Mungkin bagi teman-teman yang sudah berkecimpung lama di dunia blogging atau pelaku digital marketing, pasti sudah tahu tentang SEO. SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization.

Topik SEO akhir-akhir ini memang sedang hangat diperbincangkan di kalangan blogger. Saya adalah blogger yang mengikuti beberapa komunitas blogger, di dalam komunitas juga sering membahas SEO.

Nah pertanyaannya adalah; seberapa penting sih kita sebagai blogger paham SEO dan syukur-syukur bisa mengaplikasikannya pada blog sendiri? Untuk itu, saya akan membahas tentang penting tidaknya SEO bagi blogger. Oh ya, ini adalah pendapat saya pribadi, jika ada yang tidak setuju, tidak masalah.

SEO Bagi Blogger, Penting Gak Sih
SEO Bagi Blogger, Penting Gak sih?

Mengenal SEO

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Sederhananya begini, kita bisa mengoptimasi tulisan kita di mesin pencarian melalui kata kunci tertentu yang kita bidik.

Misalnya saya menulis di blog dengan judul “Cara Membangun Personal Branding“. Nah saya bisa mengotimasi judul tulisan tersebut di halaman satu Google, gitu.

Sederhananya seperti itu. Tapi, apakah semudah itu? Tentu tidak. Karena ilmu SEO itu mahal, dan SEO itu tak melulu dengan teknis, akan tetapi di dalamnya juga terdapat seninya.

Belajar SEO

Saya adalah blogger yang sama sekali tak memikirkan tentang SEO, awalnya. Tapi semakin ke sini, saya sedikit demi sedikit untuk bisa menulis dengan ‘cara yang SEO’. Meski saya juga tidak paham-paham amat mengenai SEO, tapi dengan praktik langsung menulis SEO saya yakin akan paham.

Belajar SEO itu tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Kuncinya adalah belajar dan terus belajar. Dan yang perlu diingat adalah, setiap praktisi SEO memiliki caranya masing-masing.

Jaid misalnya kamu belajar dari praktisi SEO A, tentu akan sedikit berbeda dengan apa yang diajarkan oleh praktisi SEO B. Namun, jangan bingung. Karena meski teknisnya berbeda, tetapi tidak signifikan kok.

Saya pertama kali belajar SEO dari komunitas blogger yang saya ikuti, yakni Blogger Jakarta. Karena banyak anggotanya yang membahasnya di grup Whatsapp.

Selain itu, saya kadang juga belajar otodidak dengan mencari referensi di internet. Tapi, ilmu ini benar-benar bikin pening. Karena mengoptimasi sebuah kata kunci itu bisa memerlukan waktu yang cukup panjang.

Tak selesai sampai di situ, masih lagi harus mengalahkan yang sudah muncul di halaman teratas. Jadi, kalau ditanya belajar SEO itu mudah atau sulit. Menurut saya sulit.

Belajar SEO Offline

Saya sering kok menghadiri workshop maupun sharing session mengenai ilmu SEO. Meski sampai sekarang ilmunya gak sepandai para praktisi SEO di luaran sana.

Workshop SEO terakhir yang saya ikuti adalah “Workshop Blogger – Penulisan Search Engine Optimization” yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri, pada Selasa, 07 Agustus 2018 di Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta Selatan. Akhir-akhir ini saya memang sedang agak serius menggeluti ilmu SEO, makanya saat diajak untuk workshop ini sangat antusias.

Acara dimulai dengan pengenalan Mandiri Online oleh Mba Fushiko Binar Ardani selaku Transaction Banking Retail Sales. Ia mempresentasikan mengenai Mandiri Online.

Mba Fushiko saat mempresentasikan Mandiri Online
Mba Fushiko saat mempresentasikan Mandiri Online

Jadi Mandiri Online adalah layanan integrasi dari mandiri internet dan mandiri mobile. Mandiri Online hadir dengan wajah baru yang menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi finansial.

Mandiri Online bisa teman-teman unduh di App Store maupun di Google Play Store. Untuk mendaftar dan mengaktifkan, teman-teman bisa datang ke cabang bank Mandiri terdekat.

Setelah penjelasan mengenai Mandiri Online dari Mbak Fushiko, acara yang saya tunggu-tunggu akhirnya dimulai juga. Saatnya belajar SEO dari pakarnya langsung!

Rendy Doroii Saat Mengajarkan SEO
Rendy Doroii Saat Mengajarkan SEO

Workshop SEO ini pembicaranya adalah Rendy Doroii Herison, atau biasa dipanggil dengan Doroii. Ia adalah praktisi SEO yang sudah berpengalaman bertahun-tahun. Saat ini ia bekerja di Medialogy, digital agency di Jakarta. Mas Doroii mengajarkan kepada peserta mengenai pentingnya SEO.

Judul Tulisan

Ia muai dari judul tulisan. Setelah membuat judul tulisan, kita juga harus mengatur url link. Nah dalam mengatur link, harus efektif dan gak usah panjang-panjang.

Oh ya, Mas Doroii dalam menerapkan penulisan SEO ini menggunakan platform wordpress dengan plugin Yoast SEO. Enaknya menggunakan plugin ini adalah kita sudah diberi tahu kekurangan tulisan kita. Karena plugin ini memiliki indikator. Misalnya di dalam tulisan kurang banyak kata kunci, dan lain sebagainya.

Meta Deskripsi

Setelah judul tulisan, ia menekankan pentingnya meta deskripsi. Meta deskripsi adalah penjelasan singkat mengenai isi dari tulisan. Dalam membuat meta deskripsi harus mengandung kata kunci yang dibidik yang ada pada judul tulisan.

Internal Link

Setelah meta deskripsi, ia juga menjelaskan tentang pentingnya internal link. Jadi ketika kita menulis, di dalam artikel tersbeut mengandung kata yang menyinggung tentang kata atau kalimat yang pernah kita tulis sebelumnya, maka harus dikaitkan link tersebut.

Internal link ternyata sangat berpengaruh dalam ilmu SEO. Sebelumnya saya tidak pernah menerapkan ini di dalam blog.

Tak hanya internal, outbound link pun ternyata juga penting. Namun yang perlu diperhatikan adalah dalam membuat outbound tidak sembarangan. Harus kepada website yang memiliki authority yang lebih besar dibanding blog kita. Misalnya Wikipedia, Quora, dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak yang diajarkan. Tapi setidaknya dari 3 cara teknis tersebut jika dilakukan dengan benar dan konsisten, tulisan kita bisa muncul di halaman teratas. Satu lagi, heading 1, 2, dalam artikel juga sangat berpengaruh.

SEO itu penting gak sih untuk blogger?

Nah kini saatnya menjawab mengenai judul tulisan ini. Jika ingin memiliki trafik yang lebih banyak di blog kamu, cara yang ampuh adalah dengan mengoptimasi blog. Jika ada yang bilang ‘content is king’, memang betul. Konten tetap nomor satu. Tapi, SEO juga penting.

Maka sebagai blogger, teman-teman harus belajar mengenai ilmu SEO. Karena dengan menerapkan SEO, blog teman-teman juga akan lebih dikenal oleh banyak orang.

Oh ya satu lagi, untuk belajar mengenai SEO, teman-teman bisa menerapkan pada blognya dengan mengikuti lomba blog yang diadakan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan Jadimandiri di http://bit.ly/lombaseomandiri hadiahnya banyak banget loh.

Tenang, pemenangnya tak hanya dari SEO saja kok. Tapi juga dari kreativitas konten. Cobain deh jika teman-teman mau mengetes ilmu SEO-nya.  Saya juga mau ikut, kok.

Jadi SEO itu penting gak sih? Saya dengan yakin menjawab, sangat penting! Kalau menurut kamu bagaimana?

22 COMMENTS

  1. Dari dulu masih belum paham apa itu Heading H1 H2 H3, itu apaan sih ka dan gimana nerapin.y di tulisan kita di blog?

    Terima kasih

    Plugin Yoast SEO punya fitur buat analisa kekurangan tulisan kita dari segi SEO? Enak bener ya, hmm, andai di platform blogger.com ada fitur ini, tapi kalo pun ada, masih harus nunggu untuk waktu yang belum diketahui

    • Heading 1,2,3 itu sebenernya sub judul sih. Kalau melihat postingan ini, aku pakai H2, H2, dan ada H3.

      Bener, pakai Yoast SEO lebih mudah. Jadi ga perlu bingung kurangnya gimana.

  2. yaps, seo itu penting untuk dipelajari dan diterapkan oleh semua blogger.
    namun disisi lain, awalnya seo hanyalah sebuah ilmu ‘logika query pencarian’ saja.
    tapi saat ini seo pun udah masuk kedalam kurikulum di sekolah dan penerapan seo yang kita lakukan hanyalah sebuah ‘menerka-nerka’ saja, karena pada sejatinya yang mengetahui seo itu sendiri adalah engineer google dalam semua algoritma ciptaannya dan diperuntukan untuk para pelaku bisnis online.

    balik lagi ke judul, seo itu penting nggak sih? menurut saya, seo itu penting dan kita wajib mengetahui perkembangan nya walau yang kita ketahui dan pahami hanya 50% saja agar konten kita bisa bersaing di serp.

  3. Aku utk blog traveling udah pke plugin YOAS SEO emang enak sih serasa dikritisi terus….sayang blog utama malah pke blogger.com ga ada plugin nya…tp jd lumayan belajar jg diterapkan di blog utama walau kadang lupa 🙂

  4. Menurut saya juga penting belajar SEO ini, dan saya pernah dengar sih klo Internal link itu penting, tapi sering malas menerapkannya, tapi baca postingan ini jadi diingatkan lagi. hehehe

  5. Tulisannya kece badai nih Bit. T.o.p b.g.t! Enak dibaca, mengalir, topik seberat apapun tapi jadi ringan aja dipahaminnya. Tapi memang bener kalo Content is the King!

  6. Penting bagi aku sih. Berusaha banget nerapin teori seo di tulisan, wlpn kadang2 kelewat. Hehe. Krn ibarat tabungan, tulisan ber seo bisa jadi tabungan tulisan kita di masa depan, yang ngarepnya sih jadi booming atau page one lah. Hhi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here