ROBIT.ID -Jakarta adalah kota terpadat di Indonesia, namun sepertinya penduduk di Jakarta sudah tak menghiraukan persoalan ini. Bukti kepadatan penduduk di ibukota ini juga didukung dengan data dari Badan Pusat Statistik DKI Jakarta tahun 2016, bahwa jumlah penduduk Jakarta kurang lebih 10,3 juta jiwa. Dengan luas wilayah hanya sebesar 661km, jelas masalah kepadatan penduduk ini membutuhkan perhatian khusus, apalagi jumlah ini terus mengalami pertambahan dari tahun ke tahun.

Hal yang memprihatinkan lagi adalah, di kota ini rumah yang tidak layak huni mencapai angka 20 ribu rumah. Angka yang besar bagi satu kota. Meskipun demikian, Pemprov DKI tidak berdiam soal rumah tak layak huni.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com (20/03/2017) “Saya ini Wali Kota Blitar yang dikenal bisa membedah lebih dari dua ribu rumah di Blitar,” kata Djarot Saiful Hidayat. “Di sini mungkin bisa 20 ribu lebih rumah kumuh, ini yang kita bedah,” ujarnya.

Program Baru Bedah Rumah

Pemprov DKI bersama perusahaan swasta telah mencanangkan program bedah rumah pada awal tahun 2017. Dan mereka memulai pembangunan atau beda rumah di kelurahan Cilincing, Jakarta Utara pada bulan April. Sebanyak 67 rumah warga Cilincing diuji coba untuk dibedah, rencananya pemabngunan ini akan selesai pada Desember tahun ini. Namun perkiraan tersebut maalah meleset dan pengerjaan bedah rumah selesai lebih awal dari yang direncanakan.

Dipilihnya Cilincing karena kelurahan ini dinilai salah satu kelurahan dengan tingkat kemiskinian yang tinggi. Dalam pengerjaan ini Pemprov DKI dibantu oleh perusahaan swasta, salah satunya adalah PT. Tata Logam Lestari dan dikerjakan oleh Pasukan Pelangi.

Peresmian Program Bedah Rumah

Hal yang ditunggu-tunggu oleh warga Cilincing akhirnya datang juga. Pada Kamis, 28 September 2017 Pemprov DKI meresmikan 67 rumah yang telah dibedah. Peresmian ini langsung diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Djarot Syaiful Hidayat.

Pada saat sambutan, Djarot mengatakan bahwa program bedah rumah ini adalah buah gagasan dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thaja Purnama (Ahok).

“Waktu itu, (berpikir) bagaimana ya caranya untuk melakukan revitalisasi lingkungan yang kumuh di Jakarta,” kata Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat meresmikan program bedah rumah, Kamis (28/9/2017).

Testimoni dari Warga Cilincing dalam acara peresmian Program Bedah Rumah
Testimoni dari Warga Cilincing dalam acara peresmian Program Bedah Rumah

Pada acara peresmian tersebut, terdapat pula testimonial dari warga yang menceritakan selama berpuluh-puluh tahun tinggal di rumah yang kurang layak. “kalo hujan, atap rumah kami bocor” ungkap salah satu perwakilan warga Cilincing.

Djarot Syaiful Hidayat foto bareng dengan warga Cilincing (28/9/2017)
Bpk. Djarot Syaiful Hidayat foto bareng dengan warga Cilincing (28/9/2017)

Setelah usai peresmian prorgam bedah rumah, Gubernur DKI Jakarta, Bapak Djarot beserta tim mengunjungi hasil rumah yang telah dibedah.

Harapan Semoga Program ini Terus Berlanjut

Program bedah rumah ini terus berlanjut. 67 rumah di Cilincing tersebut hanya sebagai uji coba saja. Pemprov DKI masih membangun rumah-rumah warga DKI Jakarta.

“Saya sampaikan, ini adalah program yang sudah diletakkan di dalam program Pemprov DKI Jakarta, maka kita doakan saja agar program yang baik ini untuk diteruskan,” pungkas Djarot.

***

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa Pemprov DKI bekerjasama sengan perusahaan swasta, salah satunya adalah PT. Tata Logam Lestari. Perusahaan ini adalah perusahaan genteng metal dan baja ringan yang telah berdiri sejak tahun 1994 silam. Dengan pengalaman dan perjalanannya selama 23 tahun, perusahaan ini memiliki program salah satunya adalah rumah DOMUS. Rumah Domus adalah rumah permanen instant.

Dengan menggunakan sistem tersebut, saat memebangun rumah akan jadi lebih cepa. Keunggulan dari sistem ini adalah Kuat, Cepat, Hemat dan Indah.

DOMUS memiliki 3 Pilihan Paket :

    • Paket Rangka meliputi : Rangka PRAKTIS, Rangka Kuda – Kuda TASO, Rangka Plafond, Genteng metal Sakura MX.
    • Paket Putih meliputi : Paket Rangka ditambah Bata ringan, roster keramik, Kloset + kran, Jendela, Pintu dan Penutup Plafond, Instalasi listrik dan Air.
    • Paket Komplit meliputi : Paket Putih ditambah Plesteran + aci ( Bagian Luar ), Aci ( Bagian Dalam ) dan Pengecatan.

Catatan : Tidak termasuk Pondasi, Septic tank, Lampu, dan Biaya pengiriman. Listrik, Air dan lantai Kerja disiapkan oleh Owner.

PT. Tata Logam Lestari
Email: contact@tatalogam.com
Tel : +62-21-5688284-85 Ext 666
Fax : +62-21-5688274

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here