Jakarta adalah salah satu kota dengan tempat kuliner paling banyak di Indonesia. Ingin beli ini-itu, tersedia. Yang terpenting kita memiliki uang, pasti bisa wisata kuliner dengan berbagai macam menu.

Tidak peduli siang maupun malam, Jakarta selalu dipenuhi dengan kuliner yang menggiurkan untuk disantap. Mulai dari makanan tradisional, modern, dan bahkan khas Eropa maupun Amerika tersedia. Apapun ada.

Saya sebagai warga Jakarta yang sudah tinggal di kota ini selama tujuh tahun, ternyata masih banyaaak tempat makan yang belum saya kunjungi. Inginnya sih setiap minggu atau akhir pekan bisa mengunjungi tempat-tempat makan di berbagai lokasi di Jakarta. Harapannya bisa menyusuri setiap sudut di Jakarta untuk mencoba menu-menu baru.

Saya lebih suka mengunjungi tempat makan yang unik dan masakan tradisional. Bukan hal aneh lagi, bahwa lidah saya hingga sekarang adalah lidah kampung. Lebih milih pecel Madiun deh dibanding pizza. Wohoho. Dengan kultur dan kebiasaan dari kecil makan masakan rumah, maka saya lebih suka dengan masakan nusantara.

Ketika menikmati masakan rumahan seakan saya diajak bernostalgia dan kembali ke masa kecil. Waktu di mana saya masih tinggal di kampung dan hampir selalu menikmati masakan dari ibu. Oleh karena itu, saat saya tinggal di Jakarta, kalau ingin keluar makan, lebih sering mencari tempat makan yang menghidangkan masakan rumahan atau kuliner nusantara.

Berbicara dengan masakan rumahan, saya jadi teringat bahwa pada hari Rabu, 26 September lalu saya menghadiri grand launching Bakoel Ussy. Resto baru dari pasangan Ussy Sulistiowati dan Andhika ini berada di daerah Cawang, Jakarta.

Bakoel Ussy dan crew
Bakoel Ussy dan crew

Jika teman-teman masih ingat bahwa sekitar 2 bulan lalu, pasangan Ussy-Andhika juga telah membuka resto yang bernama “Lurik Coffee & Kitchen” di Kemang Village, Jakarta Selatan.

Bakoel Ussy adalah resto kedua dari Ussy dan Andhika. Saya akan mengulas beberapa hal yang ada di Bakoel Ussy, mulai dari lokasi, menu, konsep, dan lain sebagainya.

Lokasi Bakoel Ussy

Jika Lurik Cooffee & Kitchen lokasinya di Kemang Village, berbeda dengan Bakoel Ussy, dengan lokasinya yang bisa dikatakan berlawanan. Bakoel Ussy berada di Jl Dewi Sartika No. 192, Cawang Jakarta Timur.

Bakoel Ussy dari pinggir jalan Dewi Sartika
Bakoel Ussy dari pinggir jalan Dewi Sartika

Seperti yang saya katakan bahwa lokasi Bakoel Ussy dan Lurik Coffee Kitchen berbanding terbalik. Bakoel Ussy berada di sekitar kampus, rumah sakit, dan perkantoran. Oleh karena itu, target pengunjung Bakoel Ussy lebih ke para pekerja kantor, mahasiswa, dan tidak menutup kemungkinan para keluarga yang sedang berkunjung di rumah sakit Budi Asih.

Jalan Dewi Sartika yang ramai, membuat Bakoel Ussy bisa menjadi salah satu tempat makan yang nyaman. Selain itu, tempatnya juga sangat lega, pengunjung tak usah khawatir dengan tempat parkir. Dengan tempat yang menjorok ke dalam, maka pengunjung bisa menikmati sajian menu di Bakoel Ussy berlama-lama.

Bakoel Ussy dari depan
Bakoel Ussy dari depan

Konsep Bakoel Ussy

Lagi-lagi Bakoel Ussy memmpunyai konsep yang berbeda dengan Lurik Coffee & Kitchen, resto pertamanya Ussy dan Andhika. Bakoel Ussy mengusung konsep seperti warteg. Jadi pengunjung bisa mengambil makanan atau menu sesuai selera.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi harga menu yang dihadirkan Bakoel Ussy juga terjangkau. Hal ini karena ceruk yang disasar oleh Bakoel Ussy berbeda dengan Lurik Coffee & Kitchen. Dengan uang lima puluh ribu saja, pengunjung bisa menikmati berbagai sajian menu hingga kenyang.

Konsep menu dari Bakoel Ussy menyajikan masakan rumahan. Hal ini membuat kita akan terasa nyaman ketika menikmati menu di Bakoel Ussy.

Coffeeshop Bakoel Ussy Tingwe
Coffeeshop Bakoel Ussy Tingwe

Sudah itu saja? Tentunya belum selesai. Di Bakoel Ussy, juga ada kedai kopi! Ya, bagi anak-anak milenial ataupun pekerja yang ingin nongkrong menghabiskan waktu untuk bercengkrama atau meeting, bisa di kedai kopi Bakoel Ussy, yang diberi nama Tingwe Bakoel Ussy. Bagi teman-teman yang ingin sekadar nongkrong tanpa makanan berat, bisa mencoba ke coffeeshop-nya.

Menu Bakoel Ussy

Seperti yang sudah saya info di awal bahwa Bakoel Ussy memiliki menu masakan rumahan. Oleh karena itu, tampaknya hampir semua menunya bisa menjadi favorit. Apa saja sih menunya? Di Bakoel Ussy kamu bisa mencicipi daging kecombrang, paru bacem, jengkol balado, gabus pete jelolotan, empal gepuk, cumi lombok ijo, dan masih banyak masakan rumahan lainnya.

Saya dan Mba Elly Nurul mencoba menu di Bakoel Ussy
Saya dan Mba Elly Nurul mencoba menu di Bakoel Ussy | Foto: Amallia Sarah

Mengenai harga, Bakoel Ussy sangat berhabat di kantong, kok. Misalnya Paru Bacem hanya 20 ribu saja. Lalu gabus pete jelolotan juga dibanderol 20 ribu. Seperti niat awal Bakoel Ussy didirikan, yakni dengan konsep warteg. Harganya terjangkau untuk semua kalangan.

Nah, jika teman-teman ingin mencoba nongkrong atau mengajak keluarga, teman, kolega atau pasangan, Bakoel Ussy bisa jadi salah satu alternatif tempat makan yang bisa dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here