Beberapa waktu lalu saya telah menulis mengenai pentingnya branding di dunia digital, kini saya akan sedikit meneruskan informasi tersebut mumpung ada waktu kosong untuk menuliskannya.

Di dunia digital seperti sekarang, terlebih lagi kota-kota besar di Indonesia dalam mencari informasi sebagian besar dari internet. Apalagi generasi Milenial dan Z, hampir setiap saat mengakses internet.

Dengan beredarnya banyak informasi dari berbagai sumber dan media online di masyarakat, kini banyak sekali media online yang bermunculan. Baik dikelola oleh segelintir orang, maupun memiliki tim dengan puluhan orang. Baik dengan dana yang pas-pasan maupun dengan modal besar.

Media online kini menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat. Maka jika akhir-akhir ini banyak menemukan berita hoax atau informasi palsu, pasti yang akan dirugikan masyarakat itu sendiri. Dengan berbagai tujuan dan kepentingan yang dilakukan oleh media online, membuat kita sebagai masyarakat harus lebih hati-hati dalam membaca dan menyebarkan berita di media sosial.

Saya sebagai generasi milenial yang sehari-harinya mengakses internet selalu memilah dan mengkurasi berita yang akan dibaca maupun disebarkan. Langkah tersebut saya lakukan sebabnya, saya tak ingin menjadi orang yang ikut-ikutan arus dan mudah menyebarkan suatu berita tanpa tahu kebenaran berita.

Terlebih lagi saat ini menjelang Pilkada dan pemilihan presiden, yang tinggal beberapa bulan membuat informasi di media online terus berseliweran dengan berbagai berita yang menjelekkan pihak A, B, C, dan lain sebagainya. Terkadang saya malas ingin membaca suatu berita. Apalagi dari media online yang tak jelas asalnya.

Menyikapi kondisi di atas, saya sebagai blogger terkadang gatal ingin membuat postingan untuk meng-counter atau meluruskan berita hoax. Tapi, niatan saya terhalang oleh berbagai alasan yang bisa menyebabkan karir maupun kehidupan saya di masa depan terhalang.

Dari hal tersebut, setidaknya dalam menulis artikel di blog maupun di sosial media, saya tak ikut arus dan berkecimpung untuk mendewakan si A dan membenci si B. Justru saat ini saya sebisa mungkin menghindari membaca berita-berita yang berkaitan dengan politik. Bukan, bukannya saya anti politik. Perkembangannya pun masih saya ikuti, meskipun tak terlalu update.

Kini saya lebih suka membaca informasi yang berkaitan dengan teknologi khususnya perkembangan startup di Indonesia maupun dunia. Hal ini selain saya baca, juga untuk ajang belajar dan mengamati bagaimana langkah-langkah yang diambil oleh founder maupun petinggi startup.

Mungkin bisa dikategorikan saya menjadi anti mainstream. Karena sebagian besar di masyarakat kita sedang riuh mengenai politik dan lain sebagainya.

Oleh karena itu beberapa terakhir saya sedang mengembangkan situs khusus yang memberikan infromasi mengenai perkembangan startup di Indonesia. Tentunya untuk update-nya tak akan setiap hari karena keseharian saya terbagi-bagi oleh beberapa pekerjaan. Perkenalkan situs yang baru saya lahirkan dan semoga bisa tumbuh dan berkembang, yakni bernama startupdaily.id

Lahir, Tumbuh dan Berkembang
Lahir, Tumbuh, dan Berkembang

Mungkin tak akan ada bedanya jika kita lihat Tech in Asia maupun TechCrunch, akan tetapi ini akan menjadi berbeda karena informasi yang ada akan dikemas dengan cara bertutur serta bahasanya mudah dicerna.

Tak ada visi dan misi yang jelas, saya hanya melakukan apa yang ingin saya kerjakan. Tak ada alasan mengapa saya buat situs ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here