bahkan ditumbuhi oleh lumut. Untuk itu harus diperhatikan baik-baik mengenai area Kamar Mandi.

Area Dapur

Dalam membangun rumah, tentunya area dapur tak bisa dipandang sebelah mata. Karena dari sinilah makanan yang kita nikmati diproses. Dengan area yang sering terkena noda hasil memasak dari kopi, teh, saos, dan masakan lainnya, maka area dapur harus diperlukan perhatian khusus. Area ini juga akan sering terkena air dan panas, maka keramiknya lebih mudah pecah dibanding area kamar tidur misalnya. Jadi kamu harus pilih keramik yang dikhususkan untuk area dapur, ya.

Area Interior dan Eksterior

Nah area ini sangat penting diperhatikan dan memerlukan perhatian khusus. Area inilah yang mencerminkan rumah kita. Jika interior dan eksteriornya jelek, maka area-area lain juga akan terlihat kurang bagus. Karena area ini juga sering kita lewati maupun dilewati oleh tamu, maka nat dan keramik harus mudah dibersihkan dan bisa tahan lama. Jangan baru dibangun, tapi keramiknya sudah kusam. Kan gak bagus dan kurang enak dipandang.

Area Kolam Renang

Selanjutnya adalah area kolam renang. Cita-cita rumah saya tentunya memiliki kolam renang sendiri. Meskipun kecil, setidaknya saya dan keluarga bisa bercengkrama di akhir pekan di kolam renang. Oleh karena itu area kolam renang yang bisa dikatakan ‘area basah’ tentunya perlu memperhatikan material untuk membuat kolam renang dengan baik. Sebabnya lantai dan dinding kolam renang ini akan selalu diisi oleh air yang mengandung cairan kimia (kaporit). Oleh karena itu harus dibutuhkan nat keramik yang tahan lama dan yang pasti memiliki banyak pilihan warna sesuai dengan keinginan kita.

Area Garasi

Area yang terakhir agar rumah kita bagus dan seperti rumah zaman now adalah garasi. Memiliki kendaraan motor maupun mobil saat ini memang bukanlah hal yang sulit untuk kita miliki. Makanya area garasi menjadi tempat wajib jika ingin membangun rumah. Dengan lantai yang sering terkena beban berat maka harus diperhatikan nat serta keramik yang sesuai untuk dipasang di area garasi.

Dari lima area yang saya sebutkan di atas, saya sangat menekankan nat keramik yang bagus, bukan? Karena memang material inilah yang sangat mempengaruhi kondisi rumah kita dan menjadi salah satu kenyamanan untuk kita huni.

Kelima area tersebut saya ketahui ketika menghadiri acara Obsat ke 203 yang diselenggarakan oleh Beritagar bekerjasama dengan MU-Weber dengan tema “Rumah Zaaman Now” pada Kamis, 19 Juli 2018 di Eat and Eat, fX Sudirman.

Saya saat menghadiri Obsat 203 Rumah Zaman Now
Saya saat menghadiri Obsat 203 Rumah Zaman Now

Di acara Obsat tersebut juga diberikan informasi seperti apa konsep rumah zaman now, dan tren rumah yang sedang banyak dibangun di Indonesia maupun di luar negeri.

Para Narasumber di Obsat 203
Para Narasumber di Obsat 203

Dengan 5 area vital di atas, maka harus memerlukan perhatian khusus dan bahan material yang berbeda-beda dari 5 area tersebut. Untungnya sekarang ada MU-Weber, perusahaan nasional pertama yang memproduksi mortar instan siap pakai. MU-Weber memiliki 5 produk yang khusus digunakan untuk 5 area yang saya sebutkan di atas. Asik dan cocok banget kan dengan apa yang saya tulis? Apa saja sih?

  1. MU-408 Colorfull (pengisi nat interior dan eksterior) dengan fitur “easy clean”
  2. MU-408 ColorKitchen dengan fitur “easy clean” dan “stain repel” (pengisi nat area dapur)
  3. MU-408 PowerBathroom dengan fitur “easy clean” dan “Smart Shield Pro” (pengisi area kamar mandi)
  4. MU-408 PowerPool dengan fitur “easy clean” san “smart shield plus” (pengisi nat area terendam)
  5. MU-408 Coloroutdoor dengan fitur “Easy clean” dan “active defense” (pengisi nat ara teras, fasad, dan balkon).

Itulah 5 area rumah yang harus diperhatikan khusus saat membangun rumah dan harus menggunakan material khusus pula untuk setiap area.

Semoga saya bisa memiliki rumah yang saya impikan seperti di atas. Terdapat kamar mandi yang bersih dan rapih, dapur yang kece, interior maupun eksterior yang homey banget, kolam renang yang nyaman, dan garasi yang aman.

Saya dan Istri
Saya dan Istri

Oh ya, kalau teman-teman di sini yang sekiranya masih bingung dalam mencari material nat keramik yang sudah teruji kualitasnya kamu bisa langsung saja ke websitenya MU-Weber. Kamu juga bisa kok konsultasi via media sosialnya MU-Weber.

Mungkin cukup segini dulu, semoga impian saya segera terwujud. Agar kehidupan rumah tangga kami semakin lengkap dan nyaman bersama keluarga.

25 COMMENTS

  1. Aamiin ya mas Robit, semoga impiannya memiliki rumah sendiri cepat terwujud. Memang memiliki rumah sendiri untuk keluarga kecil itu juga salah satu impianku dari dulu, hanya sampai sekarang belum tercapai. Dan memang betul kalau mau membeli rumah harus diperhatikan secara detail untuk setiap sudut ruangannya, terutama dalam memilih bahan materialnya, agar tdk mengecewakan.

  2. Betul sekali mas Robit kalau sudah berumah tangga, sudah harus memikirkan untuk memiliki rumah sendiri. Itu juga impianku dari sejak awal berumah tangga. Selain harus memilih rumah yang cocok dengan kita, kita juga harus hati-hati dalam memilik material untuk rumah kita ya, agar tidak mengecewakan.

  3. Jadi nggak hanya keramik, urusan pengisi nat juga penting ya Mas? Baru tahu saya. Kirain selama ini cuma pemilihan jenis keramik saja yang perlu diperhatikan. Malah, saya cuma kepikir corak dan warnanya aja. Hehehe…

  4. Menarik juga, kmar mandi kini terletak di depan atau di ruang tengah. Munhgkin utk tamu atau saudara yg bsrkunjung. Sedangkan utk pribadi, ada kamar mandi di dalam ya.

  5. Menunggu undangan syukuran rumah baru dari ka Robith nih.. pasti keceh banget rumahnya karena pakai produk dari MU Weber.. semoga harapannya segera terwujud ya ka.. Aamiin

  6. semoga bisa segera ketemu dan punya rumah idamannya ya om. aamiin.
    btw makasih loh infonya, baru tau sampai sedetail ini buat bikin rumah. taunya mah bagus dan aman aja gitu tampilannya. hehe

  7. Mau dong dapet undangan syukuran rumah baru ka Robit pasti keceh banget karena pakai MU-Weber, semakin gairah deh ya dalam menjalani bahtera rumah tangga bersama istri tercinta

  8. Area kamar mandi rumah sekarang biasanya ada yang didalam kamar tidur..
    Jadi dikamar tidur itu sudah tersedia toilet khusus..

    Kolam renang ini merupakan area impian ku juga , seneng aja bisa berenang dirumah sendiri..
    Ditambah lagi kalo punya fasilitas gym dirumah..

    Asyique bangett dah..

  9. aku juga dong bercita cita punya kolam renang di rumah.. Hihi. Pas banget kemarin rumah mertua baru dibangun menggunakan Mu Weber. Kayanya Mu Weber ini memang merk berkualitas ya, soalnya bapak mertua nggak pernah mau make sesuatu yang kualitasnya diragukan.. hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here