Di zaman yang serba digtal seperti saat ini, apa-apa sekarang bisa dilakukan melalui online. Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 143,27 juta. Artinya, lebih dari setengah penduduk di Indonesia telah menggunakan internet.

Hal-hal yang dulu dianggap tidak mungkin, sekarang bisa dilakukan hanya melalui ponsel pintar. Misalnya video call, chatting, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, akan tetapi hampir semua bisa kita lakukan melalui internet. Internet telah mengubah perilaku dan gaya hidup masyarakat. Baik di Indonesia maupun di dunia.

Hal yang sedang ramai di masyarakat adalah saat ini banyak orang yang berbelanja melalui internet, atau bisa dikatakan dengan belanja online. Mungkin beberapa tahun lalu, atau sekitar sepuluh tahun lalu, belanja online dianggap tabu, atau aneh. Namunkini, belanja online sudah menjadi tren di masyarakat.

Jika diadakan survei mengenai pernah melakukan belanja online, maka akan menjawab hampir semua pengguna internet telah melakukan belanja online. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika ada hari khusus belanja online nasional, atau disingkat dengan Harbolnas.

Saat Harblognas tiba, hampir semua toko online di Indonesia menyediakan promo harbolnas. Diskon yang ditawarkan sangat besar dan menggiurkan. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu ada toko online yang mengeruk keuntungan yang besar dari harblognas.

Adanya harbolnas membuat kita sebagai konsumen diuntungkan. Harga-harga yang biasanya mahal, dibanting dengan diskon yang gila-gilaan. Namun, dengan adanya Harbolnas, kita harus berhati-hati dan lebih bijak saat ingin berbelanja.

Berikut saya berikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum kalap berbelanja. Apa saja?

Lihat Toko Online

Saat ingin berbelanja di toko online, apalagi Harbolnas, maka kamu harus bijak dan teliti sebelum berbelanja. Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cek toko online.

Langkah pertama ini sangat menentukan transaksi belanjamu ke depannya. Cari tahu track record dari toko online tersebut. Apakah ada masalah, atau ada hal-hal lain yang mengganjal. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada teman atau orang lain yang pernah berbelanja kepada orang lain.

Testimoni dari teman, sahabat, atau orang lain itu sangat penting. Karena saya juga kadang berbelanja itu direkomendasiin oleh teman. Hal sebaliknya juga saya lakukan kepada teman maupun sahabat saya ketika ingin berbelanja sesuatu.

Cek Lengkap Barang yang Ingin Kamu Beli

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan cek detail barang yang akan kamu beli. Misal kamu membeli laptop, maka kamu harus lebih teliti dalam melihat spesifikasi, harga, merk, dan lain sebagainya.

Dengan langkah tersebut, kamu sudah meminimalisir akan terjadinya pembelian barang palsu. Jika tidak kamu cek dengan teliti, bisa-bisa kamu akan mendapatkan penyesalan di kemudian hari.

Bandingkan Harga dengan Toko Online Lain

Mudahnya berbelanja online ini membuat kita lebih mudah juga untuk membandingkan suatu barang ke toko online lain. Jika di pasar tradisional atau toko konvensional, untuk membandingkan harga itu butuh effort yang lebih, karena harus jalan ke satu toko ke toko lain.

Beda hal jika kamu membandingkan harga di toko online. Kamu hanya pergi ke alamat website toko online, dan tinggal membandingkan satu demi satu. Sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Membandingkan harga melalui toko online juga tidak membuat kita sungkan atau malu kepada pemilik toko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here