Bisnis kuliner memang bisnis yang abadi dan menggiurkan, karena setiap orang butuh makan. Maka dari itu, bisnis ini salah satu bisnis favorit bagi pengusaha. Contoh nyata adalah, jika kamu melewati sepanjang jalanan Jakarta, pasti akan sering menemukan kedai atau resto yang berjejer dengan menjual makanan berbagai jenis.

Namun dengan banyaknya resto yang hadir dan terkadang ada beberapa resto yang ramai, saya ketika ingin membeli, terkadang mendapati masalah.

Sebagai seorang yang bisa dikatakan sering makan di luar, terkadang agak malas dengan mengantre. Apalagi kalau resto tersebut sedang ramai-ramainya, misalnya pas jam makan siang atau akhir pekan. Pasti pelayannya sangat sibuk, kadang pesanan kita lama banget datangnya. Eh belum sampai pesan, baru mau minta menu saja sudah lama. Pahitnya lagi adalah jika sudah pesan, pesanan kita terlupakan. Padahal suara perut sudah meronta-ronta dan pengin diisi. Nyesek banget kan?

Apakah teman-teman di sini pernah merasakan hal serupa yang saya alami? Jika iya, kita sah sebagai teman. Jadi gini, kenapa saya tiba-tiba kok menulis tentang lama mengantre di resto, milih menu, dan lainnya. Sebanya, saya kemarin menghadiri peluncuran aplikasi yang memang khusus untuk bisnis Food and Beverage (F&B). Aplikasi ini bisa mengatasi persoalan yang saya hadapi di atas

Seperti apa sih aplikasi, fitur, dan manfaatnya bagi kita sebagai konsumen? Simak ya ulasannya, semoga teman-teman di sini jika sudah memiliki aplikasi uni, ke depannya tidak menemui masalah seperti yang saya alami.

Jadi kemarin, Selasa 31 Juli 2018, saya dan beberapa teman Blogger diundang untuk menghadiri Soft Launching aplikasi Meeberian dan MeeberLite di EV Hive Plaza Kuningan. Memang sekaligus dua aplikasi kok yang dirilis, tapi penggunaan dan manfaatnya berbeda.

Soft Launching Aplikasi Meeberian dan MeeberLite
Soft Launching Aplikasi Meeberian dan MeeberLite | Foto: Salman Faris

Bagi teman-teman, jika sering membaca berita mengenai startup lokal, misalnya Startupdaily.id, Tech in Asia, atau Dailysocial pasti tahu dengan MeeberPOS. Nah, Kali ini Meeber mengeluarkan aplikasi baru lagi, yakni Meeberian dan MeeberLite.  Jika MeeberPOS adalah kasir online, atau layanan Point of Sales, maka Meeberian dan MeeberLite ini masih di bisnis yang sama. Karena dua aplikasi ini hasil pengembangan dari MeeberPOS yakni di bidang F&B yang menuntut digitalisasi operasional.

Mengenal Meeberian

Aplikasi Meeberian di Handphone
Aplikasi Meeberian di Handphone | Difoto oleh istri saya, Shintajuliana.com

Apa sih Meeberian? Jadi aplikasi ini merupakan aplikasi pintar dine-in order menggunakan teknologi QR Code sehingga dapat terkoneksi dengan restoran yang dikunjungi secara real time. Meeberian ini diperuntukkan untuk kita sebagai konsumen yang ingin datang ke restoran, kedai kopi, atau tempat makan lainnya.

Sederhananya begini, ketika kamu ingin makan di salah satu restoran yang sudah bekerja sama dengan Meeber, ketika order tinggal melihat di aplikasi Meeberian. Di aplikasi tersebut sudah ada berbagai menu, harga, bahkan nama-nama waiternya juga ada.

Jadi saat membeli makanan tidak lagi susah-susah untuk memanggil pelayan, minta menu, dan baru pesan, kemudian menunggu pesanan datang yang kita tidak tahu kapan akan dihidangkan. Karena dengan adanya Meeberian, kamu bisa order langsung melalui aplikasi di handphone kamu.

Untuk jenis pembayarannya juga terdapat beerapa pilihan, mulai dari tunai, kartu kredit, DOKU, dan Dana Wallet. Yang bikin saya ingin menggunakan aplikasi Meeberian adalah, ketika setelah kamu order, kamu akan tahu kapan pesananmu terhidang. Karena di aplikasi tersebut terdapat pemberitahuan atau notifikasinya.

Secara sederhananya sih begitu ya teman-teman. Namun jika ingin lengkap, aplikasi Meeberian ini memiliki 6 fitur yang bisa kamu nikmati.

– Easy find your favorite restaurant
– Convience and fast order
– Cashless transaction
– Claim & Store Your Reward Point
– Never Miss Dine-in Promotion
– Quick and smart system

Dengan 6 fitur di atas, ketika kamu ingin datang ke resto pasti sudah tahu dengan harga, promo, dan lain sebagainya. Intinya adalah, aplikasi Meeberian ini memudahkan kamu ketika ingin pesan makanan atau minuman di  restoran. Oh ya aplikasi ini gratis kamu unduh melalui Google Play Store.

Aplikasi MeeberLite

Jika aplikasi Meeberian digunakan oleh konsumen, maka aplikasi MeeberLite merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk merchant restoran dalam menerapkan sistem otomatisasi bisnis yang tekoneksi dengan aplikasi Meeberian.

Fitur apa saja sih didapatkan oleh merchant jika menggunakan MeeberLite?  Pertanyaan ini sangat menarik, sebabnya bisa membuat merchant akan menggunakan sistem operasionalnya lebih baik dan digital.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bisa dinikmati oleh merchant.

– Membagikan informasi mengenai kedai atau resto dengan tampilan yang bisa kita atur sendiri
– Pesanan dengan sistem cepat dan akurat
– Bantuan operasional pintar (seperti waiter calling, bill asking & notification for menu ready to pick up)
– Masukan dari pelanggan
– Mmeberikan poin reward kepada pelanggan
– Selalu mendapat masukan atau feedback dari pelanggan

Beberapa fitur di atas sangat membantu merchant untuk menaikkan omset bisnis makanan. Apalagi pihak resto bisa mengetahui pelanggan tetap dan loyal melalui aplikasi MeebrLite.

Yang menarik dan bikin ingin memakai sistem ini adalah, ketika merchant akan menggunakan MeeberLite itu gratis. Sekali lagi, gratis. Jadi bisa dikatakan MeeberLite adalah aplikasi yang akan membantu bisnis F&B tumbuh lebih cepat serta memiliki teknologi yang canggih.

“Untuk mendukung pelaku bisnis F&B menerapkan digitalisasi restoran, aplikasi MeeberLite dapat digunakan secara gratis” Ungkap Indra Sitorus selaku Chief Marketing Officer Meeber Teknologi Indonesia.

***

Saya sudah mengunduh aplikasi Meeberian
Saya sudah mengunduh aplikasi Meeberian | Foto: CeritaBangDoel

Teman-teman sudah paham kan perbedaan Meeberian dan MeeberLite. Jika teman-teman penasaran dengan aplikasinya, segera unduh ya. Saya sudah mengunduh, kamu kapan?

13 COMMENTS

  1. Menantikan banyak restoran yang akan menggunakan aplikasi MeeberLite, pelanggan jadi mudah pesan dan membayar dari aplikasi Meebrian. Tak repot untuk memesan, kini jadi lebih mudah dan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here