Saat ini bisnis online adalah salah satu bisnis yang sedang ramai diperbincangkan. Sebab bisnis ini berbeda dengan bisnis konvensional. Bahkan sangat jauh berbeda. Jika dulu pelaku bisnis adalah mereka yang telah berkeluarga, maupun yang sudah mapan dalam hal usia. Tapi bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Dengan berbagai kelebihan itulah, membuat semua orang ingin berjualan online. Cara pemasaran yang bisa dibilang mudah dan murah, menjadi poin penting mengapa kini masyarakat ingin berbisnis online.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Indonesia Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017, pengguna internet di Indonesia mencapai 143,27 juta jiwa. Melihat data ini, Indonesia adalah peluang empuk untuk berjualan melalui online.

Meski terlihat mudah dan simpel tanpa memerlukan biaya besar, akan tetapi bisnis online tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini terbukti bahwa banyak di antara bisnis online yang gagal di tengah jalan. Baik dengan modal kecil, hingga besar sekalipun.

Oleh karena itu, jika teman-teman ingin membuat bisnis online, harus mengetahui beberapa hal, agar bisnis tersebut bisa bertahan dan maju. Sebab yang namanya jadi pebisnis itu bukan seperti ketika kamu sebagai karyawan.

Tips bisnis online yang akan saya bagikan ini adalah hasil dari beberapa sumber yang saya rangkum jadi satu. Saya sendiri juga masih merintis bisnis, khususnya jasa di dunia online. Sudah berjalan beberapa bulan, namun jalan ke depan seakan terasa berat. Tapi saya masih memiliki keyakinan, bahwa apa yang telah saya lakukan akan menuai hasil di masa depan.

Tim Digitalic.id
Tim Digitalic.id | Digitalic Indonesia HQ

Tips yang saya tulis juga menjadi pengingat, ternyata mendirikan bisnis online itu tidak mudah. Semoga teman-teman yang ingin terjun di dunia bisnis online, benar-benar yakin. Bagi teman-teman yang bisa bertahan di kerasnya dunia bisnis, khususnya online, saya salut dan hormat.

Tips di bawah ini bukan asli dari saya, tetap dari berbagai sumber. Di sini saya tidak menggurui maupun sok mengeri tentang bisnis online. Yuk, simak tips membangun bisnis online bagi pemula.

Persiapan dan Miliki Mindset Bisnis yang Benar

Membangun bisnis itu tidak hanya konvensional saja yang sulit, akan tetapi online pun juga sama; sulit. Sebab yang namanya bisnis akan sama saja. Oleh karena itu, sebelum terjun di dunia bisnis, pastikan terlebih dahulu untuk memiliki mindset bisnis yang benar.

Pemikiran tentang bisnis harus ditanamkan sejak awal kita ingin terjun di bisnis online. Bahwa pebisnis itu berbeda dengan karyawan. Akan ada beberapa tantangan yang sudah menunggumu.

Selain memiliki mindset bisnis yang benar, kamu harus menyiapkan beberapa hal untuk bertempur di dunia bisnsis. Beberapa di antaranya adalah modal, produk yang akan kamu jual, target atau ceruk yang ingin kamu ambil, strategi, dan inovasi. Jika hal-hal tadi tidak bisa kamu siapkan, maka jangan kaget, jika bisnismu akan tumbang di awal perjalanan.

Membuat Website

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat website. Website adalah bagian penting dari bisnis online. Misalnya kamu ingin membangun toko online pakaian, maka kamu harus membuat toko tersebut di online, bukan?

Untuk itu, kamu harus membuat website. Jika kamu tidak tahu caranya, bisa mempercayakan pembuatan tersebut pada ahlinya. Kebetulan saya memiliki jasa pembuatan website bersama 5 teman, yang memberikan layanan pembuatan website dengan nama Digitalic.

Ketika membuat website, yang perlu diperhatikan adalah harus didesain yang bagus. Karena website tersebut bisa dikatakan sebagai tempat untuk memajang produk yang kamu jual.

Memasarkan Produk

Langkah yang ketiga adalah dengan memasarkan produk. Ketika website dan modal sudah di tangan, maka yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasarkan produk. Proses ini memang sulit. Bahkan banyak pebisnis yang gagal di tahap ini. Sebab bisnis online memang sulit ditebak.

Ketika ingin menjual produk, lebih baik kamu membangun sosial media terlebih dahulu. Postingan yang kamu buat adalah tidak dengan membahas produkmu.

Sebelum menjual, yang kamu lakukan adalah dengan meriset produk, ceruk pasar, dan apa yang sedang tren di masyarakat. Jika kamu langsung menjual begitu saja, maka hasilnya akan berbeda dengan yang melakukan produk.

Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Konsumen adalah raja. Sudah, tidak bisa ditawar. Oleh karena itu, ketika bisnis online-mu sudah berjalan, dan tumbuh dengan baik. Satu hal yang perlu diketahui adalah dengan menjaga baik hubungan dengan konsumen.

Misalnya kamu menjual pakaian, kamu harus menjual sesuai yang di rincian barang. Jangan sampai kamu menjual barang yang berbeda denganrincian produk pada website.

Tidak hanya itu saja, dengan banyaknya konsumen yang ada, pasti akan ada beberapa yang akan komplain atau mengeluh. Oleh karena itu kamu harus memberi layanan dengan baik.

Misalnya mengeluh barangnya lama tidak sampai, atau terkendala dengan pendistribusian, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai pengiriman, kamu sebagai penjual harus bisa memilih jasa pengiriman yang terpercaya.

Salah satu jasa pengiriman barang atau paket yang bisa digunakan adalah Paxel. Mungkin teman-teman di sini masih asing dengan brand ini.

Salah satu sudut di Paxel HQ
Salah satu sudut di Paxel HQ

Jadi Paxel adalah startup baru yang lahir untuk membantu masyarakat khususnya untuk pengiriman paket. Paxel memiliki layanan pengiriman paket dengan empat jenis yaitu; pengiriman paket kecil, medium, besar, dan custom.

Teman-teman yang ingin terjun di bisnis online bisa mencoba menggunakan aplikasi ini. Paxel bisa kamu unduh di Google Plasytore. Cara kerjanya-pun cukup mudah, hanya dengan mengisi alamat tujuan barang yang akan kamu kirim, serta ukuran, maka paket kita akan dijemput oleh kurir.

Pak Bryan Co-Founder Paxel sedang menceritakan tentang Paxel
Pak Bryan Co-Founder Paxel sedang menceritakan tentang Paxel

Kurir di Paxel dinamai dengan Hero. Hal ini karena kurir tugasnya bukan untuk mengirim paket saja, akan tetapi lebih dari itu. Aplikasi Paxel ini saya tahu ketika saat ada Blogger Gathering yang dilangsungkan pada Selasa, 16 Oktober di kantor Paxel HQ, Jakarta Timur.

Pak A;ex sedang menjelaskan mengenai Paxel
Pak A;ex sedang menjelaskan mengenai Paxel

Teman-teman jika tertarik dan sering mengirim atau menerima paket, bisa menggunakan layanan dari Paxel. Kamu tinggal unduh dan daftar. Oh ya jika ingin mendapatkan saldo awal Rp 100 ribu, kamu bisa menggunakan kode referal saya: robitmh

Saya mendapat paket dari Paxel
Saya mendapat paket dari Paxel. Foto: Imawan A

Salah satu yang bagus adalah Paxel sudah bisa mengantar di hari yang sama atau same day serviceTentunya jam dan tempatnya akan di-update.

Terus Berinovasi

Dunia online adalah dunia dengan inovasi yang cepat. Jika kamu ingin berbisnis online, maka harus terus berinovasi. Jika kamu hanya melihat pebisnis lain, dan kamu cuman diam saja, maka bukan tidak mungkin bahwa bisnismu akan gulung tikar.

Inovasi adalah hal yang wajib diterapkan dalam bisnis. Inovasi dan terus memikirkan startegi ke depan, maka bisnis onlinemu akan berhasil dan sukses.

Itulah beberapa hal tips bisnis online untuk pemula. Semoga teman-teman bisa menerapkan beberpa hal di atas, jika ingin membangun bisnis. Namun bukan jaminan jika sudah menerapkan semuanya, bisnismu belum berhasil. Karena dari 100% bisnis online atau startup yang lahir, lebih dari 90% akan gagal.

23 COMMENTS

  1. harus bisa memabca pangsa pasar sebelum marketing. Selain persiapan matang, juga belajar ketika action, pinter memebaca peluang dan memecahkan masalah ketika bisnis sudah jalan. Dan neber give up.

  2. Memang benar. Bisnis online itu gak semudah membalikkan telapak tangan.

    Tapi juga gk sesulit membuat roket.

    Bagian di persiapan dan mindset memang sangat krusial.

    Sedangkan sudah dengan persiapan saja bisa gagal, apalagi tanpa persiapan.

    Kalau persiapan sudah pas, langsung eksekusi. Praktek. ^_^

  3. Nah memperlakukan pembeli sebagai raja ini yg masih belum banyak dilakukan para penggiat bisnis. Ketahuan kalau mereka terjun ke dunia bisnis hanya ikut2an, atau mau enaknya saja. Bukan menekuni dunia bisnis dari hati. Terlihat dari kejudesan mereka dalam memperlakukan konsumen. Kasihan banget sama pelaku bisnis seperti itu. Tanpa sadar mereka sudah dengan sendirinya mengusir calon pembeli dengan kejudesan nya.

    Maaf panjang sekalian curhat, hahaha

  4. Wahh memang harusspnya strategi yaa. Akupun mengawali bisnis ini dg ilmu seadanya tp berjalannya waktu jd makin belajar. Dan ah Paxel, udha tiga kali pake n puas.

  5. Kalau mau mulai bisnis apalagi online harus bikin business planning dan research juga, mulai dari pasarannya, target konsumen juga kompetitor. Harus mengikuti kemajuan teknologi biar ga ketinggalan ya

  6. Kalau bisnis via instagram sih pernah mas, tapi kalau bisnis melalui website yang kita punyai aku belum berani karena masih harus mengurus beberapa hal. Tapi di era digital kayak sekarang ini, aku emang yakin kalau pintar cara marketingnya semua bakal oke. Semoga next time bisa deh. Apalagi sekarang kita bisa bekerjasama dengan jasa pengiriman kayak Paxel ini.

  7. Kata orang membangun bisnis online itu gampang2 susah. Gampangnya jika semua syarat dan tips diatas bisa direalisasikan dengan baik. Susahnya adalah kebalikannya. Jadi membangun bisnis online memang butuh komitmen dan persiapan yg matang ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here