Sering gak sih teman-teman mendengar bahwa asuransi itu ribet dan mahal? Mau beli aja harus menyiapkan dokumen ini-itu. Sering ‘kan? Mindset tersebut saya kira masih ada di benak masyarakat Indonesia.

Hal ini bukan isapan jempol sih jika melihat data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bahwa penetrasi pengguna asuransi di Indonesia sangat rendah, yakni kurang dari 3 persen (2.9%). Memprihatinkan? Tentu saja.

Pola pikir tentang asuransi yang kurang bagus memang masih menjadi ganjalan bagi perusahaan-perusahaan asuransi dalam memasarkan produknya. Salah satu cara untuk mengikis mindset masyarakat, adalah dengan diadakannya edukasi asuransi secara benar.

Edukasi Mengenai Asuransi

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, bahwa masyarakat Indonesia harus paham mengenai asuransi. Setidaknya mindset mengenai asuransi ribet, mahal, itu hilang.

Oleh karena itu pemerintah maupun perusahaan asuransi harus memberi edukasi secara berkesinambungan. Mulai dari pengenalan, manfaat, dan lain sebagainya. Edukasi sangat dibutuhkan agar penetrasi pemilik asuransi di Indonesia semakin tumbuh dan naik.

Sistem edukasi ini tak perlu berat dan langsung membahas asuransi. Contoh bisa dibuat yang mudah adalah membuat video atau artikel di website. Atau perusahaan asuransi membuat kanal khusus mengenai artikel asuransi dengan bahasa kekinian.

Edukasi adalah salah satu kunci utama untuk membuka pikiran masyarakat agar menggunakan asuransi.

Berasuransi itu Mudah

Setelah mendapatkan edukasi yang cukup, maka pola pikir akan berubah dan yang ikut asuransi akan lebih banyak lagi. Namun, salah satu hal yang penting dalam berasuransi itu adalah mudah. Memudahkan pemegang asuransi. Jangan malah ribet harus menyiapkan persyaratan yang membuat masyarakat atau konsumen tidak menjadi membeli asuransi.

Beruntungnya sekarang dengan adanya kemajuan teknologi dan apa-apa serba digital, saat ini membeli asuransi pun juga mudah. Sekarang ada kok asuransi berbasis digital di Indonesia. Hal ini diinisiasi oleh FWD Life Indonesia.

Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia (APJII) pada tahun 2017 mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa. Maka membeli asuransi melalui online adalah salah satu cara yang tepat dan mudah bagi konsumen.

Membeli asuransi di FWD sangat mudah. Pola pikir masyarakat yang mengatakan bahwa membeli asuransi itu ribet, ternyata dijawab oleh FWD. Karena konsumen ketika ingin membeli asuransi bisa langsung lewat smartphonenya. Karena teman-teman tinggal mengunduh aplikasi FWD Max di Google Play Store maupun di Apps Store.

Dengan mengunduh aplikasi tersebut, calon pengguna asuransi bisa memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kemampuan. Cara digital yang dilakukan oleh FWD Life Indonesia, saya kira akan menjadi gebrakan bagi dunia asuransi di Indonesia.

Pilih Produk Asuransi yang Sesuai dengan Kemampuan

Nah teman-teman jika sudah mendapatkan edukasi yang baik, dan sudah tahu bahwa berasuransi itu mudah. Maka langkah selanjutnya adalah memilih produk yang tepat.

Seperti dengan judul tulisan ini, maka saya akan memberikan info bahwa saat ini asuransi itu bisa dimiliki oleh hampir semua orang. Tak terkecuali dengan pekerja freelance. Sebagai blogger, dunia dan lingkungan saya sering kali bersinggungan dengan freelancer.

Memang bukan hal baru sih, karena setiap tahunnya ternyata di Indonesia pekerja freelance setiap tahunnya terus bertambah. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada awal tahun 2018, populasi angkatan kerja di Indonesia mencapai 127,07 juta. Menariknya lagi adalah sebesar 23,8 persennya (30,24 juta orang) adalah bekerja di sektor informal. Freelancer termasuk di dalam sektor informal.

Dengan ceruk yang cukup besar di atas, maka FWD Life Indonesia mengambil bagian dengan meluncurakan produk terbarunya, yakni Asuransi Bebas Handal pada Selasa, 07 Agustus 2018 di Conclave, Jakarta. Produk ini dikhususkan untuk pekerja freelance. Namun bukan berarti selain freelancer tidak bisa membelinya.

Peluncuran Asuransi Bebas Handal
Peluncuran Asuransi Bebas Handal (07/08/18)

Asuransi Bebas Handal

Asuransi Bebas Handal memang menyasar segmen nasabah baru yang membutuhkan asuransi kesehatan. Saya yang menghadiri peluncuran tersebut sangat tertarik dengan produk baru dari FWD Life karena segmen yang disasar adalah di lingkungan saya.

“Salah satu faktor penyebab rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia adalah masyarakat menggangap bahwa produk asuransi itu rumit, sulit dipahami dan mahal. Fakta tersebut yang memacu kami untuk berinovasi meluncurkan produk yang memberikan manfaat lengkap dengan harga terjangkau bagi segmen nasabah baru.” ungkap Direktur Utama FWD Lide, Choo Sin Fook.

Jadi Asuransi Bebas Handal ini adalah produk dengan harga yang terjangkau. Bagaimana tidak, karena dengan hanya kontribusi dari Rp 75 ribu setiap bulan, maka akan mendapat manfaat rawat inap tahunan senilai Rp 50 juta atau 100 juta.

Bukan hanya terjangkau saja sih, karena Asuransi Bebas Handal ini adalah asuransi kesehatan berbasis syariah yang dipasarkan melalui distribusi online. Simpel, dan terjangkau bukan?

Secara garis besarnya, Asuransi Bebas Handal memiliki tiga faktor penting mengapa produk ini harus dibeli oleh konsumen khususnya freelancer:

1. Terjangkau
• Kontribusi mulai dari Rp 75.000,- per bulan.
2. Simpel
• Mudah dibeli setiap saat secara online (eCommerce)
• Proses masuk dan keluar Rumah Sakit rekanan tidak ribet, cukup gesek kartu asuransi (cashless) sepanjang biaya kamar sesuai Plan, atau menghubungi hotline untuk memudahkan proses rawat inap
3. Lengkap
• Manfaat asuransi tidak hanya biaya kamar, tapi juga biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah dengan pilihan manfaat Rp 50 juta atau Rp. 100 juta per tahun.

Para narasumber dan perwakilan dari FWD Life
Para narasumber dan perwakilan dari FWD Life

Semoga dengan hadirnya Asuransi Bebas Handal dari FWD Life, akan memudahkan konsumen dan masyarakat Indonesia untuk menggunakan asuransi. Satu lagi, dengan produk yang terjangkau seperti ini juga akan mempercepat penetrasi jumlah pengguna asuransi di Indonesia.

Oh ya, bebepara waktu lalu saya juga menulis tentang produk dari FWD Life Indonesia yakni Asuransi Bebas Tawakkal. Bagaimana teman-teman, khususnya freelancer? Sekarang sudah memiliki gambaran untuk ikut membeli asuransi kan? Dengan kontribusi senilai Rp 75 ribu per bulan, sama aja dengan harga kopi 2 gelas di kedai atau di kafe. Kalian sudah bisa memiliki asuransi.

Saya Menghadiri Peluncuran Asuransi Bebas Handal
Saya Menghadiri Peluncuran Asuransi Bebas Handal | Foto: Uwan Urwan

Kamu sudah memiliki asuransi belum? 🙂

22 COMMENTS

  1. Sekarang untuk memiliki asuransi jauh lebih mudah dan kontribusi nya murah ya mas. Ini perlu banget kita informasikan kepada teman-teman nih. Masalah kesehatan nggak bisa disepelekan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here