Data pengguna internet di Indonesia menurut Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017 adalah sebanyak 143,26 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk sekitar 262 juta, maka lebih dari setengah penduduk di Indonesia sudah mengenal internet.

Saat ini internet sudah dikenal oleh hampir dari segala usia. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, bahkan sampai lansia. Internet telah menjadi hal yang umum di kehidupan sehari-hari. Rasanya, jika tidak mengakses internet dalam sehari itu ada yang kurang.

Dengan perkembangan teknlogi yang semakin cepat, kita sebagai pengguna harus bisa memilah dan memilih bagaimana menggunakan internet. Pasalnya, internet bisa menjadi senjata yang paling ampuh untuk melakukan sesuatu. Tergantung dari penggunanya, bisa digunakan untuk kebaikan, pun sebaliknya bisa juga digunakan untuk melakukan kejahatan.

Pertumbuhan Pengguna Internet

Jika kita melihat data dari APJII mengenai pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, setiap tahun angkanya terus melonjak. Namun yang menjadi catatan penting adalah, sekitar empat tahun ke belakang, lonjakan angkanya sangat tinggi. Salah satu contohnya adalah pada tahun 2013, pengguna internet di Indonesia sebesar 82 juta jiwa. Kemudian di tahun 2017, melambung di angka 143,26 juta jiwa. Hampir 100 persen.

Dengan pertumbuhan angka yang terus melonjak, Indonesia adalah salah satu negara dengan pasar yang empuk untuk dijadikan target berjualan produk melalui online. Hal ini bukan omong kosong belaka, karena akhir-akhir ini banyak berdatangan marketplace atau toko online yang berasal dari luar negeri.

Munculnya Marketplace

Beberapa perusahaan atau startup jenis marketplace dari luar negeri enam tahun terakhir telah berdatangan dan beroperasi di Indonesia. Hal ini karena Indonesia adalah ceruk yang tepat untuk ladang berjualan.

Marketplace lokal pun juga tidak mau ketinggalan. Beberapa startup jenis ini lahir dan ikut meramaiakan dunia marketplace di Indonesia. Namun, seperti kita ketahui bahwa banyak juga yang gagal atau tumbang di tengah jalan.

Masih data dari APJII menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia dalam mengakses internet memiliki beberapa kegiatan. Mulai untuk kerja, mencari berita, berbelanja, bermain sosial media, dan lain sebagainya.

Internet Untuk Mencari Informasi

Mencari informasi kini sangat mudah dengan adanya internet. Apa-apa dicari di internet. Mudahnya mengakses internet membuat masyarakat kini lebih memilih internet dalam mencari informasi.

Kegiatan tersebut juga sering saya lakukan. Ketika ingin mencari sesuatu, hal yang paling mudah saya lakukan adalah dengan menggunakan internet. Contoh yang baru saja saya lakukan adalah dengan mencari harga handphone. Saya mencari harga hp vivo7+ di Google dan muncul banyak jawaban serta pilihan.

Mudahnya mengakses internet membuat kita sebagai pengguna jadi kecanduan dan ingin terus berlama-lama mengakses internet. Internet bisa dikatakan telah menjadi teman sejati dalam kehidupan.

Salah satu sudut ruangan, yang dijadikan tempat kerja
Salah satu sudut ruangan di rumah yang saya jadikan tempat kerja (berselancar di ineternet)

Lalu, sebenarnya berapa lama sih rata-ra orang Indonesia ketika mengakses internet dalam sehari?

Menurut APJII, rata-rata orang Indonesia dalam menggunakan internet adalah 1-3 jam dalam sehari (43,89%). Selain itu juga ada yang 4-7 jam dalam sehari (29,63%). Bahkan ada yang lebih dari 7 jam sehari (26,48%).

Melihat data di atas kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa masayarakat Indonesia sering mengakses internet. Hal ini juga saya rasakan sendiri, saya bisa mengakses lebih dari 4 jam dalm sehari.

Aktivitas saya saat mengakses internet adalah seperti membuka sosial media, berkomunikasi (chat) dengan teman, mencari informasi, dan lain sebagainya. Oh ya, kalau kamu, kira-kira berapa lama sih dalam sehari menggunakan internet? Selain untuk ngepoin sosial medianya mantan, apa sih kegiatan kalian? Eh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here