Saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, kita harus bisa mengikuti perkembangannya. Bagaimanapun caranya, kita harus mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Jika tidak, kita akan tertinggal dan bisa-bisa tergilas oleh orang lain.

Perkembangan dunia teknologi khususnya internet memiliki dua sisi, positif dan negatif. Dua-duanya mempunyai dampak yang sangat besar. Ketika digunakan dengan positif, akan membantu orang lain dan bahkan jutaan orang di dunia akan terbantu. Begitupun sebaliknya, jika digunakan untuk hal negatif, akan berdampak buruk bagi orang lain, bahkan sampai di masa depan.

Indonesia adalah salah satu pengguna internet terbesar di dunia. Menurut data dari Internet World Stats, pada tahun 2017 Indonesia menempati peringkat ke 5 dengan pengguna internet terbesar di dunia dengan jumlah pengguna 143,26 juta jiwa.

Melihat data tersebut menunjukkan bahwa lebih dari setengah penduduk di Indonesia sudah mengenal internet. Uniknya lagi adalah, pengguna internet di Indonesia lebih suka menggunakan ponsel pintar atau smartphone dibanding dengan laptop atau komputer saat mengakses internet.

Menurut Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah kepemilikian perangkat dalam mengekses internet adalah sebesar 75% melalui smartphone atau ponsel pintar, dan sisanya menggunakan laptop atau komputer.

Ponsel pintar kini menjadi andalan bagi masyarakat di Indonesia. Dengan kecanggihan dan kepraktisannya, membuat ponsel pintar menjadi pilihan utama bagi pengguna internet.

Perilaku Pengguna Internet di Indonesia
Data dari Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia paling banyak di rentang usia 19-34 tahun dengan 49,52%. Selain itu juga pada usia 35-54 tahun 29,55%. Generasi Milenial adalah generasi dengan pengguna internet terbanyak di Indonesia.

Dengan data di atas, maka bukan hal aneh jika kemajuan teknologi menyasar kepada generasi milenial. Saya sebagai generasi milenial juga mengakui bahwa teman-teman saya adalah pengakses internet yang akut. Gak mau ketinggalan berita dan ingin eksis di media sosial.

Lantas dengan data tersebut, apa saja perilaku mereka dalam menggunakan internet? Jawabannya paling tertinggi adalah chatting (89,35%), media sosial (87,13%), mencari informasi (74,84%), lihat gambar/foto (72,79%), lihat video (69,64%), download, membaca artikel dan lain sebagainya. Chatting dan media sosial menempati peringkat paling tinggi.

Smartphone Jadi Andalan Masyarakat untuk mengakses Internet
Dengan aktivitas dan perilaku masyarakat dalam mengakses internet, tentunya harus ditunjang dengan ponsel pintar atau smartphone yang andal serta memliki kualitas yang bagus. Jika tidak, aktivitas dalam berinternet akan terganggu, misalnya lambat, memori penuh, foto kurang bagus, baterai gampang habis, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, produsen smartphone di dunia maupun di Indonesia terus berlomba meracik dan menciptakan ponsel terbaik di semua kelas. Hal ini juga dilakukan oleh OPPO. Saya sebagai pengguna OPPO, selalu dimanjakan dengan inovasi-inovasi yang dihadirkan kepada penggunanya.

Oppo meluncurkan seri terbarunya OPPO F9
Oppo meluncurkan seri terbarunya OPPO F9

Inovasi teranyar yang dilakukan oleh OPPO adalah dengan meluncurkan seri terbarunya yakni Oppo F9. Nah apa saja keunggulan seri ini dibanding dengan sebelumnya, dan mengapa harus memilihnya dibanding merek ponsel lainnya? Yuk kita bahas lebih detil.

Saat saya mencoba kamera depan OPPO F9
Saat saya mencoba kamera depan OPPO F9

Desain Waterdrop Fullscreen
OPPO F9 memliliki layar dengan lebar 6,3 inci dengan resolusi full HD+ dan memliki notch sangat kecil. Desain ini disebut Oppo dengan Waterdrop Screec atau tetesan air full screen.

Notch yang kecil, ratio screen-to-body OPPO f9 mencapai 90,8 persen. Artinya, pengguna Oppo F9 bisa lebih maksimal ketika menonton video, bekerja, dan bahkan bermain games sekalipun.

Warna Gradasi pada Bodi yang Cantik
Desain pada Oppo F9 tampil lebih indah dan cantik dengan mengusung pola kelopak bunga. Jadi saat terkena cahaya, polanya akan terlihat berkilau bak berlian. Selain itu, Oppo F9 juga menggunakan teknologi Gradient Spraying guna menghasilkan warna gradasi yang memukau dan cantik.

OPPO F9 Sunrise Red
OPPO F9 Sunrise Red

Oppo F9 memiliki 3 pilihan warna, yakni Sunrise Red, Twilight Blue, dan Starry Purple. Saya sendiri menyukai warna yang pertama, yakni Sunrise Red.

Kamera + AI
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini menjadi teknologi yang sedang ramai diperbincangkan. Kamera depan Oppo F9 memiliki resolusi 25 MP dan juga dilengkapi dengan teknologi AI versi terbaru yakni AI Beauty 2.1 . Dengan menggunakan AI, foto yang akan dihasilkan saat selfie maupun wefie akan tampak lebih bagus dan keren.

Mencoba Kamera depan OPPO F9
Mencoba Kamera depan OPPO F9

Di kamera belakang terdapat dua kemera yang memiliki kombinasi 16 MP, 2 MP, PDAF, AI, dan LED Flash, yang akan menghasilkan foto bokeh dengan cepat. Foto bokeh atau latar blur saat ini sedang ngetren di masyarakat. Dengan hal ini kamu bisa menggunakan Oppo F9 tanpa perlu menambahkan alat dan keahlian khusus.

Efek Kamera Bokeh Oppo F9
Efek Kamera Bokeh Oppo F9

Finger Print & Face Unlock
Pada ponsel Oppo F9 di bagian belakang disematkan sensor fingerprint. Fungsinya adalah mampu mengenali sidik jari dengan instan, hal ini bisa memudahkan pengguna saat membuka kunci ponselnya.

Tak hanya fingerprint saja, akan tetapi Oppo F9 juga dilengkapi dengan Face Unclock sebagai alternative. Fitur ini mampu membuka kunci ponsel hanya dengan menghadapkan wajah kita di bagian depan ponsel.

Baterai + VOOC Flash Charge
Nah yang ini adalah fitur utama atau keunggulan yang paling canggih pada Oppo F9 adalah VOOC Flash Charge. VOOC adalah teknologi pengisian ulang instan dengan tegangan rendah yang dikembangkan oleh OPPO mulai tahun 2014 yang kini telah memiliki 500 inovasi yang sudah dipatenkan.

Dengan adanya VOOC, Oppo F9 bisa mengisi daya lebih cepat hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan pengisi daya lainnya. Bahkan, hanya dengan mengisi daya 5 menit saja, akan mampu digunakan untuk bicara atau telepon selama 2 jam. Benar-benar inovasi yang luar biasa dari Oppo.

VOOC Flash Charge pun dilengkapi dengan lima lapisan pelindung yang ada pada bagian adaptor, kabel USB, baterai, konektor baterai, dan charging port. Hal ini akan membuat perangkat tetap aman meski sedang diisi daya.

Oh ya tambahan lagi, bahwa OPPO F9 ini memliki RAM 4GB dan memori internal sebesar 64GB serta menggunakan sistem operasi ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Baterai pada Oppo F9 memiliki kapasitas 3.500 mAh. Ponsel cantik dan elegan ini dibanderol dengan harga 4,3 juta.

***

Dengan spesifikasi dan keunggulan dari OPPO F9, maka saya bisa merekomendasikan kepada teman-teman bahwa ponsel ini cocok untuk yang suka chatting, sosial media, nonton video ataupun bermain games dan aktivitas lainnya.

Salah satu contoh yang bisa diandalkan adalah hasil kameranya yang elegan. Hal ini akan membuat sosial media teman-teman khususnya instargam akan lebih tampil bagus jika menggunakan kamera Oppo F9. Dengan berbagai fitur dari kamera Oppo F9 akan membuat feeds instragrammu lebih rapih.

Istri saya mencoba kamera stiker Oppo F9
Istri saya mencoba kamera stiker Oppo F9

Selain itu fitur-fitur yang ada pada kamera OPPO F9 juga ada berbagai macam. Ada fitur stiker. Jadi saat kita foto, bisa ditambah dengan adanya berbagai macam jenis stiker. Selain itu juga ada fitur Slo-Mo. Yang paling saya suka adalah video slo-mo. Saya menjajal menggunakan video jenis lambat ini. Hasilnya lumayan bagus tanpa perlu ada tambahan edit video lainnya.

Oppo F9 ukurannya pas di kantong
Oppo F9 ukurannya pas di kantong

Membuat video dengan fitur slow motion sangat mengasikkan. Hal ini juga bisa diunggah di instagram dengan kekreatifan masing-masing. Bukan hanya itu saja, pada Oppo F9 juga memiliki fitur kamera AI Scene Recognition untuk mengidentifikasi objek  seperti karakter, interior ruangan, dan makanan.

Fitur-fitur kecanggihan tersebut hanya bisa kamu dapatkan di Oppo F9. Jadi, teman-teman yang saat ini sedang bingung ingin membeli ponsel atau smartphone, Oppo F9 bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi tautan di bawah ini:
http://oppo.com/id/smartphones dan http://f9.oppomobile.id/ untuk kesempatan memenangkan OPPO F9.

11 COMMENTS

  1. Duuuh makin canggih aja ya smartphone jaman now. AI, jadi ingat skripsinya temen tentang itu #lha. Desainnya elegan banget. Baru ada warna merah aja ya kak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here