Perkembangan teknologi di Indonesia beberapa tahun terakhir sangat cepat sekali. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang melakukan inovasi teknologi agar tidak ketinggalan dengan perusahaan lain. Kondisi seperti ini menjadi perhatian khusus bagi PT. XL Axiata.

Di usianya yang menginjak 21 tahun, XL juga menghadirkan dan memperkenalkan Virtual Assistant yang dinamakan MAYA untuk layanan XL Digital Care. Layanan Chatbot ini resmi beroperasi mulai tanggal 18 Oktober 2017 melalui berbagai channel Digital Care untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

“Kami menyadari perlunya keleluasaan dan kenyamanan pelanggan dalam menyampaikan masukan dan keluhannya. Oleh karenanya, jalur konvensional dan digital terus kami tingkatkan untuk kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Virtual Assistant MAYA merupakan implementasi dari upaya tersebut, yang kami harapkan dapat memberikan pengalaman positif kepada pelanggan dalam berkomunikasi dengan Customer Service XL Axiata menjadi lebih baik, cepat, mudah, dan menyenangkan. Kami juga berharap, sosok Virtual Assistant ini bisa ikut meningkatkan kualitas layanan kami dari segi kemudahan, solusi yang diberikan, hingga menjalin kedekatan antara XL Axiata dan pelanggan” ungkap CMO PT. XL Axiata, David Arcelus Oses. Nama MAYA sendiri merupakan singkatan dari “My XL Assistant”.

Menurut kabar yang beredar, MAYA merupakan bentuk kerjasama dengan startup pengembang layanan Chatbot, yakni Botika. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Founder Botika, Ditto Anindita “Kami menawarkan solusi chatbot ke XL Axiata langsung. Saat itu memang ada rencana dari XL juga untuk membuat chatbot guna keperluan customer service. Setelah melalui proses pitching dan procurement, maka Botika terpilih sebagai vendor chatbot. Chatbot yang menjadi project awal di deploy di Facebook Messenger. Chatbot ini juga merupakan proof of concept yang setelah sukses lalu dilanjutkan ke Line,”.

Berbicara soal layanan chatbot seperti ini, perusahaan lain juga banyak yang sudah menggunakan konsep seperti ini. Semoga dengan adanya layanan terbaru dari XL ini, para pelanggan bisa lebih mudah dalam hal mendapatkan informasi dan serta mudah mendapatkan layanan dari MAYA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here