Ingat gak beberapa tahun lalu saat kita mencari guru les itu lumayan susah. Meskipun dulu tempat les atau bimbel sudah banyak, tapi itu kebanyakan hanya di kota-kota besar saja. Jika tinggal di daerah, maka kita akan susah untuk menemukan.

Namun di era digital seperti sekarang, kita dimudahkan dengan banyaknya layanan belajar maupun mengajar melalui online. Dengan belajar atau mengajar online, kita tidak perlu susah untuk datang ke lokasi belajar. Keuntungan lainnya adalah kita juga bisa meminimalisir biaya, salah satunya adalah transportasi. Karena kita hanya membutuhkan koneksi internet.

Dengan banyaknya website maupun aplikasi pendidikan berbasis online ini, masyarakat diuntungkan dan dimudahkan ditambah lagi penggunaannya mudah. Akan tetapi terkadang kita bingung ingin belajar atau mengajar di mana.

Tapi sekarang saya sudah bisa memastikan mau belajar atau mengajar di mana. Hal ini karena saya pada Sabtu, 6 Januari 2018 kemarin bersama teman-teman blogger diundang dalam acara “Meet & Greet Blogger & Media Gathering, Aplikasi Realcom” di Bebek Renon, Jl. Ampera Raya, Jakarta.

Orang di Balik Realcom
Ki-ka. Kiki Handiyani, Risanda Wijaya HP, Endang Purwati, Sevriani. Sumber. Addo

Pada acara tersebut, kami dijelaskan oleh CEO sekaligus Founder Realcom, yakni Risanda Wiajaya HP. Selain CEO, ia juga sudah berpengelaman selama 34 tahun mengajar bahasa inggris. Lantas apa saja sih aplikasi Realcom itu?

Realcom adalah aplikasi belajar-mengajar yang bisa diakses dari seluruh dunia. Jadi kita bisa mengajar maupun belajar di Realcom kapan pun dan di manapun tanpa batas wilayah tertentu. Yang menariknya adalah, baik pelajar maupun guru di Realcom tidak hanya dari Indonesia saja.

Banyak fitur yang terdapat di aplikasi ini dan yang terpenting adalah gratis. Ada beberapa fitur maupun layanan yang menjadi keunggulan dari Realcom. Berikut ini fitur-fitur yang ada di Realcom.

Saat Meet & Greet Blogger and Media Gathering
Saat Meet & Greet Blogger and Media Gathering

Video Call dan Video Conference

Layanan ini bisa memudahkan guru maupun murid yang ingin memberikan informasi secara jelas dan realtime. Kita juga dapat menggunakan layanan ini tanpa lewat aplikasi, karena PC/dekstop juga sudah mendukung untuk video call, kita tinggal mengakses websitenya saja.

Chatting Tanpa Batas Karakter

Chatting di sini berbeda dengan layanan chatting lainnya. Karena fitur chatting pada aplikasi Realcom tidak dibatasi karakternya. Jadi kita bisa menulis atau mengobrol dengan teman, guru, dan murid dengan kalimat yang panjang. Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan jelas.

Grup Tanpa Dibatasi Member

Fitur selanjutnya yang ada di Realcom adalah, guru bisa membuat grup. Pengajar bisa mengajarkan satu tema yang dikuasai oleh pengajar. Bukan hanya itu saja, grup di Realcom juga tidak dibatasi dengan jumlah membernya. Jadi, komunitas ataupun forum yang ingin membuat grup di Realcom, semua anggotanya bisa dimasukkan ke dalam grup.

Scheduling

Kamu jadi pengajar dan lumayan sibuk? Di aplikasi Realcom, kita bisa menggunakan fitur scheduling. Fitur ini bisa mempermudah baik pengajar atau pelajar. Karena pelajar akan tahu kapan waktu yang tepat saat menghubungi guru.

Apakah layanannya itu saja? Tentu saja tidak. Karena masih ada sederet layanan yang ada di Realcom. Yang bikin saya suka dengan aplikasi ini adalah, informasi atau berita yang ada di Realcom ini dipastikan tidak hoax, tidak ada berita SARA atau pornografi. Karena setiap informasi yang disebarkan oleh pengguna, akan disaring oleh tim Realcom.Itulah beberapa fitur yang ada di Realcom. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Play store maupun App store.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here